02 December 2011

Waspadai Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Berubah Menjadi Kanker Stadium 4

Kelenjar getah bening (KGB) adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening. Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh dan merupakan tempat penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir ke KGB sehingga dari lokasi KGB akan diketahui aliran pembuluh limfe yang melewatinya.

Oleh karena dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang dapat membawa antigen (mikroba, zat asing) dan memiliki sel pertahanan tubuh maka apabila ada antigen yang menginfeksi maka kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh yang lebih banyak untuk mengatasi antigen tersebut sehingga kelenjar getah bening membengkak.

Pembengkakan KGB (PKGB)
Pembengkakan  kelenjar getah bening (PKGB)  dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari KGB itu sendiri seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit, atau karena datangnya sel-sel peradangan (neutrofil) untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening (limfadenitis), infiltrasi (masuknya) sel-sel ganas atau timbunan dari penyakit metabolit makrofaga (gaucher disease).

PKGB sering terjadi di daerah leher. Dan ini terjadi sampai beberapa hari hingga beberapa minggu disertai rasa sakit dan pegal disekitarnya. Pada beberapa kasus PKGB akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati, tapi ada pula tetap dan yang terus menerus membengkak. Dokter biasanya melakukan tindakan biopsi, tujuannya untuk mengetahui jenis kelenjar getah bening tersebut. 

Tapi dalam hal ini, saya sangat tidak setuju dan selalu saya sarankan baik kepada penderita atupun pada dokter untuk

"JANGAN PERNAH MELAKUKAN PEMBEDAHAN ATAU MELUKAI PADA DAERAH PKGB"   kenapa????

Silahkan lihat saudara, teman, tetangga ataupun siapa saja yang pernah di-biopsi (pembendahan kecil, injeksi atau dilukai) lantaran menderita PKGB apa yang terjadi???

Kebanyakan penderita PKGB yang dibiopsi akan berubah menjadi KANKER KGB hanya dalam 1-2 minggu, dan selanjutnya.... sangat sulit diobati, karena pada akhirnya akan meningkat dengan cepat menjadi kanker stadium 4 (terminal/akhir).

Tanda-tanda akan terjadinya pembengkakan KGB, yaitu

  • Peningkatan  asam lambung terus menerus. Perut terasa sering kembung dan tidak nyaman
  • Suhu badan meningkat (sering atau mudah terjadinya demam).
  • aroma peses BAB/kentut lebih bau dari biasanya.
  • badan tidak fit berkelanjutan.
  • Mudah sakit kepala.
Mengatasi PKGB
PKGB sebetulnya tidak perlu terlalu dirisaukan, asal jangan melakukan tindakan yang berakibat fatal seperti pemijatan, dilukai, biopsi atau injeksi disekitar pembengkakan. Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya?
  • Mamakan makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna secara teratur.
  • Lipatgandakan makanan sayuran dan buah-buahan terutama kandungan serat. Buah-buahan sebaiknya di-jus jangan dimakan langsung, agar mudah dicerna. dan pada kebanyakan orang, malas mengunyah buah-buahan. 
  • Hindari dari makan-makanan yang mengakibatkan asam lambung naik, seperti: mie instan,  makanan yang kandungan gasnya berlebih, soda, makanan kemarin yang dihangatkan terunama sayur dan tumis  atau apapun yang bisa mengakibatkan kembung (begah).
  • Upayakan BAB, kentut (maaf) atau sekresi  lainnya lancar
  • berolahraga, berakaktifitas yang memungkinkan berkeringat tapi tidak terlalu berat, misalnya jalan pagi.
  • Minum atau makanan suplemen multivitamin baik suplemen biasa yang mudah didapat (hemaviton, enervon, scott emulsen dll),  anjuran dokter atau berupa herbal (kunyit, kunir, temu lawak, temu putih dll).
  • Tidur secara teratur. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit.
Dengan demikian diharapkan, PKGB lambat laun akan normal kembali. Namun jika tidak sembuh saja, carilah pengobatan yang tidak melakukan tindakan pemijatan, melukai, injeksi ataupun pembedahan  di wilayah pembengkakan tersebut.

Semoga bermanfaat



Mengingat kolom keluhan sudah sangat penuh, maka saya berinisiatif --> Untuk yang memiliki keluhan dan mau berkomentar yang berhubungan dengan masalah PKGB agar mudah saya respon, silahkan klik pada page di bawah ini:




201 comments:

  1. adik sepupu saya mulanya hanya sakit dilehernya. Lalu diperiksakan dan dibiopsi. menurut dokter pembengkakan kelenjar getah bening.
    Tapi besoknya malah menjadi benkak dan sakitnya malah tambah. lalu dibiopsi lg oleh dokter dan hasilnya kanker (tumor ganas).
    Sekarang sudah 2 bulan, sudah berobat kemana2 namun malah lebih parah, darah bengkak bernanah makanan pun harus bubur saring.
    Pertnyaan saya,
    masih mungkinkah tersembuhkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. Sayang tidak mencantumkan nama.
      Untuk membalas pertanyaan seperti ini, tidaklah cukup menerangkan di page yang terbatas ini, shg saya hanya dapat menerangkan secara garis besar.

      Tidak bermaksud memvonis atau memutus-harapan. Pada satadium artinya stadium akhir, pada kondisi ini adalah berada pada hal yang sulit, mengapa?
      - faktor asupan makanan yang kurang dan rendah gizi menjadi hal yang sulit untuk melakukan recovery tubuh yang mengalami kerusakan. Jangankan sedang sakit, yang sehatpun jika terus menerus makan bubur saring pastilah lemes dan akan berakhir dengan sakit.
      - PKGB yang sudah luka apalagi bernanah/berdarah (dan sudah vonis Kanker) yg pertama yang harus diperhatikan adalah membersihkan darah terutama nanah, karena inilah yg menggerogoti daging dan mudah terinfeksi, sebaiknya minta bantuan suster untuk membersihkannya. minimal 2x sehari untuk mencegah terjadinya bau dan pembusukan yg terus menerus. *)
      *) cara membersihkannya sebaiknya menggunakan NaCl (biasa digunakan untuk infus dan didapat dr apotek)
      *) Upayakan luka di bagian leher tersebut mengering, bisa dibantu dengan memanfatkan obat china, namanya Pien Tze Huang (org kita menyebut pen chuang) bisa didapat di sinshe, tapi hati2 byk yg palsu, berwana orange, hrgnya kira2 300-400rban. Atau bisa juga memanfaatkan propolis (merk apa saja) untuk obat luar dioleskan setelah dibersihkan NaCl.
      *) kalau suka menggunakan perban, pas saat buka perban sebelumnya, sebaiknya basahi dulu perbannya agar tidak lengket dengan jaringan kulit, nanti bisa menambah luka.
      - seperti dikatakan diatas, PKGB erat hubungannya dengan kondisi lambung. Upayakan asupan makanan yg bergizi. tambah suplemen cair dan ekstrak sayuran seperti Tipco atau nutrisari sayur (maaf jd iklan... padahal tdk dibayar), boleh juga kasih clorofil.
      - makanan jgn terlalu dipantang. daging sapi boleh. tapi hindari dr daging yg amis (beberpa jenis ikan tawar dan laut), telur rebus, atau seperti apa yg ditulis di posting atas.
      - hindari dari emosi berlebih (marah, cemas dll), berikan hiburan yg membuatnya merasa senang dan tertawa - karena rasa senang dan tertawa bisa menjadi terpi penyembuhan.
      - Terpenting adalah berdoa pada Allah SWT (utk muslim) untuk penenangan jiwa.

      Sebetulnya masih byk yg ingin disampaikan. mohon maaf dengan keterbatasan halaman , InsyAllah saya akan bahas mengenai Kanker KGB pada postingan berikut agar lebih jelas.

      Delete
    2. Masya Allah... Serem ya penyakit PKGB...
      Saya jadi inget sama kakak ipar saya (istri kakak saya). Beliau juga beberapa bulan yang lalu dioperasi keloid. Sampai saat ini terapi yang dilakukan adalah minum jus kulit manggis, makan buah manggis, minum habbatussauda, minum VCO, dan minum air rebusan kunyit putih.
      Untuk semua yang mendapat ujian ini, mudah-mudahan Allah segera mengangkat penyakitnya n kembali sehat seperti sediakala... Amin Ya Rabb

      Delete
    3. Amin... amin semoga bisa menginspirasi bagi para penderita PKGB untuk meniru cara-cara mendapatkan kesembuhan tanpa efek.

      Delete
    4. Anonymous29 July, 2013

      selamat sore pak...saya asty dari denpasar,saya jg sakit kelenjar tbc,sudah setahun yang lalu dan sudah berobat slama 6bln hasil yang di berikan dokter pun sudah negative setelah 6bln pengobatan...tapi setelah beberapa bln,benjola2 dileher saya bertambah banyak,bahkan pecah dan mengeluarkan nanah...saya blm periksa ke rs lg,apakah sakit saya ini termasuk kanker???
      dan anak saya yang berumur 3thn juga ada benjolan di leher dan di belakang telinga sebesar kacang hijau....apakah anak saya tertular oleh saya atau mengidap sakit yang sama dgn saya???

      berat badan anak saya jg tidak pernah naik hanya 10kg....tidak ada nafsu makan....
      tolong berikan saya jawaban solusinya pak....semoga anak saya cepat sembuh ''amin''....trima kasih banyak.....

      Delete
    5. Balasan untuk Mbak Asty di Denpasar Bali.

      Sayang Mbak komentarnya di subkomen, hingga saya telat membalas, karena disini terlalu penuh untuk komentar. Maka balasannya saya pindakan ke:

      Dampak PKGB

      Delete
  2. Pak saya Stefannie mengalami pembengkakan dileher sebelah kanan saya, rasa sakit nyut-nyut tiap saat. saya periksakan ke dokter umum dan dirujuk ke rumah sakit, katanya harus dibiopsi. Oh ya rasa sakit ini sudah lebih dari seminggu. setelah baca sana sini, saya jadi ngeri dan serem.
    Tolong saya beri solusi dan penjelasan yang harus saya lakukan. boleh balas ke email saya - stefannieglunnor@gmail.com - makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdri Stefannie maaf akan terlambat membalas.
      Saya sudah kirim ke email sdri panjang lebar. tp akan saya kupas sedikit disini untuk berbagi dgn yg lain.

      Relax jangan terlalu khawatir adalah salah satu obat penyembuh.
      Awal terjadinya pembengkakan KGB adalah mengalami kembung peut yg berkelanjutan akibat dr pola makan (pola hidup) yang tidak baik, sperti suka telat makan, makan2an yg berdampak kembung seperti mie, soda, ketan, durian, daging domba, jeroan. Stress ataupun mengumbar emosi juga mjd salah satu pemicu.

      Non tdk perlu khawatir, yg terpenting adalah memperbaiki pola makan yg baik yg bergizi dan makan2an yg mudah dicerna lambung.
      dan tulisan saya diatas sudah cukup membahas untuk mempercepat kesembuhan. kenapa?
      karena Non Stefannie beruntung belum dilukai/dibiopsi atau sejenisnya.
      InsyaAllah sembuh.... tenang, bersabar dan tetap beraktifitas.

      Delete
  3. nice post pak....
    Sy Erick...kebetulan sy pun mengalami pembengkakan KGB di sekitar leher,padagambar kedua dari atas di postingan bpk terdapatdi seluruh tempat tersebut kecuali di telinga????

    p'bengkakan ini saya sadari ketika awal puasa hingga saat ini p'bengkakan'y malah semakin banyak tapi kecil" dan bergerombol

    saya tdk mengalami keluhan demam,sakit ketika menelan atau apapun semunya tampak normal.

    benjolannya kenyal,dapat digerakkan dan tidak sakit jika di tekan, hasil radiologi paru" sy bersih.

    tapi dokter tetepmenyarankan harus di biopsi, dan sampai saat ini sy blm melakukan biopsi apalagi jika memang efek dari biopsi seperti yg bpk tulis sy pun jd b'pikir ulang.

    mnurut bpk apakh KGB sy ni termasuk infeksi atau karena apa????
    sebagai tambahan sy jg ada gigi yg patah akibat kecelakaan & sampai saat ini belum di cabut karena sejajar dengan gusi.

    riec_x@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Sdr. Erick
    Kalau melihat dari penuturan Sdr. saya bisa perkirakan bahwa apa yang Sdr alami bukanlah PKGB tapi hanya pembengkakan kelenjar biasa yang tidak berbahaya asal jangan diganggu saja seperti dipijit-pijit atau dilukai.

    Namun sekalipun demikian, karena untuk memastikan PKGB atau bukan, tidaklah cukup dengan menganalisa dari sebuah penuturan saja.

    Yang harus diperhatikan baik sebelum atau sesudah terjadi:
    - apakah perut anda suka merasa kembung (begah) berkelanjutan?
    - Gosok gigi pagi2, apakah suka merasa mual berkelanjutan?
    - Kalau sedikit lapar saja maka mulut akan terasa lebih berbau?
    - atau keluhan lain sebelum terjadinya?
    - vitalitas badan menurun terus?

    Karena kalau indikasi diatas terjadi maka besar kemungkinan "keluhan" Sdr. cukup berbahaya. Tapi kalau tidak. Anda boleh bernapas lega, meski belum tentu aman 100%...

    Solusinya,

    1. Makan lebih dilipatgandakan tapi kurangi makanan berlemak, tingkatkan bersifat sayur hijau (sop), porsi minum pun ditambah, terutama air putih.
    2. angan telat makan
    3. jangan memakan yang berdampak perut kembung
    4. lipatgandakan memakan buah2 an dan sayuran. Buah2an harus dijus tidak boleh langsung dimakan.... maksudnya, supaya porsi makannya lebih banyak.
    5. Olah raga yang cukup, bergerak agar berkeringat agar sekresi terjadi untuk memperbaiki metabolisma tubuh.
    6. hindari stress yang berlebih dan berlama-lama

    lakulan terus selama seminggu maksimal 2 minggu, lihat hasilnya.
    - masih tetap?
    - lebih bengkak?
    - atau sembuh?

    kalau menurut saya, harusnya sudah sembuh kalau aturan diikuti.

    selamat mencoba... dan ditunggu berita baiknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih pak atas saran'y....
      sebelum'ymaaf ada yang tertinggal,

      benjolannya kenyal,dapat digerakkan dan tidak sakit jika di tekan, hasil radiologi paru" sy bersih,akan tetapi benjolan'y berdenyut dan suhu'y lebih panas dari sekitar'y, alhamdulillah hingga saat ini tidak membesar ataupun berwarna merah.

      Delete
  5. artikel yg sangat bermanfaat buat saya, saya juga mengalamin PKGB yang tepat di sebelalah lubang telinga preaunicular nodes : drain scalp, skin. yg saya alamin ada pembengkakan di disebelah lubang kuping dan rasa sakit yg nyut2 tetapi kadang rasa sakit itu hilang dan kadang muncul lagi. dan saya juga pernah berkonsultasi ke dokter dan diberi obat tetapi dengan mengkonsumsi obat tersebut rasa sakitnya hanya hilang sementara setelah tidak mengkonsumsi obat tersebut rasa sakit itu kambuh lagi dan setelah konsul berikutnya dokter tersebut menyarankan untuk dilakukan biopsi. selain dari makan teratur atau pun mekonsumsi makanan yg sehat berupa sayuran ada kah obat alternatif atau tradisional yg dapat dikonsumsi untuk penyembuhan PKGB ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Ardian telah berkunjung.
      Munculnya rasa sakit di sebelah lubang kuping dengan pembengkakan kecil tanpa perubahan pembengkakan yang berarti/cepat - jangan terburu-buru berpikiran bahwa itu PKGB.
      Bisa saja berupa jerawat yang tubuh di bagian dalam atau sejenis bisul yang bantat (gagal tumbuh.

      Namun demikian, kita tetap harus berhati2 dengan tidak memijat-nya.

      Pembengkakan yang hampir bisa dipastikan sebagai PKGB:
      1. kebanyakan muncul pada batang leher - bawah belakang daun telinga hingga perbatasan bahu,
      2. membengkak, terasa sakit - pegal, nyut-nyut
      3. suhu sekitar pembengkakan lebih panas dari pada daerah lain
      4. lama-kelamaan warna memerah bengkak terus terjadi, tapi tidak ada mata seperti bisul (pada fase ini, sudah hampir bisa dipastikan - menjelang kanker KGB. Naudzubillah.

      Tapi saya kira apa yang anda keluhan tidak termasuk seperti no 1- 4.

      InsyaAllah bakal sembuh dengan sendirinya, asal ikuti aturan yg saya paparkan pada artikel di atas.

      Oh ya Solusi yang lain:
      - Coba parut singkong yang masih seger tidak terlalu tua
      - poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      - lakukan 2-4 kali sehari.

      Amati apakah ada perubahan ke arah lebih baik?
      lakukankan hingga sembuh.
      Amin

      Delete
    2. terima kasih mas Kibayu Puraatmadja, bengkak'y tidak mengalamin perubahan hanya segitu2 aja semenjak lama. akan saya coba solusinya :)

      Delete
    3. semoga saja bukan sesuatu yang berbahaya. Dan semoga cepat sembuh. amin

      Delete
  6. pak, bagaimana ya cara untuk menentukan atau ada alternatif penilaian lain bahwasanya PKGB ini termasuk kanker atau bukan???

    soalnya kalo kita periksa ke rumah sakit, setahu saya untuk menentukannya pasti dokter menyarankan untuk melakukan biopsi.

    ReplyDelete
  7. makasih kunjungannya.
    ada beberapa indikasi PKGB yang telah terganggu dan menuju ke arah kanker:
    1. suhu disekitar PKGB
    2. perubahan warna sekitar PKGB
    3. Intensitas pembengkakan
    4. organn tubuh yang terganggu disekitar PKGB
    5. perubahan rasa nyeri yang meninggi sekitar PKGB

    dan ini telah diahas pada artikel diatas serta pada balas dari pertanyaan sehabat2 yang lain.

    Semoga membantu

    ReplyDelete
  8. pak, 2 bulan kemaren operasi pembengkakan di leher, dan hasil lab meneyebutkan, kelenjar getah bening klasik kaya limfosit, apakah itu sudah termasuk kanker, bahaya apa tidak, penyembuhannya bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak selamanya pembengkakan di leher itu berbahaya tapi tidak sedikit pula yang bisa berdampak mematikan apabila diganggu/dilukai yg mengakibatkan terjadinya pecah pembuluh kelenjar tersebut.

      1. Yang harus diingat adalah bahwa lab itu adalah mesin, dan mesin hanya membaca apa yang telah diprograman, sedangkan manusia adalah mahluk yang sangat rumit, jadi bisa berbagai kemungkinan, sehingga akurasinya pun sangat tergantung.

      2. tidak jarang, seorang dokter menafsirkan hasil lab dengan tujuan dan penafsiran berbeda,

      sebagai ilustrasi, kalau seorg dokter selalu benar dalam menafsirkan hasil lab dan akurasi hasil lab 100% maka akan kecil terjadinya "mal praktek", karena yg namanya hasil lab adalah hasil yg konsisten sedangkan yang menafsirkan setiap org mempunyai pemahaman (field of experience dan frame of referens) yg berbeda.

      Kembali pada masalah Sdr anonim.

      - sayang anda tidak menyebut detail kondisi anda sekarang pasca operasi. Tapi baiklah akan saya coba analisa:

      Biasanya kalau itu benar-benar kgb limfosit sejenis sel darah putih pada sistem kekebalan maka sudah bisa diperkiraan dalam jangkan 1-2 minggu akan terjadi pembengkakan luar biasa diikuti rasa nyeri yang sangat dan makin memerah seperti bisul tanpa mata. Bisa dipastikan ada pada -->> kanker.

      Namun apabila pasca operasi tidak disertai dengan peningkatan pembengkakan dan rasa nyeri yang drastis, InsyaAllah anda dalam kondisi "lumayan aman". Apalagi melihat jarak waktu 2 bulan pasca operasi.

      Dan jika yang menulis ini adalah anda sendiri yang mengalami operasi tersebut, maka saya bisa pastikan anda dalam keadaan aman-aman saja, karena seorg penderita kanker seperti saya tulis diatas, jangankan menulis dan berpikir, org dlm kondisi kanker stad 4... pasti dalam keadaan mengaduh dan menderita yg sangat.

      Insyalah dan saya berkeyakinan anada aman.


      Delete
    2. ini saya sendiri yang menulis, alhamdulillah kalau memang aman hati bisa tenang, mulai sebelum operasi sampai dengan sekarang ini tidak merasa sakit, sebagai tambahan, benjolan waktu dioperasi ada 2 mempunyai ukuran, 9 x 2 dan 2 x 2, pada waktu kontrol terakhir kemarin dokter meminta untuk suntik kemo agar tidak tumbuh lagi, dengan omongan dokter gitu saya tambah jadi mikir dan pusing sekarang, mohon pencerahan langkah apa yang harus saya lakukan

      Delete
    3. "Jangan menyeselesaikan masalah dengan masalah" atau Jangan menyelesaikan masalah dengan yang berpotensi masalah lebih besar"

      Kemoterapi, menurut saya bukanlah solusi terbaik karena dengan kemoterapi akan memunculkan masalah baru,

      1. kemoterapi bisa diartikan kita mematikan sel-sel asing & jahat dalam tubuh kita namun sel-sel tubuh kitapun ikut termatikan. Bisa dibayangkan daerah leher adalah daerah vital dimana berfungsi sebagai jembatan penghubung bermilyar-milyar saraf dan pembuluh darah dari kepala ke seluruh organ tubuh yang lain. Maka kalau sel-sel daerah itu ikut rusak maka niscaya kesehatan seseorg akan sangat terganggu.

