27 May 2012

Mengatasi Perut Kembung Dengan Herbal

Perut kembung (flatulen) bukan penyakit tapi gejala. Jika terlalu banyak udara di dalam usus maka perut menjadi kembung. Sedikit udara dalam usus adalah normal, demikian pula bau tidak sedap yang keluar darinya melalui anus (kentut). Setiap hari rata-rata kita memproduksi 0,5 -1,5 liter gas di perut dan kentut 10 kali. Bau busuk kentut disebabkan oleh bakteri usus, yang menghasilkan gas berisi belerang.

Berapa jumlah udara di dalam usus yang membuat kembung berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang sudah merasakan gangguan dengan jumlah kecil gas dalam perut, yang lainnya tidak sesensitif itu.

Perut kembung juga merupakan ganguan pencernaan yang disebabkan oleh gas yang berkumpul di lambung atau usus sehingga perut terasa “begah” dan tidak nyaman . Gangguan ini dapat merupakan tanda atau gejala penyakit lain.

Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:
  1. Bila tertekan atau stress biasanya anda akan menelan lebih banyak angin.
  2. Tabiat mengunyah gula-gula getah atau mengulum gula-gula yang keras.
  3. Merokok juga dapat menyebabkan perut kembung.
  4. masuk angin
  5. radang lambung, 
  6. sumbatan usus,
  7. Makan atau minum terlalu cepat. Apabila makan terlalu cepat, anda menelan lebih banyak udara dan menyebabkan masalah sedia ada bertambah buruk.
  8. Minuman berkarbonat mengandungi karbon dioksida. Gas ini akan menghasilkan lebih banyak gas di dalam perut. Minuman ini boleh menyebabkan keradangan perut atau penyakit gastritis.
  9. Bakteria Helicobacter pylori berkait rapat dengan gastritis kronik. Apabila bakteria ini masuk ke dalam perut, ia menyebabkan masalah perut yang berpanjangan.
  10. Lemak mengambil masa untuk hadam. Ini menyebabkan gas terkumpul dalam perut.
  11. Pemasangan gigi palsu yang tidak sempurna dan sesuai.Ini menyebabkan anda akan menelan lebih banyak udara.
  12. proses pencernaan yang kurang sempurna. Karbohidrat, seperti kanji, serat dan tidak dapat diserap di dalam usus perut akibat kekurangan atau ketiadaan enzim tertentu. Baki makanan tidak diserap akan berpindah dari usus kecil ke usus besar. Bakteria usus besar akan memecahkannya dan menghasilkan gas hidrogen,karbon dioksida dan metana. Gas ini keluar melalui dubur atau dipanggil kentut.

Tanda-Tanda Perut Kembung
  1. Sendawa. Bunyi yang disebabkan oleh gas yag dilepaskan melalui mulut secara tiba tiba. Keadaan ini berlaku apabila perut dipenuhi dengan angin berlebihan yang biasanya dari pada makanan, minuman atau merokok.

  2. Perut meragam. Apabila perut bertindak balas dengan cepat , ini menyebabkan isi perut bergerak ke depan dan belakang. Kebiasaannya berlaku apabila anda lapar, murung atau berdebar-debar.

Pencegahan dan perawatan:
Perut kembung yang terjadi tanpa gejala lain tidak memiliki signifikansi klinis dan sembuh dengan sendirinya. Beberapa hal berikut dapat membantu mencegah dan menghilangkan kembung:
  1. Hindari untuk makan makanan yang banyak mengandung gas, seperti kol, buncis, nangka, minuman bersoda, atau permen karet, bawang, kubis, buah mentah/mengkal, ubi jalar, kopi, cokelat, dan goreng-gorengan terutama mie instan.
  2. Makan lebih perlahan serta minum minuman yang hangat.
  3. Setelah makan jangan langsung duduk. Cobalah berjalan sebentar agar gas tidak mengumpul di lambung dan usus.
  4. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kopi dan minuman bersoda.
  5. Lakukan olah raga ringan. Gerakan olahraga merangsang pergerakan usus. Cobalah setidaknya berjalan-jalan ringan seusai makan.
  6. Lakukan pengobatan di rumah seperti menempelkan botol berisi air hangat ke perut atau menggosokkan balsam dan minyak gosok . Mengerik (kerokan) dapat membantu mengeluarkan gas dari perut dengan memperlebar pori-pori kulit.
  7. Untuk perut kembung yang persisten, obat dapat membantu. Obat antifoam dapat menghilangkan gelembung gas dalam usus dan memungkinkan udara keluar melalui kentut. Perut kembung yang berkaitan dengan kram perut dapat terbantu dengan antikonvulsan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter bila akan meminumnya. Jika kembung disebabkan oleh penyakit usus, pengobatannya harus menghilangkan penyakit yang mendasarinya.
  8. Lakukan 7 kebiasaan makan yang memudahkan pencernaan.

Obat herbal yang dipakai untuk mengatasi perut kembung , antara lain sebagai berikut;

Resep 1 Obat Herbal Untuk Perut Kembung
Bahan:
  • Kencur ............  250 gr
  • Cengkih .......... 10 butir
  • Kapulaga ........ 7 butir
  • Sereh .............. 2 batang
Cara meramu:
Cuci semua bahan, iris tipis-tipis kencur. Kemudian rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.

Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.


Resep 2 Obat Herbal Untuk Perut Kembung

Bahan:
  • Temulawak ....................... 25 gr
  • Jahe .................................. 15 gr jahe
  • Kulit jeruk mandarin .......... 7 gr kering
  • Gula aren secukupnya

Cara Meramu:
Cuci semua bahan, iris tipis-tipis temulawak dan jahe. Kemudian rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.

Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.


Ramuan 3 Obat Herbal Untuk Perut Kembung
Bahan:
  • Kunyit .................... 20 gr
  • Jahe ...................... 10
  • Adas ..................... 1 sdt
  • Daun mint .............. 5 lembar

Cara Meramu:

Cuci semua bahan, iris tipis-tipis kunyit dan jahe. Kemudian rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.

Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Pilih salah satu resep berdasarkan ketersediaan bahan dan lakukan secara teratur.
Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Untuk informasi lebih lengkap:

sumber:
rumah obat tradisional
health.kompas
Majalah kesehatan
.comment-content a {display: none;}