04 November 2014

Mengatasi Anak Sakit Demam Tinggi

Anak kita mengalami demam tinggi, seringkali kita sewot, terlalu khawatir dan terburu-buru pergi ke dokter?

Untung kalau dokternya bijaksana, tidak memvonis yang bukan-bukan, karena tidak sedkit seorang penderita demam tinggi, maka diputus sebagai DBD, flue burung atau bahkan ebola (kalau baru pulang dari negara terjangkit ebola).

Jika disangkakan DBD atau Flue burung, selain kita harus menyiapkan biaya besar  bukan hanya rupiah tetapi, rasa cemas berlebih, waktu yang tersita.

Demam anak erat kaitanya dengan perut kembung, asam lambung meninggi, rasa mual, pusing serta berkurangnya tingkat kesadaran.

Demam bukanlah hal asing bagi anak karena sangat berhubungan dengan ketidakstabilan pada masa pertumbuhan,  makan tidak teratur, terlalu banyak jajan, vitalitas tubuh yang fluktiatif, masuk angin dan belum tumbuhnya kesadaran memelihara kesehatan.

Sebelum pergi ke dokter ada baiknya kita tangani dulu di rumah dengan cara yang lebih murah, mudah, efektif dan efisien.

Langkah-langkah yang harus kita lakukan kalau mendapati anak terserang demam:
  1. Berikan minuman secara terus menerus.

    Jangan terpaku pada air putih dan teh manis, tapi minuman apa saja yang disukai si anak, agar dia mau minum sebanyak-banyaknya. Tujuannya, untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Dengan dehidrasi, tubuh akan kekurangan cairan sehingga tubuh sang anak akan tinggi  dan terus meninggi, yang  berdampak pada terbakarnya trombosit.

  2. Berikan asupan makanan secara kontinyu
    Makanan, tidak harus nasi, tapi apa saja yang anak sukai dengan kandungan karbohidrat tinggi, protein, vitamin dan kalsium, agar lambung terus bekerja dengan baik, mencegah terbentuknya asam lambung kian meninggi.

  3. Berikan vitamin B komplek
    Selain anak diberikan multivitamin, ada baiknya ditambahkan juga sirup atau tablet vitamin B komplek untuk menghilangkan rasa mual yang berlebih

  4. Berikan Vitamin C kadar tinggi
    Untuk mencegah timbulnya suhu tinggi dan asam lambung yang berlebih, ada baiknya anak diberikankan makanan, minuman, sirup, tablet hisap vitamin C kadar tinggi. berbagai jenis buah-buahan boleh diberikan.

  5. Boleh diberikan cairan penolak angin - kembung
    Minuman cap kaki tiga, lasegar atau sejenisnya. Adem sari, alang sari atau sejenisnya. Tolak angin, Antangin  atau sejenisnya. Untuk mengurangi kembung dan angin yang menjadi radikal bebas pada tubuh

  6. Boleh diberikan menuman sejenis energy drink
    Pocari sweat, lemon tea, isotonic, mizone atau sejenisnya sangat baik untuk menjaga tubuh agar bertahan bugar tidak lesu juga menjaga stabilitas cairan dalam tubuh  kecuali (jangan diberikan) minuman berupa kratingdaeng, M150 atau sejenisnya karena tidak baik untuk asam lambung.

  7. Parasetamol
    Untuk menurunkansuhu tubuh bisa diberikan sirup sejenis parasetamol, bisa kita beli di apotek.

  8. Berikan anak kompres
    Untuk menurunkan suhu tubuh yang meninggi bisa diturunkan setidaknya ditahan oleh kompres.  ada beberapa jenis kompres, yaitu:
    • kompres yang bisa beli di apotek yang siap pakai
    • kompres dengan air dingin ditambah sedikit es menggunakan washlap atau handuk kecil
    • kompres berupa cairan yang mengandung alkohol seperti 4711 eau de cologne atau sejenisnya
    kompreslah pada bagian-bagian yang bersuhu panas seperti kepala, leher,  jidat, perut, punggung atas secara berulang.

  9. Obat gosok untuk anak
    Ada berbagai obat gosok unutk anak tapi penulis menemukan obat gosok yang mujarab untuk mengurangi demam dan perut kembung yang bisa diramu sendiri.
    siapkan:
    • Minyak sayur secukupnya
    • 3-4 sihung bawang merah
    • 1 kantung kecil asam kawak atau asam jawa buat masak
    • kayu putih
    • sedikit minyak gandapura
    • sedikit garam dapur
    caranya, semua bahan diulek atau diblender sampai halus. Digosokan atau dibalur ke bagian perut dan punggung hingga tulang ekor  secara merata. lakukan secara berulang.

  10. Jangan diselimuti dengan selimut tebal
    Anak yang sedang semam tinggi, jangan diselimuti dengan kain tebal atau selimut, karena hanya akan menambah demam anak tersebut  makin tinggi. pakailah kain tipis bila anak merasa kedinginan.
Semoga tips ini bisa membantu mempercepat penyembuhan demam anak dan menghindarkan dari biaya tinggi yang belum tentu sedang tersedia.

Untuk informasi lebih lengkap:

payayat.com
.comment-content a {display: auto;}