      2. untuk dilakukan kemoterapi, seseorang harus melalui serangkaian uji, seperti: tes alergi, kondisi kekuatan seseorang dll, karena banyak org tidak kuat pasca operasi. rambut rontok, kulit kering, pandangan kabur, vitalitas menurun drastis, tulang2 tersa linu dan ngilu, kehilangan selera makan berlama2 dll.

      3. dengan kemoterapi tidak menjamin tumor atau kankernya tidak akan tumbuh lagi.

      Saya tidak bermaksud menakut-nakutii, tapi ada baiknya anda melihat dan bertanya sisi kiri kanan anda yg pernah melakukan kemo, seperti apa dampaknya.

      Mengenai langkah2 yang harus dilakukan, saya sudah bahas secara gamlang baik di artikel diatas ataupun dalam penjelasan komentar.

      sedikit saja saya ulas,
      - jaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan makanan yang sehat bergizi, hindari makanan lemak yang berlebih, berolahraga secara teratur, hindari stress berkelanjutan, jaga dari perut kembung berkelanjutan dan positif thinking anggap diri kita tidak punya penyakit.

      - coba dengan singkong, caranya 1) parut singkong yang masih seger tidak terlalu tua. 2) poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker 3) lakukan 2-4 kali sehari.

      tapi sebelumnya,
      Apakah sekarang masih ada benjolannya? apakah bekas jahitan operasinya sudah sembuh seperti semula?
      karena kalau lukanya belum sembuh benar jangan pake singkong seperti anjuran saya tadi.

      saya yakin apa yang anda alami dulu hanya benjolan kelenjar biasa.
      dan kalau merasa tidak ada keluhan seperti yg saya khawatirkan sebaiknya hindari dari kemoterapi. Tapi tidak berarti benjolan anda tidak akan tumbuh lagi, potensi itu tetap ada namun jauh lebih baik kalau tidak diganggu lagi.

      kalau belum puas boleh kontar lagi hingga anda yakin betul dengan kondisi anda. Okey.....

      Delete
    4. Ass wr wb
      Ikut bertanya
      1.Ada yang menganjurkan di kompres dengan parutan kunyit putih ?
      2.Setelah dilakukan saran saran diatas tapi benjolan tetap atau membesar apa ,obat apa lagi yang perlu diusahakan ?

      Delete
  9. dear pak kibayu....

    sudah kurang lebih 1,5 bulan saya mengalami pembengkakan di sekitar leher kiri-kanan (depan belakang), berat badan pun sempat turun, benjolan bergerombol,suhu'y agak panas dan berdenyut, juga agak kenyal tapi jika di tekan tidak terasa sakit, yang terasa sakit hanya yang berada pas di bagian bawah tulang rahang. sebelumnya ada juga yg keras tai sekarang sudah jd kenyal.

    selama 1,5 bulan itu sy mengkonsumsi jus manggis (xhamthone) dan juga air rebusan daun sirsak hingga saat ini, ketika 2 minggu pertama alhamdulillah pembengkakan'y mulai mengecil tapi sekarang pembengkakan'y malah membesar lagi dan di tambah ada juga yg tumbuh baru di sekitar leher dan juga di selangkangan.

    apakah ini sudah termasuk kanker pak?
    dan pengobatan apa yang bisa bpk sarankan?
    dan menurut pengetahuan bpk biasanya berapa lama proses penymbuhannya?

    ReplyDelete
  10. Dearrrr anonim dimana pun anda berada......

    Dalam menganalisa sebuah penyakit tidak cukup melalui tulisan tapi sedikit banyak bisa mengambil langkah-langkah umum.

    Mungkin apa yang anda derita termasuk pada pembengkakan kelenjar ludah, sebagai dampak dari kebiasaan pola makan yang jelek, kebiasaan menahan lapar atau mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan lambung tidak bisa mencerna makanan dengan baik seperti mie instan yang berlebih.

    Apakah sudah ditest ada TBC atau bronchitis?
    karena pembengkakan seperti yang ada ceritakan biasanya pembengkakan kelenjar TB dan kelenjar ludah.

    "Sebaik-baiknya OBAT adalah makan makanan yang sehat bergizi dan teratur; serta pola pikir dan perilaku yang tenang, rilex dan tetap bersemangat"

    Ada satu kesalahkaprahan menurut saya.

    Orang beramai-ramai mengkonsumsi daun sirsak, daun sirih, mengkudu, kulit manggis dll secara terus menurus dengan mengabaikan makanan utama yang sehat dan bergizi. padahal yang terpenting adalah tingkatkan menu makan anda dengan baik dan teratur, dengan memperhatikan sistem pembuangan sampah ( eksresi dan sekresi) anda seperti: perhatikan, artikel saya terdahulu

    Apakah BAB anda lancar?
    Apakah BAK anda lancar?
    Apakah keluaran keringat baik?
    Apakah kentut (maaf) anda lancar?

    Ini harus sangat diperhatikan, karena dengan cara ini berarti anda sudah melakukan 50% pengobatan anda.

    Orang latah dengan xhamthone, buah merah, daun sirsak atau mengkudu padahal menurut saya semua itu termasuk jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebih dan terus menerus karena yang demikian adalah bukan makanan pokok. Cobalah konsumsi secara random karena tubuh kita memelukan berbagai jenis makanan dan minum bervariasi.

    untuk masalah manggis baca artikel saya terdahulu: silahkan baca artikel saya terdahulu tentang kulit manggis : Jus kulit manggis

    Kulit Buah Manggis, Kandungan dan Manfaatnya

    Jadi konsumsilah makanan dan minuman (selain makanan pokok) terutama buah-buahan dan sayuran secara bervariasi pada setiap harinya.

    -------------------------------------
    Saya kira keluhan anda belum termasuk pada kanker tapi bisa mengarah atau berpotensi kanker tergantung pada apa yang men-trigger terjadinya sebuah kanker.
    seperti:
    - melakukan biopsi, dioperasi atau dipijit-pijit
    - pola makan yang tidak teratur; banyak menahan lapar
    - stress berkelanjutan karena memikirkan penyakit atau masalah2 lain dlm hidup.

    untuk solusi lain, saya sudah bahas secara gamlang pada balasan komentar. silahkan baca lagi semuanya, anda akan temukan solusinya.

    Insya Allah......

    alau belum terpuaskan silahkan berkomentar lagi aja hingga kita bisa saling mencerahkan. amin.










    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai tulisan bpk di atas

      "Apakah sudah ditest ada TBC atau bronchitis?
      karena pembengkakan seperti yang ada ceritakan biasanya pembengkakan kelenjar TB dan kelenjar ludah."

      sebelumnya saya sudah periksakan ke dokter dalam setelah melakukan tes darah (normal)& radiologi (paru-paru) bersih kemudian di rujuk ke dokter bedah dan di sarankan untuk di biopsi.

      test apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui apakah ini pembengkakan kelenajra TB atau kelenjar ludah pak?

      atau mungkin saya bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan mengunjungi bapak atau bgaimana...

      Delete
    2. Memang untuk melakukan test yang berupa benjolan, menurut saya belum ada yang sempurna, sehingga medis masih melakukan dengan cara biopsi (sekalipun itu sangat beresiko.

      meski sudah saya ulas berulang, tapi saya anjurkan lagi:

      - jaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan makanan yang sehat bergizi, hindari makanan lemak yang berlebih, berolahraga secara teratur, hindari stress berkelanjutan, jaga dari perut kembung berkelanjutan dan positif thinking anggap diri kita tidak punya penyakit.

      - coba dengan singkong, caranya
      1) parut singkong yang masih seger tidak terlalu tua.
      2) poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      3) lakukan 2-4 kali sehari.

      lihat perkembangannya dan kita bahas lagi disini, dan menurut saya anda tidak perlu terlalu khawatir, kecuali:

      - perubahan pembengkakan terjadi secara drastis (pesat)
      - Panas secara berlebih dan diikuti seringnya tubuh anda mengalami/mudah demam
      - Benjolannya makin memerah (seperti bisul)
      - Diikuti dengan rasa sakit nyut-nyut menajam, bukan sakit pegal.

      Dan
      Tolong baca ulasan saya seluruhnya, hingga anda paham apa yang saya ulas, lalu kita lihat 2 minggu ke depan pakah ada perubahan baik yang signifikan?

      Dan
      kita bahas lagi sampai kita menemukan solusi yang terbaik. InsyaAllah. Saya siap membantu, dan anda jangan bosan untuk mendiskudikannya disini setiap saat. Amin

      Delete
  11. Selamat malam pak, saya sangat tertarik dg tulisan bapak, karna sudah 3mingguan ini leher saya sakit. Awalnya rasanya hanya seperti salah bantal, tidak bisa nengok dan pegal2, tapi lama2 ternyata ada benjolan di leher kanan saya, satu besar satu kecil. Lalu akhir2 ini saya setiap malam demam tinggi disertai mual, tidak ada nafsu makan, dan ketika berbaring lalu ingin bangun, leher saya harus dibantu diangkat oleh tangan karna jika tidak terasa sakit. Saya jg jadi cepat lelah. Hasil cek darahnya: hb, leukosit, hematokrit, eritrosit, VER di bawah normal; monosit dan LED jauh di atas normal. Hasil rontgen bersih, tidak ada gangguan. Namun saya dites mantoux. Sepertinya dokter saya curiga saya TBC, padahal paru2 saya bersih.. Hasil tes mantoux saya akan keluar kamis nanti, karna cemas saya minta diperiksa sepupu saya yg juga dokter, setelah rahang saya diraba2 ternyata kelenjar ludah saya katanya mengalami infeksi juga, dan ketika saya dikasih lihat foto rahang saya dari kanan, ternyata benar terlihat bengkaknya. Saya jadi semakin cemas, takut ada lagi penyakit yang timbul selanjutnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Malam lagi,

      saya masih berpegang pada prinsip:
      "Sebaik-baiknya OBAT adalah makan makanan yang sehat bergizi dan teratur; pola pikir, perilaku yang tenang, rilex tapi tetap bersemangat"

      Saya bisa memprediksi bahwa, jauh sebelum terjadiya pembengkakan kelenjar anda punya kebiasaan:
      - menahan lapar / makan tidak karuan
      - angin-anginan
      - BAB, BAK tidak lancar...
      secara berkelanjutan atau dalam jangka waktu yang cukup panjang.

      Lalu disertai kondisi badan yang seperti anda ceritakan.

      bisa jadi lambung anda mengalami peradangan sehingga para kelenjar mengadakan pertahanan dengan mengumpulkan darah putih di sekitar leher agar tidak naik ke otak - itu kira2 bahasa umumnya.

      Kondisi yang ada alami merupakan ekspresi dari tubuh yang protes karena berlama-lama kekurangan nutrisi yang baik dan memadai. Sehingga anda harus secepatnya mengganti ekurangan itu.

      Untuk langkah awal:

      - Paksakan makan secara teratur meski tidak nafsu atau tidak enak makan.
      - makanlah makanan yang enak rasanya untuk menambah selera makan, (artinya boleh pake bumbu - (MSG diizinkan BPOM jadi boleh dikonsumsi sbg bumbu)
      - upayakan minum yang cukup
      - konsumsi dan lipatgandakan buah-buahan secara variasi dengan di-jus atau blender. maksudnya, agar lebih mudah dan cepat dicerna.
      - konsumsi pula sayuran hijau secara memadai dan bervariasi.
      - bangun lebih awal dan bergerak terus agar berkeringat.
      - konsumsi supplement multi\vitamin seperti: scott emulsion atau sejenisnya.
      - upayakan tubuh kita untuk bugar melalui refresh fisik dan ketenangan psikis kita.
      - jangan terburu-buru ketakutan / cemas berlebih, karena dengan ketakutan/cemas maka berarti kita sudah menyatakan kalah.


      - coba juga dengan singkong, caranya
      1) parut singkong yang masih segar tidak terlalu tua.
      2) poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      3) lakukan 2-4 kali sehari.


      Ingat... dan Hindari ....
      - jangan dipijit-pijit
      - jangan terlalu banyak bicara apalagi dengan membuka mulut secara mendadak atau menggerakan bagian rahang terlalu keras dan sering.
      - hindari dari emosi (marah, nangis, cemas dll) secar berlebih, berlama-lama atau keterusan.

      karena semua itu akan jadi pemicu percepatan pembengkakan.

      Tidak ada salahnya, baca lagi artikel diatas beserta penjelasan pda keluahan pembaca karena saya telah membahas cukup gamlang.

      Kalau belum merasa puas, silahkan keluhkan lagi saya akan berupa membantu anda. Dan jangan bosan untuk mendiskudikannya disini setiap saat

      Semoga menjadi solusi dan bermanfaat.

      Delete
  12. Terima kasih atas penjelasannya pak. Memang benar, hidup saya sangat tidak teratur, saya masih kuliah dan tinggal di kost, makan dan istirahat benar benar seenak saya sendiri. Apalagi saya tidak suka sayur, malas makan buah dan takut gendut jika minum susu. Ohya, hasil tes mantoux saya negatif untuk TBC, saya bersyukur. Sebagai gantinya dokter memberi saya beberapa tablet, katanya untuk kekebalan tubuh dan vitamin. Dan benar juga, setiap emosi saya sedang tinggi, leher saya pun semakin sakit. Sekarang saya sedang tenang tidak ada pikiran, tidur menghadap ke kanan pun tidak terasa apa apa. Terima kasih ya pak sudah merespon keluhan saya.
    Best regards,
    Dyan Savithri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat balas, kebetulan mood-nya sedang error :-))

      Seminggu sejak Non Savithri "comment", yg ingin saya tahu adalah bagaimana perkembangannya?

      Dan yang paling saya harapkan adalah, kondisi Non semakin baik dan lekas sembuh.

      Delete
  13. Assalamu'alaikum W W Pak Tiga minggu lalu di sekitar leher saya sebelah kiri tumbuh benjolan tepatnya di bawah geraham dan di bawah telinga, gak lama kemudian di sebelah kanan juga di bawah geraham tumbuh satu benjolan. setelah dua minggu saya periksakan ke puskesmas. Dokter puskesmas menyatakan saya sebagai suspect TB Kelenjar dan dirujuk ke dokter spesialis paru, atas rujukan tersebut saya berobat ke dokter spesialis paru di rumah sakit. Saya melakukan tes lab dahak, rontgent paru dan fisioterapi gangguan pernapasan (spirometri). tiga hari kemudian hasilnya saya konsultasikan lagi ke dokter, namun semuanya kayaknya normal. Lalu dokter melakukan biopsi, yaitu mengambil sampel pada daerah benjolan melalui suntikan. hasilnya belum diketahui sekitar seminggu kemudian. saya merasa benjolan saya sedikit semakin membesar. Kalau membaca paparan bapak, biopsi merupakan tindakan yang sangat berisiko, namun saya sudah terlanjur melakukan itu. Mohon penjelasan perihal benjolan yang ada di sekitar leher saya, dan selanjutnya upaya apa yang bisa saya lakukan ? apakah bisa berkonsultasi langsung ke Bapak. terima kasih Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      subhanallah semoga tidak terus membesar PKGB anda.
      Saya telah membahas secara panjang lebar pada ruang komentar secara gamlang dan mohon dibaca kembali untuk dapat dipahami secara jelas.

      Merubah pola hidup keseharian adalah salah satu upaya yang sangat baik:
      - pengaturan pola makan, artinya anda harus meningkatkan konsumsi makan, terutama buah-buahan dan sayuran harus dilipatgandakan.
      Jangan pernah telat makan walaupun merasa tidak lapar. minimal cemilan yang mengenyangkan tujuannya untuk menekan kelebihan asam lambung.

      *konsumsi rebusan air daun sirsak, daun sirih, kulit manggis (Cara Membuat Jus Kulit Manggis ), daun kitajam, kunyit, kunir, secara bergantian (random) - ini bermanfaat untuk menekan asam lambung dan menekan pertumbuhan sel-sel asing didalam tubuh.

      - pengaturan pola tidur. upayakan tidur yang cukup dan nyenyak (tidur yang berkualitas). Jangan begadang.
      Sebelum tidur uoayakan minum air putih yang cukup untuk menetralisir keasaman dan memberikan kandungan cairan pada saat istirahat.

      - Rilex. hindari dari emosi berlebih dan berkepanjangan (marah, cemas, nangis dll)

      - Untuk obat bagian luar, coba juga dengan singkong, caranya
      1) parut singkong yang masih segar tidak terlalu tua.
      2) poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      3) lakukan 2-4 kali sehari.

      Ingat... dan Hindari ....
      - jangan dipijit-pijit
      - jangan terlalu banyak bicara apalagi dengan membuka mulut secara mendadak atau menggerakan bagian rahang terlalu keras dan sering.

      Jangan diulangi lagi melakukan biopsi karena hanya akan memperparah keadaan. Saya yakin hasil test anda: hanyalah pembengkakan kelenjar biasa.

      Tapi manakala pembengkakan terus meningkat maka dokter akan meminta anda untuk dilakukan biopsi ulang.

      Silahkan konsultasikan lagi di ruang ini kalau merasa belum puas. InsaAllah saya siap membantu, tidak usah sungkan.

      Sebelum datang langsung ke saya ada baiknya untuk ikuti dulu apa yang telah saya bahas. Semoga akan ada perubahan baik yang signifikan.

      Delete
    2. Assalamu'alaikum WW

      PAk terima kasih atas saran-sarannya yang banyak menenangkan pikiran saya.

      Mohon maaf sebelumnya, karena saya tidak memperkenalkan nama saya, apalagi dalam media ini nama saya gak muncul karena saya hanya bisa kirim lewat anonymous. Nama saya Unang Ruhiat, usia 40 tahun, tinggal di Daerah Arcamanik Bandung.

      Insya Allah saya akan berusaha tuk ikuti saran bapak, perlu diinformasikan bahwa hasil tes akan saya dapatkan pada hari kamis minggu ini, mudah-mudahan seperti apa kata Bpk hanya pembengkakan kelenjar biasa.

      Pak, saya sekarang masih meminum obat yang diberikan dokter, kalau gak salah tinggal antibioti. Karena hari kamis saya akan ketemu dokter tuk mengambil hasil lab dan mengkonsultasikannya, apabila dokter memberi resep obat lagi, gimana saran bpk ? terima kasih

      Wassalam

      Delete
    3. Biasanya hasil test yg pertama diketahui terjadinya PKGB. Saya berharap Pak Unang saat ini tidak ada keluhan lain seperti pembengkakannya meningkat disertai rasa nyeri.
      Coba kita analisa dalam seminggu. Kalau ternyata tidak ada perubahan signifikan dalam seminggu (stagnan) InsyaAllah Bapak - lumayan aman. Maaf saya harus menyampaikan ini, karena saya merujuk pada kejadian2 umumnya.

      Dan jika terjadi sesuatu yg tidak kita harapkan, saya harap kita bisa diskusikan lagi disini, untuk mencoba mencari solusinya.

      Untuk masalah resep tidak masalah selama obat tersebut support dengan kondisi badan Bapak.

      Delete
    4. Assalamu'alaikum W.W

      maaf saya konsul lagi, sehubungan ada perkembanga hasil diagnosa dokter.

      Setelah serangkaian pemeriksaan laboratorium dan terakhir tes manthox, dokter menyimpulkan bahwa saya terserang tb kelenjar, yang pengobatannya melalui minum obat secara rutin selama 6 bulan.

      Selama ini saya mengikuti anjuran bapak tuk meningkatkan kwalitas makan saya dan meminum rebusan daun sirsak dan mulai kemarin sore meminum jus manggis. Hanya sayang karena di daerah saya sulit mendapatkan singkong, saya hanya sempat dua kali mengobati benjolan dengan singkong, itu juga yang keduanya singkongnya sudah gak segar, karena potongan yang kemarin, dan karena saya kerja maka hanya bisa dilkukan malam saja.

      selama pengobatan 6 bulan dokter juga tidak melarang tuk berobat secara herbal, khususnya jus manggis karena katanya memang akan membantu penyembuhan.

      beberapa hari terakhir ini, ukuran benjolan sepertinya tidak berkembang, stamina tubuh juga mulai membaik (mungkin karena saya berupaya tuk menambah kwalitas makan), hanya sedikit demamnya masih ada.

      mohon saran Bpk. terutama terkait melakukan pengobatan seperti yang diajurkan dokter bersama sama dengan meminum/ramuan seperti yang bapak anjurkan, dan apakah mungkin saya terkena kanker walaupun dari hasil pemeriksaan biopsi hasilnya tidak nampak keganasan.

      terima kasih, semoga kebaikan Bpk. dibalas lebih oleh Allah SWT, Amin.

      Wasslamu'alaikum W.W.

      Delete
    5. waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Mohon maaf telat balas. Speedy-nya gangguan bbrp hari, coba pake modem smartfren jauh lebih parah pdhl signal full. Kebetulan juga ada kesibukan jd off bbrp hari. sedikit mngeluh :((

      Tb kelenjar, kelenjar ludah dan KG bening itu adik kaka, dampak, rasa dan pertumbuhannya hampir sama. Semuanya kalau terganggu - terangsang akan berdampak sama.

      Namun gejala akan tumbuhnya tb kelenjar diawali dengan:
      - banyak dahak dari encer ke lebih kental dengan warna bisa bening, putih, kekuningan atau kuning tua
      - ada rasa sakit di dada sebelah kiri atau kanan di atas jantung
      - nafas lebih berat dan menarik nafas panjang -tinggi dihentak akan diikuti dengan batuk.
      - badan terasa malas, mudah lelah, badan sulit merasa fit
      - nafsu makan nyaris hilang
      - ada pula yang diikuti keringat dingin dan pusing berkunang-kunang. dll.
      perut mudah kembung (begah)

      Hal ini berlangsung secara berkelanjutan dan pada umumnya diikuti demam lalu munculh bengkak. (sedikit saya terangkan "tb kelenjar" dari hasil pengamatan dlm keseharian).

