27 May 2012

Jenis Makanan Mempercepat Proses Kesuburan (Fertilitas) v.1

Keturunan adalah salah satu alasan mengapa orang menikah. Kebahagiaan menjadi sempurna manakala hadirnya sang buah hati hasil dari buah cinta kasih. Dapat kita rasakan betapa bahagianya pasangan yang baru dikaruniai anak, bahkan sampai mempunyai beberapa anak dengan berbagai alasan tersendiri.

Akan tetapi, tidak semua pasangan suami istri langsung dikaruniai buah hati, terkadang ada yang harus menunggu sampai bertahun-tahun untuk mendapatkan momongan. Dan inilah beberapa buah dan sayur penambah kesuburan pira dan wanita.

Karena salah satu hal penting yang dapat membantu proses pembuatan anak adalah kesuburan baik suami atau istri, untuk itu perlu diketahui pola makan atau makanan yang di konsumsi sehari-harinya.

Aneka makanan seperti beberapa sayuran dan buah-buahan yang dapat meningkatkan kesuburan sebenarnya sering kita temui, bahkan mungkin sering kita konsumsi setiap harinya. Berikut ini merupakan sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Wortel

Wortel salah satu sayuran yang mengandung air, karbohidrat, protein, lemak, abu, serat, nutrisi anti kanker, gula alamiah (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltosa), pektin, glutanion, mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, amgnesium, kromium), vitamin (beta karoten, B1, dan C) serta asparagine.

Beta Karotennya merupakan anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi.

Daun wortel mengandung porphyrins. Zat ini dapat merangsang kelenjar pituary dan meningkatkan hormon seks.

Daun Katuk

Tidak hanya sebagai pelancar ASI daun katuk juga kaya senyawa yang dapat menggenjot mutu dan jumlah sperma, termasuk membangkitkan vitalitas seksual. Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat.

Dalam tubuh laki-laki senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormon keperkasaan, yang akan menggenjot vitalitas seksual. Bahkan, produksi sperma melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitasnya. Daun katuk dipuji mampu mengembalikan vitalitas dan kesuburan pria loyo.


Jambu Biji Merah

Hampir semua buah berwarna cerah kaya likopen. Meski tampak berwarna kekuningan pada bagian luar buah jambu biji lokal merah, namun bagian daging buahnya sangat merah. Seperti halnya tomat, daging buah jambu biji lokal yang berwarna merah juga kaya akan likopen. Likopen dalam jambu biji lokal merah bersifat antioksidan dan menyuburkan sistem reproduksi pria. Oleh karena itu, konsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.



Pegagan


Pegagan merupakan tanaman merambat yang sering dimakan sebagai lalapan segar. Dalam pegagan terkandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium,magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak atau tanin adecocassosida dapat memacu produksi kolagen. Kolagen berperan besar dalam regenerasi sel kulit termasuk sel telur (ovum) pada wanita dan sel sperma pada pria.

 Pegagan mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan. Karoten menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral-mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh.

Kemangi

Kemangi juga dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tanaman beraroma wangi ini mengandung arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah. Daya tahan hidup sperma penting untuk mendukung proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron berperan merangsang hormon androgen dan estrogen serta mencegah pengeroposan tulang. Kedua hormon ini besar perannya dalam sistem reproduksi wanita.

Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari.

Seledri

Sayuran pelengkap berbagai masakan di Indonesia ini berkhasiat tonik, memacu enzim pencernaan, menurunkan tekanan darah, menghentikan pendarahan, peluruh kencing, peluruh haid, peluruh kentut, menurunkan asam urat, membersihkan darah.

Perannya dalam sistem reproduksi karena seledri mampu memperbaiki fungsi hormonal yang terganggu, seperti nyeri haid, haid tidak teratur, ataupun haid terlalu banyak.

Daun seledri kaya senyawa minyak atsiri, kalsium, besi dan magnesium. Daun tanaman ini juga kaya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Setiap 100 gram daun seledri segar terkandung 130IU vitamin A dan 15 mg vitamin C. Vitamin A dan vitamin C dikenal sebagai antioksidan cukup kuat. Serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur dapat dihambat oleh kedua vitamin ini.

Semangka

Bersama vitamin C dan betakaroten dalam buah semangka, likopen dapat melawan berbagai jenis kanker. Dalam sebuah riset dilaporkan bahwa konsumsi likopen yang cukup pada pria bisa membantu menurunkan resiko kanker prostat. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal, dan pergerakannya lamban.

Semangka juga memiliki senyawa pembangkit gairah, yaitu sitrulin. Kerja senyawa ini diketahui setara dengan viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan seksual pria.

Pada dasarnya masalah kesuburan bukan hanya mencakup makanan saja, untuk itu, selain melakukan usaha-usaha di atas, anda diharapkan berolahraga secara teratur, tidur teratur, dan jangan lupa berdoa. Semoga lekas mendapat momongan.


Wikipedia
Kompas
Aalil
.comment-content a {display: auto;}