02 December 2011

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Berubah Menjadi Kanker

Kelenjar getah bening (KGB) adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening. Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh dan merupakan tempat penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir ke KGB sehingga dari lokasi KGB akan diketahui aliran pembuluh limfe yang melewatinya.

Oleh karena dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang dapat membawa antigen (mikroba, zat asing) dan memiliki sel pertahanan tubuh maka apabila ada antigen yang menginfeksi maka kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh yang lebih banyak untuk mengatasi antigen tersebut sehingga kelenjar getah bening membengkak.

Pembengkakan KGB (PKGB)
Pembengkakan  kelenjar getah bening (PKGB)  dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari KGB itu sendiri seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit, atau karena datangnya sel-sel peradangan (neutrofil) untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening (limfadenitis), infiltrasi (masuknya) sel-sel ganas atau timbunan dari penyakit metabolit makrofaga (gaucher disease).

PKGB sering terjadi di daerah leher. Dan ini terjadi sampai beberapa hari hingga beberapa minggu disertai rasa sakit dan pegal disekitarnya. Pada beberapa kasus PKGB akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati, tapi ada pula tetap dan yang terus menerus membengkak. Dokter biasanya melakukan tindakan biopsi, tujuannya untuk mengetahui jenis kelenjar getah bening tersebut. 

Tapi dalam hal ini, saya sangat tidak setuju dan selalu saya sarankan baik kepada penderita atupun pada dokter untuk

"JANGAN PERNAH MELAKUKAN PEMBEDAHAN ATAU MELUKAI PADA DAERAH PKGB"   kenapa????

Silahkan lihat saudara, teman, tetangga ataupun siapa saja yang pernah di-biopsi (pembendahan kecil, injeksi atau dilukai) lantaran menderita PKGB apa yang terjadi???

Kebanyakan penderita PKGB yang dibiopsi akan berubah menjadi KANKER KGB hanya dalam 1-2 minggu, dan selanjutnya.... sangat sulit diobati, karena pada akhirnya akan meningkat dengan cepat menjadi kanker stadium 4 (terminal/akhir).

Tanda-tanda akan terjadinya pembengkakan KGB, yaitu

  • Peningkatan  asam lambung terus menerus. Perut terasa sering kembung dan tidak nyaman
  • Suhu badan meningkat (sering atau mudah terjadinya demam).
  • aroma peses BAB/kentut lebih bau dari biasanya.
  • badan tidak fit berkelanjutan.
  • Mudah sakit kepala.
Mengatasi PKGB
PKGB sebetulnya tidak perlu terlalu dirisaukan, asal jangan melakukan tindakan yang berakibat fatal seperti pemijatan, dilukai, biopsi atau injeksi disekitar pembengkakan. Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya?
  • Mamakan makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna secara teratur.
  • Lipatgandakan makanan sayuran dan buah-buahan terutama kandungan serat. Buah-buahan sebaiknya di-jus jangan dimakan langsung, agar mudah dicerna. dan pada kebanyakan orang, malas mengunyah buah-buahan. 
  • Hindari dari makan-makanan yang mengakibatkan asam lambung naik, seperti: mie instan,  makanan yang kandungan gasnya berlebih, soda, makanan kemarin yang dihangatkan terunama sayur dan tumis  atau apapun yang bisa mengakibatkan kembung (begah).
  • Upayakan BAB, kentut (maaf) atau sekresi  lainnya lancar
  • berolahraga, berakaktifitas yang memungkinkan berkeringat tapi tidak terlalu berat, misalnya jalan pagi.
  • Minum atau makanan suplemen multivitamin baik suplemen biasa yang mudah didapat (hemaviton, enervon, scott emulsen dll),  anjuran dokter atau berupa herbal (kunyit, kunir, temu lawak, temu putih dll).
  • Tidur secara teratur. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit.
Dengan demikian diharapkan, PKGB lambat laun akan normal kembali. Namun jika tidak sembuh saja, carilah pengobatan yang tidak melakukan tindakan pemijatan, melukai, injeksi ataupun pembedahan  di wilayah pembengkakan tersebut.

Semoga bermanfaat

Untuk informasi lebih lengkap:



 silahkan klik juga artikel di bawah ini:





.comment-content a {display: none;}