      Saya merasa senang - lega jika pembengkakan stabil (tdk berkembang) dan juga stamina hrs tetap dipelihara bahkan harus extra. ( bisa bernapas sedikit lega sekalipun belum aman betul).

      Sayang Bapak tidak jelaskan apakah ada nyut-nyut?

      Pengobatan apapun selama dirasakan menuju perbaikan, kenapa tidak... silahkan lanjutkan.

      Jangan dulu berpikir itu ganas atau tidak, karena hanya akan meningkatkan sugesti negatif, kegelisahan/cemas berlbih. Santai saja....

      Coba Bapak sentuh kelenjarnya dengan kulit tangan bagian belakang (punggung telapak tangan) apakah suhunya normal, hangat atau lebih panas. coba baca arttike saya:

      membedakan-kanker-dengan tumor jinak

      Masalah singkong kan bisa dibeli di pasar, banyak Pak.

      Kalau masih ada ganjalan silahkan diskusikan lagi. tenang saja tidak usah ragu. Dan semoga bisa membantu.

      Delete
  14. PAK SY TAZKIA (14) KEBETULAN SY JUGA KGB LEHER BENGKAK DI SEBELAH KANAN & TENGAH-KANAN.SY KIRA MUNGKIN KENA INFEKSI TP SAYA TAKUT KENA TOXOPLASMA KARNA SY ADA RIWAYAT MEMELIHARA KUCING & MAKAN YG KURANG MATANG.KIRA2 SY HARUS PERIKSA ATAU CEK DARAH?SY SUDAH PERIKSA KE PUSKESMAS TP DIKASIH ANTIBIOTIK AMOXILIN YG SAYA TAKUT, VIRUS YG DITUBUH SY RESISTEN SAMA ANTIBIOTIKNYA MAKANYA SY GA MINUM.SAYA PANIK KALAU DIBIARIN TERUS TAKUT ADA APA2 SAMA BADAN SAYA (APALAGI SY MASIH DLM MASA PERTUMBUHAN).PAK TOLONG, SY HARUS GIMANA?
    tolong balas yg cepat ya pak saya panik skarang..
    azkidzibebi@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. Non Taskia,
    Saya telah kirim ke email Non dan maaf baru balas.

    Dan sekedar untuk berbagi maka saya ulas lagi disini.

    Sayang Non Taskia tidak secara detail menggambarkan keluhannya, sehingga saya sulit menganalisa secara lebih akurat.

    Tapi saya coba menjawab,

    langkah awal adalah, tenang dan jangan terlalu awal memvonis suatu penyakit. karena untuk membuktikan suatu penyakit perlu adanya serangkaian uji yang benar kecuali pada penyakit-penyakit yang umum terjadi, itupun tetap perlu pengujian.

    Toxoplasma pada tahap awal tidak menunjukkan gejala sama sekali (subklinis), apalagi kalau melhat faktor usia Non baru 14 th. sehingga terjadinya PKGB belum tentu atau kecil kemungkinan terjadi karena toxoplasma, apalagi Non belum menguji Non tertular virus toxo.

    kalau PKGB berupa dampak dari infeksi toxoplasma itu kebanyakan terjadi pada kaum pria,

    sedangkan pada wanita kecil kemingkinan terjadinya PKGB kecuali jika terjadi infeksi toxoplasma berlangsung terus menerus dapat menginfeksi saluran telur wanita dalam kandungan terutama pada wanita hamil dan janin besar kemunkinan tidak dapat berkembang. Kan non masih gadis kan?

    PKGB bs terjadi oleh berbagai hal, dan virus toxo hanyalah salah satunya. Dan PKGB yang terjadi pada Non Taskia, saya kira terjdai karena pola makan yang jelek secara terus menerus, hingga terjadi penurunan daya tahan tubuh Non.

    Saran:

    1. Ada baiknya periksa lab secara lebih keseluruhan.
    2. Mulailah dengan pola hidup sehat, terutama pola makan yang baik - jangan menunda lapar.
    3. Tolong baca ulasan saya pada semua balasan pembaca secara berulang hingga paham karena saya telah mebahas cukup detail dan lengkap yang bisa membantu.


    itu saja dulu, kalau belum puas, silahkan komentar lagi, InsyaAllah kita akan bahas hingga kita dapat menemukan solusinya.

    ReplyDelete
  16. (TAZKIA)balasan dari Bpk cukup membantu sy..Maaf sy tak menuliskan gejala yg saya alami.Gejalanya:
    Mual,Sakit Kepala,Pembengkakan KGB (dileher kecil sekali,diketiak sekecil kacang mete),pernah muntah baru sekali,sakit tenggorokan.
    Sy lihat itu sperti gejala Toxo jd takut.Mau tes darah tapi takut terlalu mahal.Sy ada di daerah Bandung Bosscha.Trims so much kalau Bpk membalas lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mohon maaf baru balah sehubungan kesibukan saya hingga harus lebih dahulu menyelaesaikanya. Mohon maaf sekali lagi.

      Saya kira apayang dialami oleh Non banyal juga diderita oleh yang lain dan itu bukanlah masalah yang besar namun tetap harus ditangani secara bijak dan seksama. Terjadinya tenggorokan kecing, pernah muntah itu kira-kira terjadinya pembengkakan kelenjar ludah.

      Kelenjar ludah itu terjadi sebagai ekspresi dari berontaknya lambung yang teraniaya secara berkelanjutan.

      Seperti yang telah saya bahas secara panjang lebar pada balasan pembaca sebelumnya , maka yang paling harus diperhatikan adalah normalisasi asam lambung. Non bisa baca pada artikel diatas dan pada balasan.

      Tenang saja asal jangan diganggu, lebih baik didiamkan saja dari pada diobati "secara salah" dan beresiko muncunya kanker KGB.

      Delete
  17. Assalamu'alaikum pak,
    saya juga mengalami hal serupa di atas
    Sekitar 2 minggu kmarin saya cek ke dokter dan dinyatakan PKGB.
    Sudah di beri beberapa obat tapi tetap aja tiap hari kalo ga demam ya sakit kepala
    Trus pindah dokter lain. Di dokter ke 2 ini saya di suntik (bukan di bagian leher) karena waktu berkunjung, saya dalam keadaan demam, dan kemudian d beri beberapa macam obat.
    Kondisi saya semakin membaik, demam dan sakit kepala yang biasa muncul tiap hari jadi hilang.
    tapi benjolan2 itu tetap ada hanya lebih kecil

    Hari sabtu kmarin obat saya habis, dan saya melakukan beberapa aktivitas yg agak berat sehingga kecapekan.
    Besoknya hari minggu, sakit kepala saya kambuh lagi, dan saya cek benjolan2 di leher tetap ada.
    Dan muncul 1 benojolan baru di antara leher dan pundak.
    Tepat d atas tulang dada paling atas.

    Demam dan sakit kepala pun kembali muncul, dan saya kembali lagi ke dokter terakhir.
    Di sana saya di suntik lagi dan d beri beberapa macam obat, dan dokter menganalisa benjolan baru tersebut adalah Kelenjar TBC.
    Tapi untuk memastikannya, besok saya harus biopsi terlebih dahulu.
    Kalau positif kelenjar TBC, maka saya harus suntik setiap 2 hari sekali, sebanyak 30 kali (kira2 2 bulan)

    Yang ingin saya tanyakan, haruskah saya melakukan biopsi?
    Kalau tidak perlu, lalu bagaimana solusinya?


    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya. Maaf Non apa Mas? mohon maaf kalau saya telat membalas, sehubungan banyak pekerjaan yang harus mendapat prioritas.

      Demam merupakan dampak dari adanya peradangan atau luka di bagian organ dalam, bisa dimana saja, terutama pada bagian lambung - pencernaan.

      Saya sudah membahas berkali-kali pada kolom balasan para pembaca bahwa kondisi lambung kita harus mendapatkan prioritas utama, karena lambung merupakan dapur sebagai penghasil sumber energi kita. Kalau energi yang kita perlukan tidak terpenuhi maka kebutuhan itu akan diambil dari cadangan dalam tubuh kita.

      Hal yang harus diingat adalah lambung akan selalu bekerja/beraktifitas selama kita hidup meskipun ada atau tidak makanan yang harus diolah. Dan manakala tidak ada asupan makanan yang bisa dicerna secara terus-terusan maka bisa mengakibatkan "LUKA" atau "RADANG" lambung yang berdampak terjadinya demam.

      Lambung yang kosong akan berdampak pula pada terjadinya peningkatan asam lambung - over keasaman. Maka analisanya, Demam dan asam lambung naik ke otak. Namun sebelum sampai ke otak yang bisa berdampak fatal, maka kelenjar membentuk benteng pertahanan dengan berkumpulnya darah putih untuk menjaga jangan sampai radikal bebas masuk ke jaringan otak.

      Pusing atau sakit kepala itu merupakan ekspresi dari rembesan radikal bebas yang naik ke otak. Nah kalau KGB tidak mampu menahan radikal bebas tersebut, bisa dibayangkan dampaknya pada kita.....

      Sekali lagi "JANGAN DIBIOPSI" karena biopsi hanyalah salah satu cara untuk mengetahui jenis benjolan apakah itu? Dan apa yang dialami saat ini sudah bisa kita simpulkan itu merupakan pembengkakan kelenjar getah bening, kelenjar ludah atau TB yang bila dilukai akan berakibat fatal.

      Lalu siapa yang menanggung resiko nanti, tiada lain adalah anda sendiri, sementara dokter atau siapun yang melukai pembengkakan itu hanya kan berkilah, mencari pembenaran atau alasan lain agar terbebas dari tanggung jawab. Tinggal ada sendiri yang terus menderita.

      Solusinya adalah:
      Langkah2 yang harus dilakukan, saya sudah bahas secara gamlang baik di artikel diatas ataupun dalam penjelasan komentar.

      sedikit saja saya ulas,
      - jaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan makanan yang sehat bergizi, hindari makanan lemak yang berlebih, berolahraga secara teratur, hindari stress berkelanjutan, jaga dari perut kembung berkelanjutan dan positif thinking anggap diri kita tidak punya penyakit.

      - Lipatgandakan mengkonsumsi multivitamin baik sebara alamu dari buah dan sayuran atau berupa tablet, gel dan cair. Dikonsumsi secara bergantian atau random.

      - coba dengan singkong (bisa dibeli dipasar) caranya:
      1) parut singkong yang masih seger tidak terlalu tua.
      2) poko-kan/kompreskan (seperti membuat comro)pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      3) lakukan 2-4 kali sehari.


      Tolong baca lagi bahasan artikel saya dan artikel terkait
      lalu baca juga penjelasan saya pada balasan komentar, karena itu sangat penting bagi anda.

      Dan kalau sudah dicoba 5-7 hari kita lihat hasilnya dan kita diskusikan lagi disini.

      Semoga membantu

      Delete
  18. selamat malam pak,saya hayyu.20th,mahasiswi aktif.
    saya ingin curhat pak,ibu saya baru meninggal terkena kanker getah bening.dan kondisinya sama seperti yang bapak paparkan diatas.nah ternyata saya mengalami juga pak,didaerah selakangan saya terdapat benjolan kecil yg kadang hilang kadang ada lagi.dan rasa linu kadang gatal didalam telinga.kemudian saya agak kaget dengan pertanyaan bapak yg ini :
    apakah perut anda suka merasa kembung (begah) berkelanjutan?
    - Gosok gigi pagi2, apakah suka merasa mual berkelanjutan?
    - Kalau sedikit lapar saja maka mulut akan terasa lebih berbau?
    - atau keluhan lain sebelum terjadinya?
    - vitalitas badan menurun terus?
    jawabannya adalah IYA SEMUA. kondisi badan saya semakin hari semakin kurang vit entah mengapa. mohon pencerahannya pak :) terimakasih. saya mahasiswi yang optimis. saya yakin pasti ada jalan utk menyembuhkannya.INSYAALLAH. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Non Hayyu. Semoga cepat selesai kuliahnya dengan baik dan dengan kesehatan yang tetap prima.

      Sekali lagi apa yang diderita Non banyak pula diderita yang lain, itu merupakan dampak negatif dari pola hidup dan pola makan yang kurang baik.

      Pembengkakan kelenjar di selangkangan itu bisa berbeda dengan pembengkakan kelenjar di leher. Mengapa?

      Sebelumnya, silahkan baca ulang penjelasan saya pada balasan komentar supaya Saudari Non paham penjelasan saya yang cukup gamlang, karena penjelasan disini akan sangat singkat dan kurang menjawab detil sesuai harapan.

      kembali ke permasalahan. Pembengkakan kelenjar pada selangkangan bisa akibat dari lambung yang luka tetapi lebih besar KEMUNGKINANNYA karena ada luka atau peradangan pada bagian - RAHIM atau pada daerah PINGGANG hinga KAKI termasuk (maaf, peradangan pada daerah dalam vagina).

      Ada baiknya Non Hayyu general cek via lab terutama mengenai kondisi darah secara keseluruhan, mulai dari trombosit, hemoglobin, leukosit, eritrosit, kreatini nhingga ereum - pokonya semua jenis darah, nanti akan terihat normal tidaknya.

      Nah itu dulu, karena saya mau menunggu hasil lab dan keluhan sebaiknya lebih detail lagi karena apa yang diderita Non Hayyu agak berbeda dengan yang diderita pembaca-pembaca lain di atas dan supaya saya lebih mudah menganalisanya.


      untuk sementara solusinya adalah:

      - berpikir easy come easy go atau rabbi yassir wala tu'assir

      - Tidur yang cukup. Berikan fisik dan psikis (jiwa dan raga) itu istirahat yang cukup. Jangan banyak melamun.

      - Hindari stress yang berlama-lama kembali " easy come easy go" - upayakan dengan cara melatihnya alias belajar untuk easy going. Siap???

      - Pola makan berimbang dan varian yang cukup.
      jangan menunda lapar dan jangan memakan makanan basi, kurangi lemak dan makanan yang berkibat perut kembung. Perut harus selalu kenyang.
      Kalau takut kegemukan, bisa dikenyangkan dengan buah dan sayuran dengan mengurangi kadar karbohirat dan lemak.

      - Lipatgandakan mengkonsumsi multivitamin baik sebara alami dari buah dan sayuran atau berupa tablet, gel dan cair. Dikonsumsi secara bergantian atau random.

      Dianjurkan:
      * minum air putih yang cukup dengan kandungan oksigennya tinggi seperti minuman kemasan O2, hexagonal, dan sejenisnya
      * Boleh minum energy drink (bukan seperti krating daeng) tapi seperti Mizone, tipco, pulpy, pocari sweat, dan sejenisnya atau sejenis adem sari dengan cara berganti-ganti.


      Dampak yang diharapkan:
      - stamina bisa pulih ke semula
      - bau mulut dengan sendirinya akan hilang
      - coba gosok gigi masih mual tidak?
      - makan nasi akan lebih terasa nikmat.

      Silahkan diskusikan lagi kapan pun... hanya saja mohon maaf kalau balasan saya agak telat.

      Semoga membantu.

      Delete
  19. terimakasih untuk blog ini, sangat membantu saya mendapatkan info mengenai KGB!!

    ReplyDelete
  20. terimakasih saya ucapkan kepada pembuat blog ini, karena sangat membantu saya mendapatkan info mengenai KGB!!
    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  21. Terimkasih banyak saya sampaikan kepada pemilik blog ini sangat membuka pengetahuan saya, saat ini saya sedang mengalamin pembekakan kelenjar getah bening menurut dokter karena infeksi sudah 3x berobat ke dokter yang sama dan sudah hampir 1bulan tidak ada tanda-tanda pembekakan mengecil. Apa yang sebaiknya saya lakukan ??

    Saya memang jarang berolah raga, saya akan coba dulu saran diatas yang menganjurkan berolah raga dan makan sayur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali.

      Langkah2 yang harus dilakukan, saya sudah bahas secara gamlang baik di artikel diatas ataupun dalam penjelasan komentar.

      sedikit saja saya ulas,
      - Jangan dipijit, dilukai dan hindari kena benturan keras.

      - hindari dari makanan yang mengakibatkan kembung dan mual. Ini untuk menghindari dari over keasaman dalam lambung, tyang menyulitkan penyembuhan infeksi dan memicu pembengkakan.

      - jaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan makanan yang sehat bergizi, hindari makanan lemak yang berlebih, berolahraga secara teratur, hindari stress berkelanjutan, jaga dari perut kembung berkelanjutan dan positif thinking anggap diri kita tidak punya penyakit.

      - tingkatkan makanan dan minuman dengan serat tinggi

      - Lipatgandakan mengkonsumsi multivitamin baik sebara alamu dari buah dan sayuran atau berupa tablet, gel dan cair. Dikonsumsi secara bergantian atau random.

      - coba dengan singkong (bisa dibeli dipasar) caranya:
      1) parut singkong yang masih seger tidak terlalu tua.
      2) poko-kan/kompreskan pada sekitar pembengkakan kira2 - 2-3 jam atau hingga kering seperti pake masker
      3) lakukan 2-4 kali sehari.


      Tolong baca lagi bahasan artikel saya dan artikel terkait
      lalu baca juga penjelasan saya pada balasan komentar, karena itu sangat penting bagi anda.

      kkalau masih ada ganjalan, silahkan diskusikan lagi disini.

      Delete
  22. Siang pak, saya Aish, ibu saya umur 50 tahun hampir 2 bulan ini merasa ada yang tidak beres pada lehernya, jika dibuat menelan air liur kadang terasa kasar, ada yang mengganjal, dan kadang terasa menusuk atau nyeri. Tampak luar tidak terlihat ada benjolan dan diraba juga tidak terasa. Tapi ibu saya merasa ada benjolan didalam lehernya. Gejala lain, leher kadang terasa pegal sampai ke bahu, kadang terasa nyeri di dada, kadang2 mual. Sudah berobat ke dokter dan diberi obat tapi tidak ada perbaikan. Tes darah dan LED normal. Akhirnya dokter menyarankan biopsi. Untung saja hal tersebut belum dilakukan oleh ibu saya. Tapi bagaimana caranya untuk mengetahui apa penyakit ibu saya ini ? Bagaimana menurut bapak ? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Aish,
      Kita coba dekati melalui analisa umum merunut dari uraian bhw hasil test yang normal:
      - Kemungkinan terjadinya peradangan ditenggorokan atau sejenis bruntus seperti jerawat. Lebih jauhnya lagi akan bisa terjadi infeksi tenggorokan. Dan kalau ini benar, itu bisa merupakan manifestasi dari LAMBUNG yang menderita; kurangnya asupan gizi secara berkelanjutan; kebiasaan menahan lapar. pola hidup yg tidak baik seperti pola tidur, pola makan, pengelolaan stress, masuk angin terus-menerus disaat kondisi badan kurang baik.

      - saya melihat apa yang diderita Ibu bukanlah termasuk pada pembengkakan kelenjar dan sementara ini tidak perlu terlalu khawatir, kecuali kalau tidak segera diatasi, bisa kemungkinan cukup beresiko.

      solusi awal:

      - lipatgandakan asupan makanan/minuman agar perut selalu terisi.
      - tinggikan serat dan vitamin C kadar tinggi
      - Hangatkan perut, leher, bahu dengan obat gosok cair (jangan balsem) seperti minyak lawang, tawon dll. untuk memuaikan kebekuan atau kekakuan pada otot leher.
      - hindari makanan yang berakibat kembung, makanan yang basi - harus selalu fresh, kurangi lemak hewani, kurangi minyak2an.
      - bergerak, jangan terlalu banyak diam (statis/bedrest), agar tubuh lebih fit dan fresh.
      - konsumsi multivitamin secara random dari berbagai merk yangbanyak di apotek atau minimarket untuk membantu kekurangan asupan gizi.
      - kalau mual, paksakan makan minum agar lambung terus bekerja oprimal.


      coba ini dulu, kalau belum ada kemajuan, kita bahas lagi tak usah sungkan. cuma maaf kalau agak telat bahas.

      Delete
  23. Aish : Terima kasih pak Bayu atas sarannya, akan saya sampaikan ke ibu saya, semoga Ibu saya cepat sembuh :)

    Untuk saat ini memang ibu saya sudah tidak berani makan makanan yang digoreng, jadinya selalu mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Jika memakan makanan yang mengandung MSG atau ada pengawetnya lidahnya menjadi gatal.
    Terus jika banyak bergerak, jantungnya menjadi berdebar2 pak, detaknya lebih cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan suami saya lagi sibuk sekali, jadi saya bantu balas. Maaf sekali ya Non.

      PKGB tidak signifikan berhubungan dengan gangguan pada jantung dan sakit dada.

      Saya sarankan untuk uji lab atau coba tenst EKG barangkali kondisi jantungnya kurang normal.

      Ada baiknya, daerah dada / jantung digosok pakai obat gosok cair jangan cream agar membantu melegakan pernapasan.

      Juga perhatikan saat tarik napas panjang, apakah tersendat? coba tekan bagian dada atas kiri dan kanan, tekan bagian belikat (belakang), saya yakini Ibu Non kesakitan. Itu artinya ada yang tidak beres antara jantung atau paru2.

      Apakah Ibu Non punya riwayat sakit jantung?

      Saran saya:

      jangan biarkan Ibu menahan lapar, lambung harus selalu terisi - minimalnya ngemil biskuit gandum - sangat baik menyerap asam lambung.

      Semoga membantu. dan kalau masih dirasa kurang menjawab, silahkan keluhkankan lagi. InsyaAllah kami bantu.

      Delete
    2. Aish : Terima kasih ibu Emma :)
      Ibu saya tidak punya riwayat sakit jantung, dulu sudah pernah test EKG dan jantungnya normal.
      Beberapa hari ini sudah dicoba sarannya pak Bayu dan tidur malamnya jadi lebih nyaman dari biasanya, hanya benjolan yang terasa didalam tenggorokan masih blm ada perubahan

      Delete
    3. maaf Non telat balas..... baru kembali dari kesibukan.

      Terus lakukan seperti yang telah saya bahas pada balasan komentar di atas, seperti:

      - upayakan asupan gizi yang baik dengan volume yang ditingkatkan terus dari biasanya.

      - Jangan biarkan Ibu berlapar-lapar hingga muncul mual dan kembung.

      - Berikan multivitamin cair secara bervariasi untuk membantu kekeurangan asupan gizi.

      - pokokan/masker-kan dengan singkong seperti yang telah saya sarankan.

      - dukungan semangat untuk menuju kesembuhan.

      Demikian Non, semoga Ibu Non segera sembuh.

      Delete
  24. malam pak, saya devi (19), saya punya benjolan di ketiak kiri saya, pernah saya periksakan ke dokter kulit katanya gak bahaya, itu gara2 deodoran saja, terus dikasih salep tapi gak saya habiskan,hehe. tapi saya tetep penasaran pak....
    yang ingin saya tanyakan:
    (1) ada kaitannya gak PKGB dengan maag? soalnya saya punya penyakit maag nih pak (ada baca tadi komen diatas, cara menanganinya disebutkan jangan telat makan).
    (2) pembengkakan kelenjar keringat di ketiak itu termasuk PKGB atau bukan?
    terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non Devi,
      Benjolan diketiak, bisa diakibatkan oleh adanya iritasi atau peradangan pada kelenjar getah bening di daerah ketiak, atau pada kelenjar keringat (hidradenitis suppurativa) di daerah tersebut, yang dipicu oleh zar-zat kimia yang ada pada deodoran.

      Perubahan hormon juga menjadi salah satu pemicu yang dominan (hal yang sama juga dapat terjadi di sekitar payudara).

      Jika bentuknya menyerupai bisul kecil (merah-merah), hal itu bisa terjadi karena infeksi bakteri yang dipicu oleh kebiasaan mencabut dan mencukur bulu, serta keringat berlebihan.

      Benjolan di ketiakpun bisa menjadi early warning akan tumbuhnya benjolan di payudara. Untuk memastikannya:
      - periksa - perabaan di wilayah payudara, apakah ada benjolan?
      - apakah ada keluhan di wlayah payudara
      - kalau kita tidak yakin mintalah petunjuk ahli/dokter untuk pemeriksaan payudara.

      kalau ternyata tidak ada indikasi ke arah payudara, maka kemungkinan besar hanyalah akibat dari iritasi atau gangguan keringat ketiak.

      Tapi perhatikan pula saat menstruasi, apakah daerah ketiak tersebut mengalami keluhan? apakah di payudara mengalami keluhan berlebih, bukan sekedar pegal seperti wanita pada masa haid.

      soluasi dasar adalah:
      perbaiki pola hidup: terutama pola makan dan tidur. Jangan menunda lapar dan biasakan ngemil buah dan sayuran agar tetap bugar, sehat tetapi tidak kegemukan.


      Demikian Non semoga membantu.

      Delete
  25. Pak, saya mau tanya, sekitar setahun lalu saya pernah ad benjolan di leher. Setelah dibiopsi, saya didiagnosa TB kelenjar. Saya sudah melakukan pengobatan dan alhamdulillah membaik. benjolannya juga menghilang. Tapi sudah sekitar 3 hari terakhir saya merasa leher saya sakit walaupun tidak dipegang. terasa seperti benjolan tp tidak terlihat jelas seperti yg tahun lalu. Apakah TB kelenjar penyakit kambuhan atau ada kemungkinan tiroid atau penyakit lain? Terima kasih.

    boleh balasannya kirim ke friski_is_me@yahoo.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuan Kyo_q2,

      saya meyakini waktu terjadi benjolan leher setahun yang lalu bukanlah termasuk TB kelenjar. kenapa?
      Karena jika seseorang menderita pembengkakan kelenjar TB lalu dibiopsi (dilukai), hampir bisa dipastikan dalam waktu 1-3 minggu akan berubah jadi kanker. Ditandai dengan makin bengkak, terasa sakit, suku sekitar meninggi, lebih jauhnya badan demam serta benjolan akan memerah.

      Apakah Mas Kyo mengalami hal demikian?

      Jika tidak, hal itu saya yakini karena kondisi tubuh yang lemah/tidak stabil akibat ketidak tertauran pola hidup - kelelahan fisik dan psikis - makan minum sering tertunda - tidur tidak teratur - masuk angin di wilayah sekitar leher.

      Namun demikian, bukan berarti kita mengabaikannya.

      Atasi dengan:

      - tingkatkan asupan gizi secara komplit dan bervariasi dengan volume makan minum yang lebih dari biasanya. Salah satu tujuannya untuk menekan asam lambung tidak berlebih.

      - olesi bagian leher, dada, punggung, belikat, dan perut sehari 3-4 kali secara rutin oleh minyak gosok hangat/panas yang cair - jangan balsem.

      - upayakan proses BAB BAK dan keluaran keringat lancar dan terartur.

      kita lihat 3-5 hari ke depan. Semoga keluhan Mas Kyo cepat teratasi.

      Delete
  26. Malam pak,saya ines (23thn), sekitar 2thn yg lalu ada benjolan di leher,stlh di biopsi,ternyata tb kelenjar getah bening,,, sampe sekarang saya masih minum obat, benjolannya mengecil, belum hilang,tapi beberapa bulan ini timbul benjolan-benjolan lain di sekitar benjolan yang mengecil, bergerombol,,, yang saya mau tanyakan kenapa kok begitu ya pak??? Kata dokter itu tidak apa2,,, sebenarnya boleh tidak tb kelenjar getah bening di operasi? Apa benjolan yang bertambah menandakan penyakitnya berkembang biak??
    Sekian,terima kasih pak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ines,
      Pada awalnya dan pada umumnya pembengkakan kelenjar di leher itu membengkak memanjang dari bawah telinga hingga atas pundak, terasa sakit pegal bahkan nyut terasa ditarik, tapi lama kelamaan jika pengibatan tidak tuntas atau terlalu banyak minum obat2an kimia akan tumbuh benjolan2 bergerombol namun tidak terasa sakit, paling cuma pegal di pundak dan bahu.

      Namun ada kasus lain, nbenjolan yang bergerombol itu bukan lagi bernama PKGB tapi bisa berupa kistik dan tidak berbahaya atau tumbuh seperti varises benjol benjolan kecil dan tidak berbahaya asal jangan dipijit atau dilukai.

      Seperti saya telah tulis diatas, dampak minimal dari PKGB yang diganggu, dirangsang, dipijit atau dioperasi adalah munculnya benjolan bergerombol. Sedangkan dampak maksimalnya adalah dapat berubah menjadi kanker dalam waktu 1-3 minggu pasca diganggu.

      Saran saya,
      Mbak Ines yang gamling dengan melakukan operasi karena yang nanggung resiko Mbak sendiri. Lebih baik biarkan saja dengan resiko minimal atau upayakan pengobatan melalui herbal yang tidak merangsang pertumbuhan sel Kanker.

      Pada prinsipnya, pengaturan pola hidup terutama pola makan minum dan tidur, adalah pengobatan yang paling aman dan manjur sekalipun tidak instan.

      Cobalah dengan dipokokan pake singkong, dicampur sedikit kapur barus, dicamput dengan daun jarong ( bahasa lainnya: Jarongan; Pecut Kuda; Ngadi rengo; Jarong lalaki; Daun Sangketan; Nyarang) yang bayak tumbuh dihalaman rumah terutama yang rumahnya dipedesaan.

      Caranyanya ditumbuk/diblender/dihaluskan semuanya lalu dimaskerkan ke sektar benjolan, 2-3 kali sehari selama 2-3 jam per masker. (atau baca pada balasan komentar diatas).

      (tentu saja tidak instan dan perlu waktu dan kesabaran)

      Selamat mencoba. semoga lekas sembuh.



      Delete
  27. malam pak..saya sekarang umur 22 tahun. punya keluhan.. ada benjolan di leher tepatnya dibawah dagu kiri dan kanan.. dan teraba.. di kiri ada 3 (1 besar ,2 kecil)dan di kanan ada 2 (1 besar ,1kecil),.. di ketiak kanan, dan di selangkangan kiri dan kanan (yang diselangkangan kanan byak..bergerombolan tapi kecil2).

    dan sebenarnya sejak saya SMA sudah terasa di sebelah dagu kiri.. namun yang kanan belum ada...cuman saya tidak tau kalo itu adalah pkgb.
    setelah 3 tahun lamanya..dan hampir selesai kuliah.. baru muncul yg kanan,
    ukuran nya sebesar kacang hijau..dan sebesar kacang kedelai..
    saya sudah pernah bawa ke dokter ..dan di kasi antiobiotik..malahan makin membesar dan membengkak..saya putus kan untuk tidak meminum obat itu lagi...dan saya sempat stres..
    alhasil sakit nya hilang..dan bengkak nya mengecil...
    dan setelah 1 tahun lamanya... justru bengkak nya makin mengecil ..tapi tetap tidak hilang... bahkan..kadang kecil..kadang besar...
    saya pernah ikut camping di puncak..dan benar2 dingin udaranya... hutan semua..dan oksigen byak..
    dan disana...total hilang..benjolannya... apakah ada pengaruh dengan oksigen ?
    karna saya termasuk punya tekanan darah rendah..90/60 , golongan darah ab.

    saya juga punya masalah perut sering kembung..sering bunyi..saya juga sering menunda makan :( , dan selama saya kuliah.... hancur total pola makan..dan makanan tidak terjaga... saya takut pak...
    apakah ada mengarah kegananasan...tapi sampai sekarang badan saya normal..cuman berat badan sempat turun 2kg..karna diare..selama 3 hari.
    namun benjolan sampai skrang...tetap biasa ..tidak ada pembesaran atau pun pembengkakan...tidak panas juga didaerah benjolan...tapi benjolan nya keras dan bisa digerakan...namun tidak sakit..kadang berubah besar,, kadang berubah kecil..

    kalo udara dingin...benjolan justru mengecil.

    saya bingung mau nulis apalagi pak :(
    please bantu saya...suport saya... saya orang nya gampang stres.. dan paling takut dengan penyakit.. mohon sugesti saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga punya gigi berlubang dok.. sampe skrang jgua saya biarkan..apakah ada pengaruh dari gigi yg infeksi ??? terimas kasih

      Delete
    2. Mbak atau Mas, tapi besar kemungkinannya Mbak kalau dari tutur bahasanya.

      Baiklah, menurut saya benjolan itu bukanlah mahluk berbahaya dan bukan merupakan PKGB menganalisa dari rasa, kecepatan pembesaran, kekerasan dan suhunya. Jadi sebaiknya bersantai diri namun itu bisa berupa benjolan sperti varises yang menggumpal atau berupa tumor jinak sejinak tahi lalat.

      Tidak harus terlalu dipusingkan atau terlalu serius karena hanya buang waktu, kenapa?

      Karena tidak akan jadi masalah kalau tidak dipermasalahkan.

      Dampak negatifnya adalah: Hal seperti ini kalau dipijit atau dipegang-pegang terus akan merangsang pada pertumbuhan yang lain atau memperbanyak.

      Yang paling penting anda perhatikan adalah masalah kembung,karena dengan kembung akan berdampak pada kesehatan serta pertumbuhan sel baru yang justru sangat kita perlukan.

      Orang yang serung kembung sebaiknya hindari dari makan-makanan yang berdampak pada kembung.

      untuk lebih jelas silahkan baca beberapa artike di bawah ini:


      Masalah Gastritis

      makanan yang memudahkan pencernaan

      mengatasi perut kembung


      Pada prinsipnya, pengaturan pola hidup: olahraga, tidur, pola makan secara teratur akan senantiasa memjadikan anda lebih sehat, lebih percaya diri dan akan lebih bersinar.

      semoga membantu.

      Delete
  28. mlm pa, sy mau tnya. udah 1 mgu ini sya merasakan skit nyeri Di srkitar leher dibawah telinga tp tidak bengkak. awalny sperti gejala flu Dan mmg sya batuk Dan flu jg. tp nyerix berlanjut hingga tenggorokan terasa kering. apakah ini slah satu gjala pkgb? gejla sprti mual gosok gigi, bdn gak fit ada pd saya. sy ibu rmh tngga umur 31 thun.trims,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam eh pagi dan saya baru bangun .... hehehe
      Maaf telat balas.

      Diawali dengan malas makan, membiarkan diri berlapar-lapar termasuk mudah stress serta fluktuasi emosi cukup tinggi secara berkelanjutan, perut mudah mual dan kembung itu akan merangsang lambung, jantung dan paru-paru bekerja extra, muncul juga kekeringan tenggorokan karena kekurangan cairan akibat dari lambung yang panas.

      Diatas teesebut memicu peradangan pada lambung dan paru-paru akhirnya darah putih berkumpul di wilayah kelenjar getah untuk menahan asam lambung, hawa panas serta tumbuhnya virus dan bakteri menuju ke otak. Terjadilah rasa sakit sebagai awalnya lalu disertai pembengkakan pada leher bawah telinga dan terus dikuti dengan rasa nyeri nyuttttt dan suhu kian panas bahkan bisa demam.

      PKGB menurut saya merupakan manifestasi dari penganiyaan kita terhadap organ utama tubuh kita secara berkelanjutan.

      Cara mengobatiyang paling jitu tanpa efek namun tentu saja tidak instan adalah:

      - jangan biarkan tubuh kita kekurangan asupan termasuk minuman (lipatgandakan, bila perlu perseringlah makan dan minum).

      - Olahraga ringan yang mengeluarkan keringat selagi bisa

      - perhatikan BAB, BAK, kentut (maaf porno eh jorok)dan keluaran keringat apakah normal? itu bisa terjadi normal jika pola makan,minum, olah raga ditingkatkan.

      Jika sudah normal, maka bersiaplah Ibu untuk segera sembuh dari penderitaan selama ini.


      silahkan dicoba dulu.

      Delete
  29. Permisi
    saya mahasiswa umur 20 thn baru tadi merasakan ada benjolan di leher sebelah kanan saya jika di tekan sakit dan saya juga mengalami demam selain itu di hampir seluruh tubuh terdapat bercak-bercak merah seperti campak.

    ReplyDelete
  30. Perkenalkan nama sy vera umur saya 24thn. Sy memiliki benjolan d ketiak saya sblh kanan sejak 2 mnggu yg lalu. Benjolan ini sy ketahui Stelah mens saya merasakan linu d ketiak saya.stlh saya raba ternyata ad 2benjolan d ketiak saya.besarnya skitar 1cm. Awalnya nyeri tp skrg ud g nyeri. Tp kemudian kmrn lusa muncul lg benjolan d area yg sama dan benjolan yg bru muncul terasa nyeri dan agk merah sedikit.nyerinya klo ketiak saya d lipatkan saja or d tekan2 bru nyeri.nyeri yg sy maksud sperti jerawat yg d hidung klo d tekan kan biasanya cenut2..trus hr ini sy liat d kaca lg spertinya akan muncul benjolan 1 lg.. Sy tipe org yg sgt muda cemas. Jd g berani cek k dkter. Krna bnyk ket org2 yg ke dkter dikit2 (maap) blg operasi dan biopsi :( dan sy jg agak gak pd krna sy memiliki bulu ketiak yg sering saya cabuti jika lg ad efent2 aja dan memakai deodorant. Apakah hal ini yg menyebabkan terjadinya benjolan d ketiak sebelah knan sy? Tp untungnya yg sblh kiri tidak ad benjolan sama skali.. Dan dok dlm beberapa mnggu lg sy mau menikah otomatis sy ingin mencabut bulu ketiak sy lg.apakah berbahaya klo sy cabut lg? Soalnya bju yg akan sy pakek nanti lengennya terbuka. Dan sy pasti gak akan PD klo ad bulu nya.mohon sarannya. Klo misal g boleh d cabut,mgkn ad saran lain? Trus apakah singkong yg dr awal dkter katakan bisa jg untuk menyebuhkan benjolan di ketiak.krna sya bener2 ud cemas dan ckup stress dok.makasih

    ReplyDelete
  31. Maaf saya mau bertanya, saya mengalamin pembengkakan dileher bawa sbelah kanan.jaya dokter itu tb kelenjar tp setelah melakukan pengobatan dgn minum obat tb mallah semakin bengkak n perih serta nyeri, baru menjalanin pengobatan tb selama 2 minggu oleh dokter sya disuntik untukmengeluarkan nanah di sekitar benjolan dan dikasih obatinfeksi,antibiotik n penghilang rasanyeri.oleh dokter distop dl minum obat tb y, saya hrs minum obat antibiotik yg baru selama 10 hr

    ReplyDelete
  32. siang.
    maaf saya ingin bertanya. anak saya (laki2 15 bulan) terdapat benjolan dileher kanan dan kiri jika diraba. oleh dokter di indikasi TB kelenjar dan saat ini menjalani terapi obat (6 bulan) tanggal 25 maret ini akan berakhir. selama pengobatan benjolan2 tersebut masih ada bahkan sampai sekarang, menurut dokter apa yang harus kami lakukan ? mengingat terapi obat akan berakhir.
    terima kasih atas balasannya.
    hanif

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum, saya wanita umur 34th, satu bulan yang lalu saya sariawan yang sangat sakit di langit langit mulut dan lidah seperti ada lapisan putih-putih di sarankan oleh dokter untuk dibiopsi, karena takut efeknya akhirnya saya beralih ke alternatif dan sariawan tersebut sembuh (sariawan 2 minggu) dan oleh alternatif tersebut saya dinyatakan terkena kanker lidah. Dan sampai dengan hari ini (2 minggu setelah sariawan sembuh) lidah saya masih terdapat putih-putih walaupun tidak sariawan dan tidak sakit. Di bawah leher kiri (dibawah rahang) juga ada kelenjar yang membesar (kalau dilihat tidak kelihatan namun kalau diraba terasa. Sampai hari ini saya masih berobat di alternatif tersebut. Saya masih belum berani ke dokter untuk memastikan apakah benar saya terkena kanker lidah atau tidak karena takut akibat biopsi tersebut. Mohon saran bapak, Apa yang sebaiknya saya lakukan? apakah mengecek ke dokter atau melanjutkan pengobatan alternatif? benarkah lidah putih tersebut adalah kanker lidah? sebelumnya saya jarang sekali sariawan. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Saya alika 29thn.. Saya ♏åΰ Tanya Boleh Ɣªª pak... Wktu bulan November lalu saya terkena cacar air,, dan terdapat bejolan ∂ï belakang telinga kiri saya,, Ɣªήƍ ♏åΰ saya tanyakan,, benjolan ∂ï telinga Kiri saya masih Άϑά tapi tdk bertambah besarr,, dan tidak merah atau terasa panas,, tapi akhir2 ini saya sering merasa kliengan dan perut aga mual.. Tapi tidak sampai muntah,, saya pernah ke Dr kata dr cuma asam lambung Ɣªήƍ meningkat,, tolong beritahu saya ,, apakah benjolan ∂ï belakang tilinga kiri saya itu adalah PKGB??? Karena saya sngt takut sekali akan terjadi hal2 Ɣªήƍ saya tidak inginkan.. Nauzubillah.. Apakah pembengkakan saya bahaya,,dan Άϑά indikasi penyakit Ɣªήƍ akut??? Tolong jawab kebimbangan saya Ɣªª pak... Terimakasih...

    ReplyDelete
  35. Saya Ina umur 22 tahun, ingin bertanya
    3 hari yg lalu tiba2 saya mendadak panas tinggi sekali
    kepala sakit, bagian dalam mata juga terasa pegal dan sakit, terus berkeringat tp tidak enak, perut kembung, cpt deg degan, keseimbangan berkurang, cpt lelah, n timbul bercak merah diseluruh tubuh.
    Sekarang panas saya sudah turun, tetapi bercak merah itu tidak hilang jg, malah serasa semaki bertambah n semakin gatal.
    apakah saya terkena DBD, atau kelenjar getah bening ? atau bukan keduanya ?
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ina, rileks... jangan kelewat cemas.
      belum tentu DBD belum tentu juga KGB. Memang saat-saat ini lagi musim penyakit seperi ini, dan menurut saya nyaris dikatakan wabah.

      Dokter bilang itu penyakit cikungunya yang berasal dari daerah bandung -jabar. Tapi menurut saya penyakit ini sudah ada sejak tahun 80-an dimana terjadi pada saat terjadinya perubahan iklim tidak menentu, dimana yang seharusnya sudah masuk ke musim kemarau ini malah menjadi musim hujan. kondisi yang ekstrim ini membuat sebagian orang yang dalam kondisinya kurang fit akan terjangkiti.

      solusinya:
      1. upayakan makan dan minum dalam porsi dan gizi yang cukup dan teratur, meskipun biasanya kita malas makan - tidak gairah.

      2. minum antibiotik (seperti amoxilin) serta analgesik (tergantung selera, bisa biogesik, panadol dll. tapi jangan terlalu sering.

      3. Lipatgandakan supplement atau multivitamin untuk menambah kekurangan asupan gizi kita dan meningkatkan daya tahan tubuh, seperti sakatonik, tonikum bayer, scott emulsen, stimuno dll

      4. upayakan terus berkeringat dengan bergerak dan banyak minum, jangan bed rest. besrest hanya akan membuat tubuh kita makin beku lesu dan nge-drop.

      oh ya mengenai bintik merah, itu sejenis alergi kulit, yang lama kelamaan akan membaik asal kita merawat dan meningkatkan stamina kita.

      Tapi tidak ada salah untuk berobat ke dokter. Tapi jangan mudah percaya kalau dibilang DB karena memang bukan DB, percayalah.....

      wallohu a'lam bishowab

      Delete
    2. Siang,saya ipuk 15th dbawah dagu kanan saya ada benjolan sebesar biji kelereng bila dtekan tdk sakit bersifat kenyal dan bisa digerakkan.saya tdk ada keluhan sakit apapun dan benjolan ini sdh ada sktr 2th.dulu gk kelihatan tp sekarang terlihat agak menonjol.apa yg hrs saya lakukan?apakah hrs dbawa ke dokter?mohon solusinya...trimakasih

      Delete
  36. pak,saudara saya awal ny dmam berkepanjangan,berobat k dokter umum smp 3x jwbn ny sll infeksi lalu d sran kan ke dokter sp penyakit dlam,d sna dy d suruh cek darah n rontgen,hsil rontgen baik,namun hasil darah ny LED jauh d atas normal..akhr ny d sarankan tes mantoux..hasil ny positif krn ad pembengkakan d daerah yg d suntik..lalu di beri obat TB..sebulan pengobatan benjolan smkin besar,saat kontrol,si dokter malah bingung,kata ny ''shrus ny stlh d beri obat hrs ny mengecil ini koq mmbesar ya''akhir ny d rujuk untuk ke dokter bedah..
    Tp krn pd saat itu kami bingung,kami ga lgsg ke sp bedah..
    Akhr ny skrg kami hny mnjalani pengobtan TB dgn kontrol k dokter sp pnykt dlm d rs lain..slma pengobatn benjolan smkin matang n akhr ny PECAH,,tp lubang bekas pecah ny knp ga kering2 yaa..??
    N skrng malah ad tambahn benjolan lg dekat tulang

    ReplyDelete
  37. pak,saudara saya awal ny dmam berkepanjangan,berobat k dokter umum smp 3x jwbn ny sll infeksi lalu d sran kan ke dokter sp penyakit dlam,d sna dy d suruh cek darah n rontgen,hsil rontgen baik,namun hasil darah ny LED jauh d atas normal..akhr ny d sarankan tes mantoux..hasil ny positif krn ad pembengkakan d daerah yg d suntik..lalu di beri obat TB..sebulan pengobatan benjolan smkin besar,saat kontrol,si dokter malah bingung,kata ny ''shrus ny stlh d beri obat hrs ny mengecil ini koq mmbesar ya''akhir ny d rujuk untuk ke dokter bedah..
    Tp krn pd saat itu kami bingung,kami ga lgsg ke sp bedah..
    Akhr ny skrg kami hny mnjalani pengobtan TB dgn kontrol k dokter sp pnykt dlm d rs lain..slma pengobatn benjolan smkin matang n akhr ny PECAH,,tp lubang bekas pecah ny knp ga kering2 yaa..??
    N skrng malah ad tambahn benjolan lg dekat tulang

    ReplyDelete
  38. pak,saudara saya awal ny dmam berkepanjangan,berobat k dokter umum smp 3x jwbn ny sll infeksi lalu d sran kan ke dokter sp penyakit dlam,d sna dy d suruh cek darah n rontgen,hsil rontgen baik,namun hasil darah ny LED jauh d atas normal..akhr ny d sarankan tes mantoux..hasil ny positif krn ad pembengkakan d daerah yg d suntik..lalu di beri obat TB..sebulan pengobatan benjolan smkin besar,saat kontrol,si dokter malah bingung,kata ny ''shrus ny stlh d beri obat hrs ny mengecil ini koq mmbesar ya''akhir ny d rujuk untuk ke dokter bedah..
    Tp krn pd saat itu kami bingung,kami ga lgsg ke sp bedah..
    Akhr ny skrg kami hny mnjalani pengobtan TB dgn kontrol k dokter sp pnykt dlm d rs lain..slma pengobatn benjolan smkin matang n akhr ny PECAH,,tp lubang bekas pecah ny knp ga kering2 yaa..??
    N skrng malah ad tambahn benjolan lg dekat tulang

    ReplyDelete
  39. pak,saudara saya awal ny dmam berkepanjangan,berobat k dokter umum smp 3x jwbn ny sll infeksi lalu d sran kan ke dokter sp penyakit dlam,d sna dy d suruh cek darah n rontgen,hsil rontgen baik,namun hasil darah ny LED jauh d atas normal..akhr ny d sarankan tes mantoux..hasil ny positif krn ad pembengkakan d daerah yg d suntik..lalu di beri obat TB..sebulan pengobatan benjolan smkin besar,saat kontrol,si dokter malah bingung,kata ny ''shrus ny stlh d beri obat hrs ny mengecil ini koq mmbesar ya''akhir ny d rujuk untuk ke dokter bedah..
    Tp krn pd saat itu kami bingung,kami ga lgsg ke sp bedah..
    Akhr ny skrg kami hny mnjalani pengobtan TB dgn kontrol k dokter sp pnykt dlm d rs lain..slma pengobatn benjolan smkin matang n akhr ny PECAH,,tp lubang bekas pecah ny knp ga kering2 yaa..??
    N skrng malah ad tambahn benjolan lg dekat tulang

    ReplyDelete
  40. pak,saudara saya awal ny dmam berkepanjangan,berobat k dokter umum smp 3x jwbn ny sll infeksi lalu d sran kan ke dokter sp penyakit dlam,d sna dy d suruh cek darah n rontgen,hsil rontgen baik,namun hasil darah ny LED jauh d atas normal..akhr ny d sarankan tes mantoux..hasil ny positif krn ad pembengkakan d daerah yg d suntik..lalu di beri obat TB..sebulan pengobatan benjolan smkin besar,saat kontrol,si dokter malah bingung,kata ny ''shrus ny stlh d beri obat hrs ny mengecil ini koq mmbesar ya''akhir ny d rujuk untuk ke dokter bedah..
    Tp krn pd saat itu kami bingung,kami ga lgsg ke sp bedah..
    Akhr ny skrg kami hny mnjalani pengobtan TB dgn kontrol k dokter sp pnykt dlm d rs lain..slma pengobatn benjolan smkin matang n akhr ny PECAH,,tp lubang bekas pecah ny knp ga kering2 yaa..??
    N skrng malah ad tambahn benjolan lg dekat tulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallah....
      disitulah mengapa saya menulis artikel ini, karena begitu banyak kejadian yang menimpa penderita PKGB.

      Hal itu akan cepat merambat ke sekitar bahu atau muka atau kemana saja dalam waktu relatif cepat.

      Sungguh suatu hal yang sangat tidak diharapkan.

      Saran saya,

      tetap beri semangat dan hindarkan dari banyak penengok/pelayat secara langsung karena biasanya mereka akan bercerita yang membuat si penderita makin nge-drop.

      Semoga saja ada keajaiban, karena dalam hal ini banyak sekali yang tidak ketahui. Tentunya kembali pada rencana Illahi. Semoga saja Allah subhanahu wa ta'ala memberikan yang terbaik.

      wallohu a'lam bishowab

      Delete
  41. Pak, istri saya mengalami pembengkakan di leher hingga ukuran kepala sama dengan ukuran leher. Istri saya juga mengalami sesak nafas. Setelah dironsen, kelihatan ada tumor mediastinum di paru2 seukuran 10cm. Dokter menyarankan untuk dibiopsi atau disinar laser dulu untuk mengempeskan tumornya. Saya butuh saran bapak, apa yang mesti saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, biopsi adalah metode yang seharusnya sudah ditinggalkan dan tugas medis untuk mencari cara lain yang lebih aman, mengingat teknologi kedokteran sudah kian berkembang.

      ada baiknya cari cara pengobatan yang lebih ramah dan minim dampak negatif, misalnya melalui pengobatan herbal, alternatif yang logis dan terpercaya (jangan asal alternatif).

      perhatikan asupan gizi untuk mempertahankan stamina, semangat untuk berjuang dan semanagt untuk sehat, dan biasanya sang penderita membutuhkan perhatian extra, karena bisanya lebih sensitif.

      menurut saya ada baiknya Bapak baca balasan komentar secara keseluran scara seksama, karena pada balasan tersebut saya sudah membahas begitu gamlang.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  42. Pak, sy memiliki benjolan dileher, awalnya dibelakang telinga, sakit sekali, tiba2 hilang, lalu muncul lagi benjolan diketiak... setelah itu sy periksa ke dokter spesialis penyakit dalam lalu cek darah lengkap dan scan thorax... hasil cek darah lengkapnya ada 1 item yang jauh melebih standart untuk scan thoraxnya bersih... lalu dokter tersebut menyatakan bahwa sy menderita pembengkakan kelenjar getah bening dan menyarankan saya untuk mengkonsumsi obat2an scara rutin selama minimal 6 bulan dan menyarankan untuk ke dokter bedah. lalu sy ke dokter bedah, dan disarankan untuk biopsi(suntik total), tapi sy kurang setuju akhirnya sy hanya mengkonsumsi obat2annya sj... awalnya sudah ada perubahan, benjolannya smkin kecil, tapi daya ingat sy smakin berkurang. akhirnya sy berhenti minum obat2an. berat badan sy smkin menurun. tiba2 ada benjolan di leher, awalnya 1 tp skrng ada 2 benjolan di leher(tdk terasa skt) dan kaki sy cepat pegal & spt darah kurang lancar, cepat sekali capek dan keram. sy sudah mengkonsumsi obat tradisional tp memang sy jarang berolahraga. APakah penyakit sy ini sudah parah? bagaimana cara mengobatinya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olah raga dan asupan makanan yang teratur serta hati dan pikiran yang lebih rileks sangat membantu penyembuh, minimal menahan dari teruys menerus terjadi pembengkakan atau bertambah banyak.

      soal parah atau tidaknya harus melakukan serangkai uji, harus dilihat dari berbagai aspek, tidak bisa begitu saja.

      namun terpenting adalah tetap bersemangat untuk bangkit.

      Silahkan simak lagi pada balasan komentar dari awal karena cukup banyak saya bahas dan sangat bisa membantu Bapak untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan.

      semoga membantu.

      Delete
  43. Pak, saya Lianawati usia saya 43 tahun, sudah sejak bulan Desember 2012 ada pembengkakan dibawah ketiak kanan saya (bukan benjolan) tidak terasa sakit atau nyeri, kemudian saya rutin mengkonsumsi Ace Maxs yang saya tahu dari browsing internet. Saya mengkonsumsi Ace Maxs sampai sekarang, tapi kurang lebih 2 minggu yang lalu saya merasakan pegal2 didaerah pundak dan leher saya, kemudian saya cermati dicermin kok ada pembengkakan dileher sebelah kiri saya, dan sejak saat itu badan saya sering mengalami demam tapi sebentar hilang sebentar kemudian demam lagi. Kira2 saya sakit apa ya Pak, apa saya kena Kanker Kelenjar Getah Bening?. Mohon dibalas pak, ke alamat email saya juga tidak apa2 (lianawati70@yahoo.co.id) . Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak saya menulis tulisan diatas, sudah 1 Minggu lamanya, bengkak dileher sebelah kiri saya bukannya mengecil, malah semakin mengembung sampai tengkuk, tapi sudah tidak terasa pegal2 dipundak, hanya saja saya merasa ada penebalan dibawah dagu dan batang leher yang membengkak tersebut. Saya sudah berusaha makan 4 Sehat 5 Sempurna, meskipun nafsu makan saya menurun dan saya tetap beraktifitas seperti biasa (saya karyawan swasta). Mohon pencerahannya Pak, terus terang saya tidak bisa menghilangkan rasa kuwatir saya ini dan saya jadi setres, Terima kasih pak, saya tunggu pencerahan dari Bapak.

      Delete
  44. Pak, saya teguh, usia 26 tahun, sudah 3 mingguan ini leher saya sebelah kiri bagian belakang terasa sakit banget, rasa sakitnya menjalar ke gigi bagian atas sampai kening. Selama ini saya belum pernah berobat, paling hanya pijet aja. menurut bapak kira2 leher saya kenapa ya? Terimakasih.
    email saya teguh.dwi.nuryanto@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Anonymous05 May, 2013

    Assalamu'alaikum...saya ingin tahu alamat bapak boleh gak? (Rhina)email saya rafif.caca@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirimkan ke email sdri

      Delete
  46. selamat pagi pak saya rudi usia 30 tahun saat ini saya ada benjolan di ketiak kanan dan di leher sebelah kanan tidak terasa sakit maupun berubah bentuk namun akhir2 ini bagian ketiak lebih besar drpd sebelumnya,saat ini saya blum berani untuk pergi ke dokter di karenakan saya masih takut ,kadang saya berkeringat di malam hari.mudah lelah.dan mulut kadang bau klo lapar sedikit, saya belum terkena demam.nafsu makan masih normal ,namun kadang mudah kecapekan,kira2 apakah kelenjar getah bening saya akibat gigi geraham saya ada yang berlubang di sebelah kiri .saya browsing rata2 kelenjar getah bening datang akibat apabila infeksi di salah satu tubuh kita apa saya perlu perbaiki gigi saya dok? terima kasih mohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira hal itu adalah manifestasi dari adanya peradangan pada gigi atau dari kondisi tubuh yang tidak prima. saya kira tidak lah berbahaya.
      yang perlu diperbaiki adalah:
      minumlah antibiotik tapi jangan terlalu sering hanya hingga peradangannya sudah membaik, ditambah minum analgesic kala sakit.

      lipatgandakan buah2an dan sayur2an

      tambahkan mulivitamin secara bergantian agan mendapatkan kndisi badan yang prima dan imun tubuh menjadi kuat,

      Delete
  47. Assalamualaikum bapak, artikel bapak sangat menarik dan memberi ilmu bagi yang membacanya. Salam kenal bapak, nama saya Mohammad Sholeh, umur 20 tahun tinggal di Lampung. Saya juga penderita PKGB beberapa minggu ini, pada awalnya saya mengalami sakit pada tenggorokan saya, kemudian saya periksa ke dokter THT, akan tetapi setelah obat habis sakit ditenggorokan masih sedikit terasa, dan terjadi penebalan pada leher bagian kiri saya, saya merasa sepertinya kelenjar getah bening saya bengkak, akan tetapi jika dilihat dari luar tidak begitu tampak. Kemudian setelah beberapa hari leher saya mulai pegal-pegal sampai ke pundak, bahkan ketiak saya sedikit terasa terganggu akan tetapi terkadang hilang, terdapat rasa panas juga pada leher dan pundak saya. Yang sangat saya sesali adalah saya beberapa kali memijat-mijat leher saya, kemudian sekarang (tepatnya hari ini) leher saya terasa nyeri ketika digerakkan, bahkan saya menggerakkan dagu saya pun terasa sedikit nyeri, bahkan untuk senyumpun sedikit terasa nyeri pada leher saya. Apakah yang sedang saya alami ini pak?
    dan apakah masih bisa disembuhkan dengan metode bapak diatas?
    saya sangat mengharapkan bantuan dan saran dari bapak.
    ini email saya pak muh_sholeh@ymail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  48. Anonymous09 May, 2013

    Dari ayu, bapak...saya mohon bantuannya. Begini, mulai 2 minggu yang lalu kepala saya pusing (sy memang sering vertigo sebelumnya), mata pegal dan sensitif dengan cahaya matahari bahkan sampai air mata keluar, agak mual, ulu hati sakit sekali (sebah) sampai perut atas menggembung. 4 hari kemudian bawah rahang kanan kiri mulai sakit menjalar ke batang leher depan terutama jika saya menarik napas panjang (kadang dada atas kanan kiri juga sakit sampai batuk), tidak sakit untuk menelan dan sepertinya tidak bengkak. Saya ke dokter dan cek darah, kata dokter trigliserid saya tinggi dan maag saya kambuh. Saya diberi obat ranitidin, renadinac, neurodex, gemfibrozil. Malamnya tidak lama setelah gemfibrozil saya minum saya jadi mual dan muntah, setelah itu jadi ranitidin sj yg saya minum. Sekarang sdh semingguan bawah rahang dan batang leher depan saya sakit, kepala jg masih kadang agak pusing, tidak mual lagi tapi masih sering ulu hati sakit, stamina mulai membaik, tapi leher kanan kiri, pundak dan punggung atas sampai pangkal lengan 2 hari ini terasa sakit, pegal dan kaku. Mohon informasinya gejala sakit apa yang saya alami. Trimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  49. m.jamil purba15 May, 2013

    Malam pak, bulan Pebruari '13 yg lalu sy biopsi aspirasi terhadap benjolan dibawah telinga kanan sy yg hasinya sbb : Sifat smear : pada waktu dilakukan aspirasi diperoleh 1-2 tetes cairan jaringan seperti pus dan dibuat sediaan hapus dgn pengecatan M.G.S.
    Mikroskopik : Sediaan terdiri dari kelompokan sel-sel epitel, sebagian dgn sitoplasma jernih. Pada stroma dijumpai infiltrasi sel-sel radang dan sel-sel dgn sitoplasma basifilik. Juga terlihat beberapa sel dgn inti atypik relatif besar tapi tidak konfirmatif untuk malignancy.
    Kesimpulan. Sialedinitis dgn kecendrungan membentuk abscess.
    Dari hasil pemeriksaan tsb, sy diberi obat antibiotik utk dikonsumsi selama 1 bulan, tapi tidak ada hasilnya...Mohon penjelasannya ya pak... tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja antibiotik saja tidak cukup untuk menghilangkan/ menghentikan benjolannya karena sifat atibiotik untuk menghentikan peradangannya.

      antibiotik yang terlalu sering diminum pun berefek tidak baik karena akan meningkan resetensi terhadak virus atau bakteri.

      untuk menurunkan benjolannya maka gunakalah parutan singkong. seperti yang sudah saya bahas pada tulisan di atas atau pada balasan komentar.

      baca pada balasan untuk Irulblog dibawah ini.

      dan yang perlu dikonsumsi, silahkan baca pada balasan untuk sdr Kartika sari di bawah ini.

      Delete
  50. m.jamil purba15 May, 2013

    saya tambahkan bahwa sy 51 thn, benjolan itu sudah lama sekitar 2 tahunan, tidak membesar, tidak berwarna apa2 dan tidak terlihat klo tidak benar2 diperhatikan, hanya dgn diraba benjolannya akan terasa, tidak sakit dan saya tidak mengalami tanda2 seperti yg bpk sebutkan diatas... benjolannya terasa keras dgn besarannya kira2 sebesar kelereng....tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, apa yang Bapak derita bukanlah termasuk yang perlu terlalu dikhawatirkan, kenapa?

      hampir 90% PKGB yang telah dibiopsi (dilukai, disodet, dioperasi atau sejenisnya) hanya cukup menunggu 1-2 minggu akan terjadi rangsangan yang hebat dan berdampak pada peningkatan pembengkakan hebat, diikuti sara nyeri yang hebat terus dan terus tiada henti.

      Sementara apa yang Bapak derita selain sudah 2tahun terjadi pembengkakan, setelah biopsi juga tidak terjadi perubahan signifikan ke arah negatif.

      menurut saya, lebih baik dibiarkan dari pada terus diganggu.
      saya telah menulis pada balasan komentar di atas, yatiu pengunaan kompres oleh parutan singkong. silahkan Bapak baca kembali dari atas secara seksama, dan silahkan dicoba secara teratur 2-3 x sehari.
      semoga membantu dan berhasil.


      lakukan pengobatan yang berupa masker seperti dengan

      Delete
  51. Anonymous19 May, 2013

    Salam pak,
    Nama saya dani, saya mengalami pembengkakan KGB di daerah leher tengah dibawah rahang sebanyak dua buah dan ukuran kira kira sebesar biji kacang hijau. Saya tidak ada merasakan demam, sakit kepala, mual, atau mulut bau saat telat makan dan lain lain. Saya merasakan ini sejak 3 minggu yang lalu. sekitar 1 minggu yang lalu setelah saya membersihkan taman di rumah, muncul satu lagi kecil sebesar biji kacang hijau juga. Apakah ini berbahaya pak? sebagai tambahan, saya belum ada melakukan biopsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus Gan Dani sama denan kasus Kartika sari dibawah komentar ini.

      Saya kira termasuk yang saya bahas diatas. tapi masih pada tahap awal dan lebih mudah untk disembuhkan.

      makanan yang harus diperhatikan:
      - hindari makanan berminyak berlebih

      - hindari dari lalab mentah karena kandungan gasnya masih terlalu tinggi (kol, sawi, beokoli, trung, leunca atau sejenisnya dll)

      - tapi sebaiknya lipatgandakan mengkonsumsi lalaban matang (yang sudah melalui proses perebusan atau dikukus)karena seratnya yang tinggi untuk melancarkan pencernaan dan BAB

      - lipatgandakan buah-buahan segar secara di-jus jangan dimakan langsung, agar lebih mudah dicerna dan volume asupan yang tinggi.

      - tambahan multivitamin secara bergantian per3-4 hari, dengan tonikum bayer, sakatonik, scott amulsion, hemaviton, enervon, dll apa aja yg termasuk multivitamin. agar imun tubuh kita lebih kuat.

      jangan sayang membeli makanan yang bergizi karena kalau berobat jauh lebih mahal.

      baca balasan saya pada komentar saya sebelumnya atau pada balasan kepada Irublod di bawah ini.

      Delete
    2. Anonymous12 June, 2013

      Terima kasih banget atas penjelasannya pak. setelah hasil pemeriksaan darah lengkap, dan konsultasi dengan dokter. Alhamdullillah, dokter menerangkan itu bukan pembengkakan kelenjar getah bening, karena tidak ada indikasi dari darah yang menunjukkan pembengkakan kelenjar getah bening. sekarang ini, setelah 1 bulan 1 minggu, benjolannya masih sebesar biji kacang hijau dan masih tiga buah (dua ditengah kiri dan kanan diatas kelejar tiroid) satu disebelah kiri dekat dagu. dokter menerangkan itu ada kemungkinan darah tersumbat atau pembengkakan kista. saya diminta datang lagi sekitar 3 minggu ke depan pak u melihat perkembangannya. kadang kadang saya ada merasa agak kurang nyaman di sekitar leher. bisa dibilang dalam dua minggu mgkn ada terjadi 2 atau 3 kali. tapi kemudian bangun tidur, rasa tidak nyamannya berkurang. berat badan saya sampai sekarang masih stabil. oya satu lagi, hasil pemeriksaan darah, diketahui glukose saya tinggi, dan jika tidak diturunkan, ada resiko saya terkena diabetes. oya umur saya sekarang 32 tahun pak. saya juga jarang olah raga. kira-kira ada hubungan ga pak, pembengkakan tadi dengan glukose saya yang tinggi???? atau kira-kira ada tambahan yang perlu saya lakukan pak???? sebelumnya saya sangat terima kasih atas saran bapak. saya sangat merasakan manfaatnya.

      Delete
    3. Dampak kelebihan glukose dengan PKGB, saya kira perlu pengujian lebih lanjut, karena yang jelas hampir semua orang yang mengalami PKGB mengalami pola hidup terutama pola makan yang tidak baik, lebih spesifiknya, mereka yang PKGB suka menahan lapar yang berakibat pada peningkatan asam lambung. Atau pula karena emosi berlebih - stress berlama-lama.

      Rata2 penderita PKGB sering mengalami rasa kembung/begah berkelanjutan sebelumnya.

      Nah kalau glukose bisa dikatakan salah satu stimulan kuat terjadinya diabet.

      namun jangan takut dengan diabet, silahkan baca artikel saya yang berhubungan dengan gula darah dan diabet

      Cara menurunkan kadar gula darah

      Pemahaman salah tentang diabet

      Makanan untuk mengatasi gula darah 

      Pepino untuk gula darah 


      Delete
  52. Anonymous19 May, 2013

    Ass.wr.wb
    nm sy mutia,umr sy 19th,sdh 4 bln in sya m'mliki benjolan d'bhu sy tepat ny d'ats tlg klavikula bnjoln prtm bsr ny krng lbih sprti tlor pyuh nmn stlh sy pijat,tmbuh lgi benjolan s'kcil bji kcng nmun br'grombol jdi 4 dn mnjdi bngkak dn skit stlh sy mnm obt antibiotik yg d'bri olh dokter,tpi bnjolan prtm tdk skit.sy tdk mrsa'kn dmam,hnya sj sya sring mrsa gtal d'tnggrokan dan btuk2 dn agk slit br'nfs.4 bln yg llu sblm KGB it tmbul,sya mnglmi flu dn btuk slm lbih dr 1 mnggu.sy mw tx KBG ap it??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasus sdri seperti kebanyakan yang berkeluhkesah disini. coba baca pada jawaban untuk sdr Dani di atas ini.

      Namun ada sedikit tambahan, sepertinya apa yang diderita Non Mutia adalah dampak dari alergi saluran pernapasan, sehingga perlu di cek lab untuk paru2nya.

      baca juga pada komentar untuk Irulblog di bawah ini.

      nanti kta diskusikan lagi.

      Delete
  53. Anonymous19 May, 2013

    Ass.wr.wb
    nm sy mutia,umr sy 19th,sdh 4 bln in sya m'mliki benjolan d'bhu sy tepat ny d'ats tlg klavikula bnjoln prtm bsr ny krng lbih sprti tlor pyuh nmn stlh sy pijat,tmbuh lgi benjolan s'kcil bji kcng nmun br'grombol jdi 4 dn mnjdi bngkak dn skit stlh sy mnm obt antibiotik yg d'bri olh dokter,tpi bnjolan prtm tdk skit.sy tdk mrsa'kn dmam,hnya sj sya sring mrsa gtal d'tnggrokan dan btuk2 dn agk slit br'nfs.4 bln yg llu sblm KGB it tmbul,sya mnglmi flu dn btuk slm lbih dr 1 mnggu.sy mw tx KBG ap it??

    ReplyDelete
  54. Anonymous19 May, 2013

    Ass.wr.wb
    nm sy mutia,umr sy 19th,sdh 4 bln in sya m'mliki benjolan d'bhu sy tepat ny d'ats tlg klavikula bnjoln prtm bsr ny krng lbih sprti tlor pyuh nmn stlh sy pijat,tmbuh lgi benjolan s'kcil bji kcng nmun br'grombol jdi 4 dn mnjdi bngkak dn skit stlh sy mnm obt antibiotik yg d'bri olh dokter,tpi bnjolan prtm tdk skit.sy tdk mrsa'kn dmam,hnya sj sya sring mrsa gtal d'tnggrokan dan btuk2 dn agk slit br'nfs.4 bln yg llu sblm KGB it tmbul,sya mnglmi flu dn btuk slm lbih dr 1 mnggu.sy mw tx KBG ap it??

    ReplyDelete
  55. ratrianto20 May, 2013

    Pak sy mengalami benjolan di leher dan leher belakang kata dokter kelenjar getah bening namun belum di biopsi. Benjolan nya sebesar kacang tanah. Saya tidak mengalami demam maupun gatal gatal. Namun saya agak mual jika telat makan. kadang benjolan tersebut agak mengeras kalau saya agak banyak pekerjaan namun sedikit mengempes jika sedang tidak banyak pikiran. Mohon bantuan dan solusinya. Karena benjolan ini sudah 1 bulan.

    ReplyDelete
  56. Selamat pagi pak.

    Trimakasi atas artikelnya, saya jdi banyak tau. Tapi tetap saja saya punya segudang pertanyaan.

    Saya 23tahun. Pak sudah sekitar satu minggu ini leher sebelah kanan saya bengkak, karanya saya kelenjar. Terakhir saya berobat katanya kelenjar getah benih.

    Gejala saya:
    - bengkak sebelah kiri, klo diprgang sedikit kenyal
    - kaki saya sering merasa pegal, jadi hangat. Kadang klo sudah sore badan saya jdi tidak enak. Badan saya rasanya kaya meriang.
    - kadang sehabis makan dada saya sering berdegub, seperti asam lambung saya naik.

    Apa saya termasuk yg dijabarkn diatas dok?. Lalu makanan seperti apa yah dok yg harus saya konsumsi? Lebih spesifik lagi.

    Terimaksih dok. Klo bisa tolong di kirim via emailjg yaah dok agar untuk dokumen saya. ksaridew72@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira termasuk yang saya bahas diatas. tapi masih pada tahap awal dan lebih mudah untk disembuhkan.

      makanan yang harus diperhatikan:
      - hindari makanan berminyak berlebih

      - hindari dari lalab mentah karena kandungan gasnya masih terlalu tinggi (kol, sawi, beokoli, trung, leunca atau sejenisnya dll)

      - tapi sebaiknya lipatgandakan mengkonsumsi lalaban matang (yang sudah melalui proses perebusan atau dikukus)karena seratnya yang tinggi untuk melancarkan pencernaan dan BAB

      - lipatgandakan buah-buahan segar secara di-jus jangan dimakan langsung, agar lebih mudah dicerna dan volume asupan yang tinggi.

      - tambahan multivitamin secara bergantian per3-4 hari, dengan tonikum bayer, sakatonik, scott amulsion, hemaviton, enervon, dll apa aja yg termasuk multivitamin. agar imun tubuh kita lebih kuat.

      jangan sayang membeli makanan yang bergizi karena kalau berobat jauh lebih mahal.

      baca balasan saya pada komentar saya sebelumnya atau pada balasan kepada Irublod di bawah ini.

      saya sudah kirim ke email Sdri.
      selamat mencoba

      Delete
  57. Anonymous22 May, 2013

    Slmt siang pak,,saya tia,25thn,,saya smlm secara tidak sengaja meraba2 leher saya tepatnya dibawah dagu kanan & kiri,,terdapat benjolan seperti kacang tanah dikanan & dikiri,,ЌäĽ☺ saya tekan tidak terasa nyeri,tidak ada pembengkakan jg apalagi perubahan wrna disekitar benjolan,,saya jg tidak mengalami Ÿª♌g bpk sebutkan diatas,,seperti mual,sakit kepala,atau jika telat makaan mulut berbau,,apakah itu PKGB? Jika bkn,,bagaimana caranya mengatasi benjolan tersebut,,memang akhir2 ini pola makaan saya berantakan,,saya jg mempunyai maagh,,mohon penjelasannya pak,,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja bukan PKGB bisa juga berupa kelenjar biasa atau bisa juga sejenis lipome . benjolannya keras atau empuk?

      Tapi yang jelas itu merupakam manifestasi dari jeleknya pencernaan, akibat dari ketidak teraturan makan.

      Hindari dari makanan yang mengakibatkan kembung atau begah. silhkan baca pada balasan komentar saya. atau pada balasan saya kepada Sdr Irulblog dibawah ini.

      perhatikan perkembangan pembengkakan. makin susut atau makin bengkak?

      nanti kita diskusikan lagi.

      Delete
    2. Anonymous08 July, 2013

      Terima kasih untuk balasannya pak..3minggu lalu saya periksa ke dokter,,diagnosa pembengkakan kelenjar ludah,trus saya dirujuk ke radiologi..leher saya di periksa dgn alat sama seperti usg..dokter radiologi bilang benjolan itu akan hilang,,tp 3hr ini gusi saya sebelah kiri bengkak pak atas & bawah,,dah rahang saya Ÿª♌g terdapat benjolan itu terasa sakit sekali,,aduh saya takut sekali pak ЌäĽ☺ sampe pkgb,,apa Ÿª♌g harus saya lakukan yah pak,,saya ƍά>:/ bisa bedain pak krna saya gemuk,,Јαϑï ƍά>:/ terlihat jelas semakin membesar atau tidak..trims

      Delete
    3. Anonymous11 July, 2013

      Oh iyaa pak...benjolan itu tidak terlihat,,hanya ЌäĽ☺ diraba,,dan posisi saya harus dlm keadaan nunduk pak,,baru berasa ЌäĽ☺ ada benjolan,,benjolannya empuk & bisa digerakan pak..menurut bpk,,diagnosa saya apa yah,,klo itu lipome,,apa Ÿª♌g harus saya lakukan pak,,dan mohon informasinya pak untuk pengobatan alternatif di jakarta,,krna saya takut salah memilih pengobatan alternatif,krna saya tinggal di Dubai ( UAE ) pak,,mohon informasinya ke email saya pak anggrainiristia@gmail.com..trimaksh pak,,

      Delete
    4. Anonymous11 July, 2013

      Apakah propolis bisa menjadi alternatif awal pak,,ЌäĽ☺ bisa pak,,bagaimana cara pemakaiannya yah pak,,ibu saya membelikan propolis melia,,dan melia biyang ( Ÿª♌g disemprot dibawah lidah ),,mohon bgt informasi pak..terima kasih,,

      Delete
    5. Yang diderita Mba Tia, bisa jadi dari gusi yang bengkak akbat dari kekurangan vit.C atau lambung tidak bisa mencerna vit.C alias seriawan. Lambung selalu kembung?.

      Propollis salah satu manfaatnya adalah memperbaiki sistem percernaan, jadi bisa saja dikonsumsi dan Insya Allah ada manfaatnya. Propolis sendiri ada yang berupa cairan berwana coklat biasa dengan cara diminum dan dioleskan sekita pembengkakan atau ada juga yang disemprotkan - melia byang. Namun sayang, saya kurang mendalami masalah Propolis tersebut karena saya ga pernah ikutan MLM. dan propolis adalah produk MLM.

      Kalau soal pengobatan di jakarta saya kurang begitu tahu,karena saya tinggal di bandung.

      Saya berharap, itu hanya pemngkakan gusi.

      - salah satu cara yang bisa dicoba dilakukan adalah pepsodent sensitif - formula sensitif atau sensodent dengan mengoleskan pasta tsb ke daerah sakit atau menyikat-gigi dengan pasta tsb secar perlahan. Silahkan coba dulu - apakah berkurang rasa sakit dan ngilunya?

      kita diskusikan lagi nanti.

      Delete
  58. Permsisi Pak, mau nanya, mungkin juga sudah terjawab di banyak uraian bapak di atas, namun yang akan saya tanyakan terkait anak saya, Elvira, 4 tahun, mengalami pembengkakan di lehernya kanan dan kiri (kecil). Sejarahnya begini pak, sejak lahir anak saya sering sakit, yang umum batuk dan pilek, yang khusus beberapa kali kejang. Kejangnya bisa disembuhkan dengan dipijit ke dukun beranan, memang ada otot sekitar dagu yang kaku (kata beliau nenek yang mijit) dan memang sudah tidak pernah kejang lagi. Batuk dan pilek yang sering, membuat kami membawanya ke dokter anak di rumah sakit pemerintah di blitar. Diagnosa dokter, dari tes rontgen dan tes darah mengindikasikan TBC. Sehingga harus minum obat tiap hari selama 6 bulan sejak awal januari 2012. pada bulan ke-6, menurut dokter TBC nya sembuh, tapi batuknya belum bersih, malah ada BENJOLAN di leher kanan dan kiri. Hingga pada bulan agustus 2012, kami mencoba untuk mecarikan pengobatan alternative. Menurut diagnosa Tabibnya, anak saya sudah tidak ada TBC tapi bronkitis. Pengobatan dilakukan dengan terapi (semacam ruqyah) dipadukan dengan jamu racikan Tabib tersebut. Hingga kini, terapi kami lakukan tiap seminggu - sebulan sekali. Benjolanya di terapi juga, memang tidak besar, tapi dari terapi tersebut bisa mengecil. Namun kalau anak saya batuk lagi lebih dari 2 minggu, biasanya BENJOLANya agak besar dikit, tapo tidak lebih dari ukuran diameter jari kelingking. Kalau dihitung, mungkin benjolanya sudah ada kira-kira 10 bulan - 1 tahun.

    saat ini saya ingin mencoba alternative lain, dengan ramuan sirsat, dan mungkin tambahan saran dari bapak yaitu dengan parutan singkong (terima kasih infonya :) )anak saya juga tidak mengalami keluhan yang bapak uraikan, misalnya panas, demam, keringat banyak dan kondisinya sehat saja, mungkin beratnya 15 kg, makan agak susah.

    Menurut Bapak, bagaimana tentang kondisi anak saya?

    Reagards,
    irul Ismail
    @irul_deep

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menganalisa dari uraian Mas, apa yang dikatakan dokter atau pengobatan altrenatif "TBC" dan "Bronchitis" ada benarnya. karena berhubungan dengan adanya alergi paru2. sudah di-Ronsen (X-Rays) paru2? untuk mengetahui adanya flek. ini terlihat dari seringnya menderita batuk.

      Dan harus diperhatikan kondisi lambungnya.... coba jentik-jentik/ ketuk-ketuk perutnya, kalau bunyi seperti buah nangka matang atau kentungan, artinya lambungnya terlalu banyak gas-nya. ini sangat berhubungan dengan batuk dan benjolan.

      saran saya:
      - boleh dicoba dipokokan dengan parutan singkong, bagaimana hasilnya setelah satu minggu? tapi kalau ada dampak merah-merah gatal, hentikan saja, karena mungkin alergi terhadap parutan singkong.

      - hindari dari makanan yang berdampak kembung (begah) seperti : mie instan. ketan. ubi2an. lalab mentah, makanan mengandung minyak berlebih.

      - lipatgandakan buah-buahan dan sayuran matang (sop)

      - tambahkan multivitamin secara randaom/bergantian apa saja.

      - perhatikan BAB nya, kalau pesesnya bagus maka kondisinya akan segera membaik.

      coba dulu, nanti kita diskusikan lagi.....

      saya sudah balas ke email Mas....

      Delete
  59. Mohon Respon di cc ke irul.ismail@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  60. Selamat pagi pak ,
    Saya Leonita dari tangerang . Beberapa bulan yang lalu saya mengidap PKGB tapi untuk saat ini PKGB tersebut sudah pecah dan kempes dan pada saat itu pula pada KGB tersebut mengeluarkan seperti cairan nanah dan beberapa mata kuning seperti mata jerawat tapi lebih besar lagi . dan sekarang saya sedang rawat jalan untuk penyembuhan dan pengeringan daerah bekas KGB yang sudah pecah karena sampai sekarang masih basah dan kemarin pun saya sudah periksa cairan yang keluar dri KGB tersebut ke lab , tpi hasil nya tidak ada kuman yang berkembang biak . dan sekarang dokter pun belum bisa menjahit nya . Mohon bantuannya pak untuk memberikan info cara mempercepat pengeringan nya dan yang saya msh bingung kan adalah berita baik/buruk kah jika KGB tersebut telah pecah seperti ini ? Dan apakah akan lebih berbahaya lagi jika PKGB ini sudah pecah ?
    Bapak bisa bls ke email saya , LeonitacHay@gmail.com .
    Terima Kasih , selamat pagi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang hal tersulit kalau pembengkakan sudah pecah, tapi masih bisa disembuhkan meskipun lebih lama, lebih sulit dan memelukan kedisiplinan.

      saran saya:

      - kalau sudah bernanah, sabaiknya sering dibersihkan minimal 1 hari sekali, dengan NaCl (untuk infus bis didapat di aptek}. dan kalau mau membuka perban, sebelumnya perban-nya dibasahi dulu dengan NaCl tersebut aga mudah mengelupas tidak lengket dan tidak mengangkat kulit luar.

      - coba cari obat tabur ( dulu pernah ada bernama sulfatilamide, tapi sekarang produksinya dihentikan - coba tanykan ke apotek, apakah ada obat tabur sejenis sulfatilamide?)

      - sipakan juga betadine
      - siapkan juga propolis (berupa MLM) tapi diapotekpun suka ada

      caranya:

      - bersihkan luka tersebut hingga nanah dan kulit matinya terangkat (akan lebih baik kalau dibersihkannya oleh suster atau bidan supaya labih tahu}.
      - betadine dan propolis dicampur. Lalu teteskan secara merata ke sekitar luka tadi, biarkan hingga agak kering.
      - lalu taburkan obat tabur tadi secara merata
      - tutup dengan perban dan plester.

      jangan lupa kalau mau ganti perban... basahi dulu perbannya dengan NaCl.

      silahkan dicoba. karena saya sudah membuktikanya.

      saran tambahan:
      hindari dari makan yang berminyak, amis: ikan, lemak daging, telur rebus. untuk mencegah dari pembusukan yang berkelenjutan.

      saya sudah kirim ke email Sdri.

      Delete
  61. saya novri di toraja, berapa bulan lalu ada benjolan kecil di leher saya dan banyak benjolan, saya periksa ke dokter dan di beri obat vrapa bulan saya mengkonsumsi obat tersebut dan berat bdan saya naik drastis. saya menghentikan obat tersebut. saat ini benjolan itu makin banyak tumbuh.. dan terasa tegang.. apakah ini bertanda bahaya? dapat mengakibatkan kanker?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sdr Novri di toraja,

      saya kira itu termasuk apa yang disebut dengan lipoma atau bisa juga disebut dengan kista ganglion - tumor jinak dan tidak berbahaya. coba aga tekan sedikit, kalau keras biasanya termasuk ganglion nah kalau empuk biasa disebut dengan lipoma

      Dan tentunya tidak termasuk pada PKGB dan tidak berbahaya hingga menyebabkan kanker dan kematian.

      atau juga bisa akibat tersumbatnyanya pembuluh darah sehingga terjadi penebalan pada pembuluh tersebut akibat dari metabolisme yang buruk secara berkelanjutan, meskipun kemungkinannya kecil.


      Namun sebaiknya segera diatasi, caranya:

      - jangn dipijit-pijit apalagi dilukai karena bisa berdampak tumbuh lebih banyak atau ada kemungkinan berubah menjadi kanker.

      - parutan singkong pokokan seperti pake masker di sekitar benjolan, biarkan selama 2-4 jam. lakukan 2-3/hari. lihat hasilnya makin mengecil atau tetap. nanti diskusikan lagi

      - pola makan - tidur teratur. pola hidup. saya pernah menemukan orang mengalami hal serupa dampak dari minuman keras oplosan (minuman palsu).

      - tambahankan multivitamin secara bergantian merk-nya.

      - berkeringatlah

      selamat mencoba.

      agar merasa lebih tenang, silahkan baca:

      Cara membedakan kanker dan tumor jinak


      Delete
  62. Anonymous18 June, 2013

    assalamu'alaikum wr,wb
    saya ina di lombok,
    sudah hampir 4 bulan benjolan di leher sebelah kanan,berawal dari demam ringan dan saya masih terus beraktivitas.beberapa minggu kemudian saya merasa ada benjolan kecil di leher saya dan lama kelamaan membesar dan terasa berat ketika sujud dan sakit kalu di teken,saya di obati pakai singkong tapi benjolannya nggak bisa mengecil..
    akhirnya saya ke dokter,hanya di kasi resep obat aja.
    awalnya benjolan itu keras dan di bagian kaki dan tangan saya terasa nyeri yang sangat sampai saya tidak kuat berjalan,tapi setelah minum obat dari dokter benjolan itu menjadi lunak dan kaki saya terasa seperti biasa,setelah obatnya habis kaki dan tangan saya kmbali nyei..dan saya berobat ke dokter,kaki saya membaik sampai sekarang.
    tapi benjolan di leher saya semakin memerah dan membentuk menjadi 2 bagian tapi masih satu terkadang terasa nyeri..
    dan sekarang saya merasa ada benjolan baru di bawah telinga saya,tepat di atas benjolan yang lunak.dan anehnya,benjolan yang baru muncul terasa keras persis seperti benjolan pertama muncul.swaktu2 saya penah demam tinggi dan merasa sakiiit di kepala saya..
    saya juga nebderita penyakit mag..apakah benjolan itu PKGB ato TB kelenjar?dan apakah dapat mengakibatkan kanker?
    terimakasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr,wb
      Kalau membaca dari 2 keluhan, yang muncul di leher dan muncul di kaki & tangan, menurut saya, merupakan 2 hal berbeda dan 2 masalah yang berbeda pula.

      Di leher, akan muncul dua pendapat medis, biasanya medis akan mengalisa sebagai pembengkakan kelenjar TB atau PKGB. keluhan dan dampaknya negatifnya nyaris sama. 2 Pembengkakan kelenjar tsb kalau terangsang akan sangat mungkin menjadi tumor ganas (seperti telah saya uraikan di atas )namun apabila belum pecah akan memiliki peluang untuk sembuh sangat besar, tergantung "will" si penderita, tentunya dengan cara-cara yang benar dengan meminimalkan dampak negatif.

      Saya sungguh tidak ingin mengatakan apa yang diderita oleh oleh Mbak Ina akan berubah menjadi tumor ganas, tapi akan lebih baik dikatakan sebagai "warning" kepada kita, agar Mbak Ina lebih waspada.

      = demam yang Mbak Ina derita merupakan manifestasi dari adanya radang/luka di organ penting bagian dalam, terutama di lambung, saluran cerna, paru-paru, saluran pernapasan atau rongga kerongkongan secara berkelanjutan. =

      biasanya, kita akan mengeluhkan perut dgn rasa kembung/begah secara berkelanjutan, dampak dari kebiasaan jelek dalam pola makan atau pengelolaan emosi yang jelek - yang memudahkan terjadinya peningkatan/ over asam lambung secara berkelanjutan.

      PKGB, PK TB atau PK ludah adalah menandakan nyaris tidak mampunya darah putih yang berkumpul di sekitar leher menahan peradangan - demam yang akan menuju ke otak kita. Imun kita bisa jadi kewalahan karena serangan peradangan bagian dalam.

      SEDANGKAN benjolan mengeras di kaki dan tangan bisa berbagai kemungkinan, mulai dari dampak rematik tulang yang hebat, asam urat yang kronis, gang lion (termasuk tumor jinak), kapalan, termasuk dampak dari cikungunya atau sejenisnya (yg lagi wabah saat ini). Sedangan kaki dan tangan sakit digerakan biasaanya terjadi bukan pada benjolannya tetapi pada bagian tulang dan ototnya. (coba ingat2 lagi... betulkan?)

      Sakit yang ini biasanya bisa tersembuhkan dengan analgesic dan antibiotik + vitamin dosis tinggi.

      Saran untuk keluhan PK:
      - seperti telah saya bahas sebelumnya,
      - upayakan menormalkan asam lambung dengan pola hidup sehat serta obat-obatan baik herbal ataupun kimia.
      - lipatgandakan multivitamin secara bergantian dari berbagai merk.
      - Hindari makanan yang berdampak kembung dan mual.
      - Jangan dipijat
      - jangan terlalu banyak dipegang, kenapa? akan meningkatkan sugesti negatif dan emosi meningkat.
      - cingcau, air kelapa muda, clorophyl, sari kurma, madu, jus manggis (xanthone), propplis (diminum dan dioleskan ke sekitar pembengkakan), sayuran, buah-buahan, kunyit, kunir dst bagus untuk memperbaiki lambung - pencernaan.
      - perhatikan BAB, upayakan lancar dengan peses yang tidak keras. ini menandakan lambung mulai baik dengan asam lambung terkendali. Akan berdampak positif, rasa nyeri akan berkurang, pembengkakan akan tertahan.

      Sementara ini dulu, karena tidak muat kolom-nya. nanti kita bahas lagi sekalian melihat perkembangannya.

      Delete
    2. Anonymous21 June, 2013

      terimakasi atas sarannya,
      yang saya rasakan saat ini susah napas,ketika mengambil napas dalam2..terasa sakit di dada sebelah kiri dan saya juga batuk.
      memang yang terasa nyeri itu bagian sendi dan tulang saya,tapi alhamdulillah sekarang dah membaik.
      tiep hari saya kena angin karena harus kerja bolak-balik dari rumah,apakah itu juga mempengaruhi???
      dan sekarang benjolannya semakin memerah dan ada titik putih di tengahnya seperti akan keluar nanah(pecah)
      lantas apa yang harus saya lakukan?????

      Delete
    3. Sesak nafas bisa terjadi karena: - Mba Ina sedang batuk; gangguan pada paru-paru; gangguan pada kerja jantung; karena lambung terus-menerus kembung; atau memang karena masuk angin.

      Masuk angin sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh; kenyamanan tubuh dalam bereaksi; memperburuk dan mempercepat proses peradangan atau pembengkakan.

      Ada baiknya gunakan jaket yang tebal yang ada penutup kepala dan daerah leher harus selalu tertutup dan terhindar dari deburan angin.

      Lalu,
      adalah kondisi yang cukup sulit ketika pembengkakan sudah semakin memerah dan bertanda putih karena artinya akan segera pecah sedangkan keluhan seperti ini upayakan jangan sampai pecah. Karena sangat buruk akibatnya.

      namun memang, situasi seperti ini memang ada pada situasi serba salah, karena besar kemungkinan akan pecah. Kejadian ini mungkin akan mirip dengan Sdr Lonita Chay - komentar pada posting ini pada selasa, 4 Juni 2013 - dibagian atas. coba baca lagi komentar tersebut.

      Saran saya kemdian:
      - segeralah temui dokter ahli yang berpengalaman, dengan idealis yg kelihatan masih tinggi, mau mempelajari kondisi anda - dia mau berdiskusi atau membuang waktu sebentar untuk memberi saran pada anda (karena hari gini sudah jarang dokter yg mau menyediakan waktu sekedar bersaran ria).

      Dokter biasanya, singkat padat terarah alias --> langsung vonis --> biopsi --> langsung operasi. tindakan ini yang saya khawatirkan.

      - sudah pernah dioleskan propolis disekitarnya?

      - biasanya saya menyarankan untuk di-pokokan (dimaskerkan) dengan parutan singkong + kapur sirih sebesar 1 ruas jempol tangan + daun sirih --> dihaluskan/citumbuk --> lalu dipokokan disekitar benjolan kira2 2-3 jam lamanya atau hingga kering. namun kalau makin bengkak, segera hentikan saja.

      Ini upaya untuk tidak pecah, tapi kalau memang maksa pecah, coba baca upaya yang dilakukan leonita chay dan ini balasan Sdri leonita pada email saya:

      "Makasih pak atas sarannya. Tapi luka saya sekarang sudah agak mengering dan tidak ada nanah ya lagi. sekarang saya sedang rawat jalan di RS Mitra Kemayoran dgn Dr. Nasiyanto dan saya pun rawat jalan dengan obat 2 cina (Minum). Untuk luka saya tidak berani untuk mengutak ngatik karena takut nya infeksi dan sampai sekarang untuk luka nya di berikan semacam alat yang berwarna hijau (Bulat) untuk menyedot nanah dan cairan2 sejenis nya. dan itu pun terbukti sampai sekarang cairanny6a mengurang dan perkembangan nya pun positif alias baik . Mohon do'a nya yah pak untuk kesembuhan saya . dan saya pun berterima kasih juga atas sarannya."

      coba hubungi beliau via emailnya,leonitachay@gmail.com barangkali dia ada solusi yg lebih baik.

      - jangan lupa menium antibiotik dan analgesic, untuk menahan rasa saki sementara dan meredam terjadinya peradangan yang kian menjadi.

      sementara ini dulu, kita diskusikan lagi nanti,





      Delete
    4. Anonymous22 June, 2013

      tapi anehnya,ada benjolan baru yang muncul di atas benjolan lama..
      dan benjolan baru itu keras,kalo di teken sedikit sakit.sedangkan yang lama mau pecah...
      bagaimana saya akan mengatasi dua2nya???
      mhon bantuannya.terimakasih

      Delete
  63. Anonymous20 June, 2013

    Askum Pak saya Ito 6 bulan lalu saya ada benjolan dileher kiri +- 5cm dibawah telinga agak ke belakang. kecil sekali dan tdk terlihat. tapi sekarang sudah agak besar dan sakit kalo ditekan jari. saya makan teratur tapi jarang olahraga dan otak saya agak stress beberapa bulan ini karena pekerjaan. mohon solusinya pak, saya merasa makin stress kalo baca2 diatas.
    harap diemail ke dirto@smartfren.blackberry.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kala saya analisa keluhannya, hal itu tidak termasuk ke wilayah PKGB, karena PKGB akan terus terasa sakit nyut atau terasa sakit tegang meskipun tidak dipijit. Itu mungkin masuk ke wilayah PK ludah yang resikonya sedikit lebih rendah daripada PKGB. Atau ada kemungkinan lehernya bengkak (akibat salah tidur) sejenis keseleo, kepelintir atau apalah namanya.

      saran:

      Coba usap-usap dengan minyak gosok panas (minyak lawang, tawon atau sejenisnya dan harus lumayan panas, GPU tdak termasuk - kurang panas).

      usap-usap ke arah bawah perlahan pake telapak tengah jari jangan memijat dengan ujung jari dengan obat gosok tadi.

      Lakukan kira-kira 3-5 kali sehari selama 2-3 hari. lihat hasilnya:

      berubah menjadi lebih ringan, empuk tidak begitu sakit - maka lakukan terus.

      Namun jika tetap saja atau malah sakit, maka hentikan. Dan lalu lakukan seperti sara-saran saya kepada pembaca lain. Selahkan baca ulang balasan saya pada semua komentar dan silahkan simpulkan. InsyaAllah akan mendapat jawaban.

      Semoga akan semakin membaik dan cepat sembuh.

      Delete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Kalau berkenan, saya mohon Nomor kontak dan sekalian alamat lengkap bapak melalui email sy, azamnugroho@gmail.com
    Ada niatan saya untuk berkunjung dan konsultasi secara langsung dg bapak, mohon bantuan dan kebijakan bapak
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim ke email Mas Baydar.

      Delete
  66. Karena hampir semua penderita PKGB mengalami perut kembung berkelanjutan, ada baiknya baca juga:

    Mengatasi perut  kembung dengan herbal

    ReplyDelete
  67. Anonymous22 June, 2013

    Kalo penyakit kelenjar ludah mohon penjelasannya. Terima kasih Ki Bayu semoga senantiasa berkah dan diberi panjang umur.

    ReplyDelete
  68. Anonymous22 June, 2013

    Kalo penyakit kelenjar ludah mohon penjelasannya. Terima kasih Ki Bayu semoga senantiasa berkah dan diberi panjang umur.

    ReplyDelete
  69. Anonymous22 June, 2013

    Pak numpang tanya.. Sy ada benjolan sebesar kelereng dileher gak kelihatan dari luar diraba baru terasa ada benjolan.. Udah hampir 2 tahun gak hilang2.. Cmn terasa pegal aja.. Melurut bapak apakah sy menderita KL.. Umur sy sekarang 30 tahun.. Kira2 apa solusinya yah pak, sementars ini says mengkonsumsi axe-max

    ReplyDelete
  70. assalamu'alaikum wr wb.
    saya vitro 25 tahun. awalnya saya memiliki benjolan KGB pada leher,ketiak dan selangkangan saya,kira" 2 thn lalu, nah sekarang benjolan pada selangkangan saya kulitnya berubah seperti kulit yang melepuh, dan terkelupas kemudian benjolannya menjadi seperti gunung yang meletus...
    pertanyaan saya : apakah ini termasuk kanker KGB???? trus bgaimana pengobatannya????? terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr,wb
      Menurut pengamatan saya selama ini, PKGB ini tidak terjadi terlalu lama hingga tahunan. karena pkgb akan sembuh dengan sendirinya jika imun kita mampu cepat memperbaiki terjadi perdangan di tubuh kita. namun jika tidak maka akan berubah menjadi sesuatu yang liar dan bahaya.

      Cuma saya Sdr. Vitro tidak menjelaskan lebih detail keluhannya, sehingga saya hanya mencoba mengira-ngira.

      - biasanya saya menyarankan untuk di-pokokan (dimaskerkan) dengan parutan singkong + kapur sirih sebesar 1 ruas jempol tangan + daun sirih --> dihaluskan/citumbuk --> lalu dipokokan disekitar benjolan kira2 2-3 jam lamanya atau hingga kering. namun kalau makin bengkak, segera hentikan saja.

      sebelumnya silakan baca artikel saya ini:
      Membedakan kanker dan tumor jinak

      Delete
    2. keluhannya :
      awalnya benjolan mulai bengkak, ketika di tekan tidk tersa sakit, 3 hari kemudian dia berubah kulitx seperti melepuh, dan akhirnya terkelupas dan jadi seperti bisul, mengeluarkan cairan,baunya seperti abses, tapi cairannya lebih bening, setelah terjadi seperti itu baru terasa tegang dang agak sakit, tpi 3 hari kemudian sudah tidak terasa sakit dan lubangx semakin membasar,,, ketika hari pertama dan kedua benjolannya pecah , badan terasa panas dingin di malam hari.
      pertanyaan berikut : apakah ini infeksi KGB? dan bgaimana untuk mengeringkan lukanya ini?? karna semakin hari semakin membesar...

      Delete
    3. Nah kalau keluhannya seperti ini, maka saran saya menggunakan parutansingkong abaikan saja.

      Kalau kasus sepertiini hampir mirip dengan apayang diderita oleh Ibu Leonita dan Ibu Ina pada komentar diatas. Silahkan baca balasan saya pada kedua ibu tersebut. dan silahkan mencobanya.

      nanti kita diskusikan lagi.
      Semoga lekas mengering lukanya dan lekas sembuh.


      Delete
  71. Anonymous23 June, 2013

    assalamu'alaikum wr wb.
    pak ,mau tanya nih nama saya tama 27 tahun, kira2 1hari yang lalu karena gigi saya agak sakit saya urut2 di bagian belakang rahang bawah kiri kanan ,,, tau2nya besok pagi bangun tidur badan q demam dan bengkak di bawah rahang yg saya urut(pijit2) 2duanya pak rasanya kuping terasa budek dan buat makanpun sakit sekali,,, sampai 2hari ini ,,, apakah ini termasuk pembengkakan KGB atau hanya bengkak otot rahang biasa pak? karena kalau di buat makan saja bengkaknya kontraksi semakin kaku dan sakit ,,takutnya penyakit ini tambah parah saja dan hanya 1malam kok langsung bengkak besar kiri kanan mohon solusinya pak...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr,wb Sdr. Tama,
      saya perkirakan itu bukanlah PKGB, tapi mungkin termasuk pada pembengkakan kelenjar ludah, namun dampaknya hampir sama. Pembengkakan tersebut akibat dari tertekannya kelenjar ludah - memar pada otot rahang atau terjadinya peradangan pada gusi sehingga menimbulkan bengkak.

      saran:
      - jika menggunakan olesan obat gosok panas,seperti minyak lawang, minyak tawon dsb tidakjuga mereda, maka

      - pokokan parutan singkong seperti pake masker di sekitar benjolan, biarkan selama 2-4 jam. lakukan 2-3/hari. lihat hasilnya makin mengecil atau tetap.

      - minum antibiotik dan analgesik (pengurang rasa sakit)

      - apakah lambungnya terasa kembung terus, makahindari makanan dan minuman yang berakibat kembung, silahkan baca artikel ini:
      Mengatasi perut kembung

      semoga lekas sembuh dan kalau masih ada keluhan, kita diskusikan lagi.

      Delete
    2. Anonymous24 June, 2013

      assalamu'alaikum wr wb.
      trima kasih sudah menjawab pertanyaan saya pak Kibayu Puraatmadja.
      alhmdllah lambung ngak kembung pak ,,cman nafsu makan saja yg hilang krn minum obat antibiotik ,,, sekarang bengkaknya malah melebar dari bawah kuping sampai rahang bawah pak ,setelah saya di saranin ortu di kompres air panas + di kasih koyo cabe,,, waduh pak makanpun tambah susah,,,, pertanyaan saya lagi pak takutnya bisa ke pembengkakan KGB atau tidak ?,,, dan trimakasih pak besok saya akan coba metode pemopokan pakai singkong itu trims

      Delete
    3. wa'alaikum salam wr,wb Sdr. Tama,
      saya sudah mengira bahwa dengan air pana, koyo atau minyak gosok panas malah akan meningkatkan pembengkakan.

      Ini artinya pembengkakan bukan sekedar pembegkakan otot rahang, tapi terjadinya pembengkakan kelenjar ludah dampak dari peradangan atau sejenis abses di bagian organ dalam.

      - Upayakan makan terus bisa sehari 5 kali atau sesering mungkin dengan makanan yang mudah ditelan tanpa harus mengunyah terlalu sering. Jangan takut dengan MSG atau penambah rasa. jadi makanlah makanan yang berasa - ini untuk mempertahankan selera makan, agar makan bisa diterima oleh mulut dan lambung.

      - minum harus banyak. boleh minum pocari sweat, green tea atau sejenisnya, air kelapa muda, air mineral dengan kandungan O2tinggi seperti hexagonal atau sejenisnya agar kelenjar ludah terus berproduksi dengan baik. Namun jangan minum minuman energy drink dan bersoda sejenis krating daeng, coca cola atau merk lain dengan kandungan tourine dan kafeine tinggi- karena hanya akan meningkatkan asam lambung saja.

      - perbanyak multivitamin secara bergantian dari berbagai merk.

      - Jika etelah dicoba pake parutan ingkong aja, ekali aktu boleh dicoba menambahkan - parutan singkong + kapur sirih sebesar 1 ruas telunjuk + daun sirih --> dihaluskan/ditumbuk --> lalu dipokokan disekitar benjolan kira2 2-3 jam lamanya atau hingga kering. namun kalau makin bengkak, segera hentikan saja.

      nanti kita diskusikan lagi.



      Delete
  72. Anonymous27 June, 2013

    selamat malam pak bayu..
    saya punya seorg putri umur 4 taonan. sekitar 2 mgg yg lalu, dibawah rahang kiri dan kanannya terdapat benjolan sekitar 1 cm. trus saya bawa ke dokter anak. setelah diperiksa, anak saya diberi antibiotik. dokter tersebut berpesan kalau setelah obat itu habis dan benjolannya tdk sembuh, anak saya harus dibiopsi. skrg obat tersebut sudah habis, benjolannya agak mengecil sedikit tapi tetap ada. kebetulan saya baca biopsi itu tdk bagus. saya jadi tidak berani membawa anak saya dibiopsi. atas saran teman, saya bawa putri saya ke shinshe dan hanya dikasih obat panas dalam.
    pertanyaan saya : apakah putri saya terkena KGB ? sebenarnya benjolan itu bs hilang apa tidak ? kalo bs, kira2 berapa lama ya pak ? apa normal benjolan itu udah sekitar 2 minggu gitu ? apa yg harus saya lakukan agar benjolan itu dapat hilang ? oleh teman, anak saya dianjurkan mengkonsumsi jelly gamat g-gold. apakah itu boleh pak ?
    sebagai info, putri saya sering mengalami perut kembung, makannya banyak tp berat badan gak naik2.
    terima kasih atas kesediaan Bapak membaca keluhan saya dan memberikan saran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam Ibu xx.
      Banyaksekali anak pada usia pertumbuhan antara 0-10 tahun mendapat keluhan sepeerti ini. Dan ini bukan hal yang harus terlalu dikhawatirkan.

      Benjolan tersebut merupakan manifestasi- dampak dari kembung yang keterusan dan berlarut-larut. Ini bisa berbahaya untuk pertumbuhan tubuh anak.

      Sekalipun makannya banyak namun karena lambung tidak mampu mencerna makanan dengan baik/tidak optimal sehingga anak seperti kelihatan kurang makan bahkan nampak seperti kekurangan gizi.

      Benjolan tersebiu bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan membaiknya lambung. Memang pada usia pertumbuhan, lambung akan sering kembung berbanding lurus dengan pertumbuhan.

      Untuk mengetahui anak itu normal atau tidak bagian lambung/perutnya, Ibu bisa mengetuk-ngetuk - menyentil bagian lambunganya dengan telunjuk, kalau berbunyi seperti nangka matang atau seperti tam-tam, maka bisa dipastikan anak tersebut selalu kembung sehingga anak akan mudah demam, BAB tidak lancar, keringat dingin dan rewel.

      Dampak kemungkinan yang akan timbul:
      - adanya benjolan di leher, seperti yang putra ibu derita,
      - munculnya pembemkakan amandel
      - gangguan usus buntu
      - kalau laki-laki bisa terjadinya hernia
      - bisa juga menderita bronchitis asma atau asmatis bronchi.
      - tentu juga bisa yang lainnya.

      saran saya:
      - sudah diberi obat cacing secara berkala? silahkan coba.
      - berikan antibiotik dosis rendah sesuai petunjuk dokter, untuk menanggulangi terjadinya peradangan organ tubuh.
      - beri makanan sayuran dan buah-buahan. untuk buah2an sebaiknya di-jus atau diblender agar mudah dicerna dan volumenya cukup banyak. Tambahkan sejenis nutrisari sayur atau tip-co buah2an. atau Ibu bisa dapatkan 17 sayur /21 sayuran berupa kapsulyang dapat dilarutkan pada minum, bisa didapat di indomaret atau alfamart.
      - oleskan obat gosok hangat secara rutin pada perut dan punggung, agar memudahkan kentut dan BAB.
      - apa yang disarankan shinse ada benarnya, silahkan diberi oabat panas dalam. Ibu bisa dapatkan di minimarket.


      Lihat dalam seminggu: BABnya? pertumbuhan badanya? keceriaan? tidurnya nyenyak? dan InsyaAllah benjolanya akan mengempis....

      Semoga putra Ibu lekas sembuh.


      Delete
    2. Anonymous28 June, 2013

      Terima kasih atas saran dari Bapak. Selama ini saya memang belum pernah memberi obat cacing ke anak saya. Sebelum benjolan ini, anak saya jg sering mengalami sariawan. Bahkan mulutnya pernah berjamur. Giginya jg terkena caries gigi, padahal saya rajin menggosok giginya. Dokter anak blg kalo anak saya ini sistem imunnya kurang bgs. Bagaimana cara meningkatkan sistem imun anak saya ? Pdhal sudah saya beri supplement makan dan vitamin. Oya, benjolan dirahang anak saya itu mirip dgn gambar no. 1 diatas. Disitulah lokasi benjolannya. Apa benar tdk berbahaya pak ? Benjolannya kadang keras kadang kenyal.
      Terima kasih atas kesediaan Bapak menjawab pertanyaan saya.

      Delete
    3. Anonymous28 June, 2013

      ass pak bayu,,sy mau konsultasi. awal tahun 2007 sy sering berdebar-debar, jantung sy sering berdetak cepat keringat dingin kadang2 smpi gemeteran akhirnya sy periksa kedokter penyakit dalam sy cek darah smpi EKG. kata dokter tdk ada yg perlu dikhawatirkan hanya disuruh mengendalikan stres saja, tpi brapa bln kemudian kumat lg sy bw periksa kedokter jantung sy disuruh cek tyroid krn dokter melihat ada sedikit benjolan tpi hasil cek darah negatif jg kemudian pergi kedokter penyakit dalam yg lain sy dirongten katax ada plek diparu2 sy diopname tpi dirmh sakit sy diponis gastritis akut. smpi kluar dr rmh sakit tetep gak ada perubahan. smpi akhirnya sy bertemu dgn org yg mengajak sy u/ sering bermeditasi spy sy bsa mengendalikan perasaan yg gak karuan. dr 2007 smpi skrg benjolan sy msh ada dan sdkt membesar. tlong pak bayu berikan sy saran apa sy jg terkena KG atau penyakit lain ???? sy sering mengeluh napas yg pendek gampang lelah dada sering nyeri sering bersendawa, mual kembung dan gampang masuk angin dan pd thn 2009 smpi 2010 sy sering batuk yg kumatnya diatas jam 10 mlm tpi skrg udah gak lagi. trimakasih atas sarannya !!!! (ibu ning)

      Delete
    4. Wa'alaikum salaam. wr wb. Ibu Ning...
      untuk membahas masalah Ibu sebenarnya perlu panjang lebar hingga perlu satu artikel panjang, agar si penderita dapat memahami maksudnya.

      Ketika di EKG tyt Ibu tidak bermasalah dengan jantung, tp Ibu sering berdebar-debar hingga bisa keringat dingin, maka sebaiknya ibu baca dulu artikel ini:

      Gastritis dan Penyebabnya

      Ibu saya prediksi mengalami gastritis akut/kronis sehingga mengganggu kinerja jantung, sekalipun jantungnya sehat-sehat saja, namun lama kelamaan jantung pun bisa bermasalah.

      Kalaupun muncul pembengkakan kelenjar itu merupakan efek dari kembung keterusan. Dan kalau dibiarkan bisa jadi masalah serius.

      Penurunan imun tubuh, bisa dampak dari lambung tidak mampu mencerna sebagian makanan menjadi enzim yg bermnanfaat bagi pembentukan imun tubuh. Sehingga badan Ibu menjadi rentan masuk angin, sakit badan, pegal linu, badan tidak dalam keadaan nyaman,menekan fungsi paru hingga dalam keadaan dingin Ibu sering mengalami batuk2.

      Untuk selankutnya silahkan Ibu baca:

      Mengatasi Perut Kembung

      Coba ibu ikuti aturannya, kita lihat seminggu kemudian apakah ada perubahan lebih baik? nanti kita diskusikan lagi.

      Delete
    5. Untuk Ibu xx yang memiliki putri 4 tahunan,
      silahkan coba dulu apa yang saya sarankan lalu kita lihat hasilnya. semoga akan menjadi kebaikan, sehingga sang buah hati menjadi semakin tumbuh dengan sehat. dan nanti kita diskusikan lagi.

      Delete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Anonymous29 June, 2013

    Assalamualaikum Mas Kibayu. Saya Ruri, perempuan, 42 tahun. email saya: ruri_and@yahoo.com. Artikel anda di atas sebenarnya menenangkan saya yang juga sedang memiliki keluhan munculna benjolan di peralihan pundak ke leher sebelah kanan. Tapi, saya ingin lebih meyakinkan diri lagi saja.

    Tapi dari semua pemaparan di artikel di atas, saya hanya merasakan pegal, nyut2an, dan kadang memang terasa seperti "demam" atau….. pokonya ada rasa tak nyaman di sekitarnya. Sejak mulai merasakan ada yg gak beres di leher saya pada sekitar Maret 2013, kondisi benjolan itu ukurannya juga tidak berubah.

    Saya juga sama sekali tidak mengalami demam, ataupun gangguan pencernaan yang spesifik sejak munculna keluhan ini. Kalaupun gas hasil pencernaan bau, atau mengalami sakit kepala, rasanya itu memang biasa terjadi pada saya, tidak spesifik sih rasanya. Vitalitas secara umum juga tidak berubah menjadi lbh buruk sejak mulai ada keluhan di leher tersebut.

    Terlebih sejak saya rutin minum rebusan daun sirsak, saya merasa ada reaksi membaik di sekitar leher tersebut, bahkan reaksinya kadang seolah-olah seketika membaik setelah minum air rebusannya (meskipun kadang masih kumat nyut2an dan pegalnya, mungkin karena saya orangnya memang gampang stress/emosi); mudah-mudahan saja bukan sekedar efek placebo. Kalau sedang kumat, saya sering sekali mengusapkan minyak kayu putih di sekitarnya, karena efek hangat rasanya agak meredakan keluhan. Tidak berbahaya kan?
    Ohya, di belikat kanan kalau sedang dalam posisi duduk/jongkok kadang suka terasa seperti kesemutan, berputar-putar seolah ada aliran listrik. Apakah itu ada hubungannya dengan KGB, atau cuma saraf kejepit saja karena saya sejak masih berusia 20-an memang langganan pegal-pegal di sekitar pundak.

    Demikian Mas Kibayu. Saya sangat mengharapkan pencerahannya. Saya masih takut ke dokter. Takut didiagnosis dengan penyakit yang mengerikan.

    Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terimakasih

    Wassalamualaikum
    Salam
    Ruri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam. wr wb. Ibu Ruri,
      apa yang ibu derita ada sedikit kemiripan denga yang diderita Ibu ning diatas (komentar diatas ini).

      Ibu termasuk orang yang mudah masuk angin. Ada baiknya Ibu oleskan minyak kayu putih, tapi coba yang lebih panas seperti minyak lawang atau minyak tawon, untuk membantu membukakan sumbatan pada penyempitan saluran darah. Karena saya kira, apa yang ibu derita bukanlah termasuk pada PKGB, tapi berupa dampak dari tersumbatnya pembuluh darah, menyerupai varises.

      Bisa jadi merupakan efek placebo karena kita sering terlena dengan
      common sense bahwa dengan mengkonsumsi ini atau itu dapat menyembuhkan ini dan itu. Menurut saya, herbal adalah sejenis nutrisi yang biasa dan bisa dikonsumsi sebagai supplement. Dampaknya sama dengan kita makan-makan yang baik yang berdampak menjadi lebih sehat, namun ada baiknya ibu baca artikel saya:

      Resiko Mengkonsumsi Herbal Secara Berkelanjutan

      dan coba Ibu baca penjelasan saya untuk komentar Ibu Ning, karena ada beberapa hal yang bisa laksanakan/dicoba.

      Rileks saja Bu, InsyaAllah apa yang ibu derita tidak termasuk pada PKGB.

      Sekian dulu penjelasan, adapun kurang puas bisa ibu tanyakan lagi, nanti kta bahas sama2. amin.

      Delete
    2. Anonymous01 July, 2013

      alhamdulillah, untuk sementara ini saya agak tenang :)

      Btw, kalo ingin konsultasi langsung bisa ke Pasirpogor ya?

      ~Ruri~

      Delete
  75. Anonymous04 July, 2013

    Pagi Pak Kibayu saya esa,mau bertanya mama saya pertama mengalami gejala kl menelan terasa ada yg mengganjal harus dengan bantuan air baru bs lancar.akhirnya dibawa ke tht dan diperiksa trus dokter mengatakan ada benjolan didlm tenggorkan dan dia menyarankan untuk rongent,setelah hsil keluar dokter tersebut msh blm yakin apa benjolan tersebut dia menyarankan lgi untuk ct scan,dari hsil ct scan terdapat benjolan berukuran 2,38x1,55x1,32cm dan dokter tersebut msh blm yakin dan menyarankan untuk biopsi.apa saran dari pak kibayu buat mama saya?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang dialami sdr Esa hampir sama dengan yang diderita Sdr Tama/wahyu tyas dan komtar-komentar lainya pada komentar sebelumnya.

      Tapi saya yakin, itu bukanllah tumor ganas tapi berupa tumor jinak namun tentunya sangat mengganggu.

      Namun bisa juga berupa pembengkakan kelenjar tiroid. coba lakukan dengan dengan parutan singkong seperti telah saya bahas sebelumnya. Lakukan secara kontinyu dan bersabar.

      nanti kita bahas lagi setelah mencobanya dan tolong baca ulang secara seksama balasan2 saya pada komentar2 sebelumnya.

      Delete
  76. Met malem pak,,setelah membaca artikel bapak sy jd takut,mohon bantuanny.sudah 6 bulan sy ada benjolandi leher.gejala awal sakit kepala,demam, batuk,pegal leher dan bahu,sulit menelan dan sesak nafas,ronsen gigi bagus,ronsen paru2 normal,cek darah LEDnya sangat tinggi,semua dokter menyarankan ke dokter bedah untuk dibedah,sekarang yg sy rasakan,hanya pegal leher terkadang sulit menelan bila nelan ludah terasa ada bunyi klik ke telinga dan benjolan bertambah besar.benjolan suka sy kompres dgn handuk panas pegalnya hilang tp benjolanny terasa sakit. saya takut sekali operasi pak,jdnya nangis terus,mohon sarannya pak. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. malemm Non Santi,

      rileks, tdak khawatir berlebih serta tetap menjaga makan dan minum agar tidak telat adalah salah satu obat mujarab.

      Coba dikompres pake air segar atau dingin, karena kalau dikompres pake air panas bisanya bengkaknya semakin besar.

      ada kemungkinan itu adalah pembengkakan kelenjar ludah. tentu saja kalau dokter bedah akan menyarankan dioperasi, karena memang itu bidangnya.

      saran saya coba baca lagi balasan pada komentar2 sebelumnya dalam hal "saran":

      - pokokkan pake parutan singkong (sudah saya bahas diatas)
      - hindari dari makan dan minum yang berdampak pada kembung
      - minum antibiotik dan analgesic secara teratur

      tolong baca ulang komentar2 agar Non bisa menarik kesimpulan dan bisa melakukan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesembuhan.

      Delete
  77. assalamualaikum pak kibayu saya tama 27 tahun surabaya yg kapan hari posting tentang bengkak di rahang,,,, alhamdulilah pak sekarang sudah sembuh total, setelah saya periksa di dokter setempat ternyata hanya pembengkakan otot rahang atau gondong, tersiksa dan sakit sekali sih karena ngak bisa makan 1 mingguan hanya makan bubur kacang ijo lewat sedotan saja, trus sya ikutin saran bapak dgn parutan singkong++ tapi saya tambahkan alcohol 25% waktu mpopokinya + saran dokter terapi kunyah permen karet scara terus sampai bisa ngunyah nasi lancar + obat antibioik dlm waktu 2 minggu ya alhamdulilah skarang sembuh dan bisa beraktifitas lagi pak,,trimakasih banyak pak sarannya dan moga2 aja ngak kenak penyakit kaya gini lagi apalagi pembengkakan KGB ,,,,ya smoga buat semuanya jga yg posting disini cepat diberi kesembuhan juga ,,,amin ,,trims pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam. wr wb.
      amin...amin semoga saja tidak terulang lagi. tetap jaga makan,minum serta pola hidup.

      Delete
  78. Anonymous05 July, 2013

    Saya mw nanya pak,ketika saya habis melahirkan ketiak kiri saya tiba2 bengkak dan sakit namun kempes...setelah beberapa bln ketiak kiri saya sering agak gatal dan tiba2 nyeri jika ditekan,saya raba seperti ada yg bentol kecil tp nyeri jika ditekan itu kenapa ya pak.
    ?BENTOLNYA terasa jika diraba saja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berupa bentol kecil dan tidak bertambah dan membengkak, besar kemungkinan kelenjar sisa dari pembengkakan kelenjar terdahulu.

      Oh ya bentolnya jk diraba bergerak berpindah (seperti tidak menempel atau seperti gelembung? atau diam menempel pada urat/otot atay pada tulang ketiak?

      Kalau bergerak gerak, InsyaAllah hanya kelenjar biasa. Tapi kalau menempel diam, ada potensi jadi tumor - bisa juga potensi tumor ganas yang bisa merembet ke payudara.

      Namun saya perkirakan, jika pembesarannya statis maka itu biasa saja asal jangan berdampak suka demam.

      saran saya jangan dipijit-pijit ya.... tapi kalau diraba biasa boleh-boleh saja sekedar untuk memeriksa perubahannya.

      Delete
  79. Anonymous05 July, 2013

    Assalammu'alaikum. Pak saya annisa (24), saya mau tanya pak, saya mengalami pembesaran KGB di selangkangan sebelah kanan kurang lebih 2 cm, ini sudah saya alami selama 2 tahunan, saya tidak pernah periksa ke dokter karena tidak merasakan keluhan apa2. Sekarang di sebelahnya tumbuh 1 lg pembesaran KGB dengan ukuran yang lebih kecil. Jika di tekan bergerak dan terasa ngilu, Jika malam saya juga kadang2 demam tanpa sebab. Saya punya riwayat abortus 1x pada tahun 2009, saat itu kata dokter janin tidak berkembang dan tidak di kuret. Kemarin saya konsultasi ke dokter dan di sarankan untuk biopsi, tapi saya tidak mau.Itu pembesaran KGB biasa atau kanker pak? Bahaya tidak pak? Sebaiknya solusinya bagaimana? Syukron pak. Jazzakallahu khoiron.

    ReplyDelete
  80. Anonymous09 July, 2013

    Asslm Pak bayu,, sy hilda.sy pny saudara laki2 usia 32th. 2 bln yll dy mengalami demam, dan gejala seperti flu...batk,sedikit pilek, sakit pd saat menelan dan skt kepal. Suatu hr dy ada melakukan pemijatan sedikit di belakang kpala-leher belakang. Tidak lama dr itu muncul lah benjolan dibwh telinga yg ukuran terakhirnya 3-4 jari,,lalu dibw berobat ke dokter umum.selama menghabiskan obat yg dirasa oleh penderita mlm hari sulit tdr siang hari lemas,nafsu mkn agak menurun namun te2p dipaksa mkn alhamd nya tdk mengalamai penurunan bb.
    Dikrn kan benjolannya tdk hilang2 bahkan terjadi benjolan jg di selangkangan paha kanan sebesar kelereng,keluarganya inisiatif bw ke dokter kmbl,namun dokter dg gelar Sp.b
    .dan disana malah dilakukan biopsi..
    Hsl biopsi sbb:
    Makro. Jar compang camping yg menempel pd kain kasa sebnyk 10cc,wrn abu2 kecoklatan.
    Mikro. Antara beku mrh tampak keping2 masa tumor terdiri dr proliferasi difus sel2 limfoid dg inti sebesar histiosit limfosit,vesikuler sebagian hiperkromatis,sebagian dg anak inti jelas,mitosis ditemukan
    kesan. NHML (non.hodgkin malignant lymphoma)

    Sebelum n sesudah dibiopsi penderita sudah mengkonsumsi rebusan daun (terapi herbal)
    Riwayat kes dl penderita mrpkan perokok aktif dan berhenti merokok pas 2bln yg lalu (awal skt)

    Stlh ada hasil itu sy konsultasikan kasusnya,dan dpt solusi utk berobot ke dokter tht,disana diliat lwt saluran hidung dikanan n kirinya sdh ada kelenjar yg agak membesar mentpi jalan napas.
    Dan dimnt utk melengkapi pemeriksaan lab. Tujuannya utk mengetahui tingkat keparahan atau penyebaran.

    Hsl lab darah smua dalam bts normal
    Hsl usg tak tampak kelainan diorgan intra abdomen
    hsl xray/rontgen masa para trachea kanan -> lxmphadenopathy.
    Dan kondisi fisik nya pun tdk menandakan dy skt, Pak. Pasien yakin sembuh. Dan tdk ada keluhan yg dirasakan krn dy melakukan trapi herbl ,mkn teratur,dan bnyk minum.

    Sy sedikit menyesal dg adanya biopsi yg dilakukan oleh dokter Sp.B.

    Skrg penderita melanjutkan pengobatan di dokter amrullah jakarta. Dan diminta utk cek lab darah penanda tumr anti-EBV EA IgA dan anti-EBV VCA IgA.

    Pertanyaan sy apa bnr dr kasus tsb penderita menderita Ca atau limfoma?
    Solusi yg tepat apa?dan perawatan lukany hrus seperti apa,,

    Mohon dg sangat masukkan dr Pak bayu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam Wrwb Bu Hilda,
      Apa yang dilakukan dalam menangani kondisi tersebut, sudah benar dan sangat bermanfaat dalam mempercepat menuju kesembuhan.

      Adapun itu limfoma atau ca, menurut saya janganlah terlalu dimasalahkan, selama si penderita tidak banyak mengeluh, tetap optimis dan memiliki keyakinan yang tinggi.

      sebagai indikasi kalau adanya limfoma, maka si pasen akan memiliki keluhan rasa sakit atau keluhan lain yang membuatnya menderita.

      saya sarankan untuk membaca artikel saya:

      Resiko Mengkonsumsi Herbal Secara Berkelanjutan

      karena sipenderita terus menerus mengkonsumsi herbal.

      juga saya saran untuk mebaca:

      Membedakan kanker dan tumor jinak

      Semoga Sdr dari Ibu Hilda segera sembuh.

      Delete
  81. Anonymous10 July, 2013

    Selamat Pagi pak, Selamat berpuasa
    Saya berterimakasih atas adanya blog ini. Banyak manfaat dan memberikan pencerahan untuk hidup sehat.
    Setahun yang lalu saya (perempuan, 52 tahun) mengalami pembengkakan di leher sebelah kanan di bagian dalam. Setelah ke dokter, beliau menjelaskan mirip seperti yg bapak telah kemukakan yaitu beristirahat dan jangan di rasa2. Kemungkinan besar reflux karena asam lambung. Dia juga menjelaskan kalau dekat pita suara terlihat memerah. Setelah setahun saya alami lagi rasa bengkak itu dan kadang terasa pegal dan kadang nyut-nyut. Kalau sedang nyut2, jantung saya langsung berdebar karena khawatir dan menjadi lesu.
    Untuk pergi ke dokter, rasanya enggan sekali.
    mohon saran/advice dari Bapak.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore sembari ngabuburit....

      seperti telah banyak saya bahas pada komentar sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

      - minum air putih agar lebih dilipatgandakan
      - asupan makanan yang baik dengan menghindari dari makanan yang berakibat lambung kembung. Jangan telat makan.
      - ada baiknya ngemil kue-kue berbahan gandum, untuk menyerap asam lambung.
      - berkeringatlah, melalui olahraga ringan -> untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
      - pengendalian emosi (amarah, cemas dll) termasuk stress yang berlebih dan berkelanjutan dengan intensitas cukup tinggi.

      - ada baiknya untuk membaca lagi komentar yang lain karena saya banyak membahasnya secara gamlang.

      Delete
  82. Anonymous11 July, 2013

    Selamat malam pak. Pak saya anisa (24), saya mau tanya pak, saya mengalami pembesaran KGB di selangkangan sebelah kanan kurang lebih 2 cm, ini sudah saya alami selama 2 tahunan, saya tidak pernah periksa ke dokter karena tidak merasakan keluhan apa2. Sekarang di sebelahnya tumbuh 1 lg pembesaran KGB dengan ukuran yang lebih kecil. Jika di tekan bergerak dan terasa ngilu, Jika malam saya juga kadang2 demam tanpa sebab. Saya punya riwayat abortus 1x pada tahun 2009, saat itu kata dokter janin tidak berkembang dan tidak di kuret. Kemarin saya konsultasi ke dokter katanya sekedar infeksi biasa, tapi saya tidak mau.Itu pembesaran KGB biasa atau kanker pak? Bahaya tidak pak? Sebaiknya solusinya bagaimana? terimakasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Malam Mba Anissa,
      InsyaAllah apa yang dikeluhkan hanyalah pembengkakan kelenjar biasa, sekelan (bhs sunda).
      sedangkan demam ada hubungannya dengan sekelan tersebut. itu bisa merupakan dampak dari adanya peradangan/infeksi pada organ bagian dalam, bisa saja rahim, mulut rahim atau juga lambung.

      bagaimana menstruasi pada setiap bulannya? tidak ada keluhan?
      Bagaimana lambungnya ada keluhan? suka kembung terus menerus? atau ada bagaian tubuh yang dikeluhkan seperti rasa nyeri?

      silahkan jawaba dulu baru kita bahas kemudian.

      Delete
    2. Anonymous14 July, 2013

      Terimakasih pak bayu..
      Kalau menstruasi saya siklus panjang pak 40 hari dan berlangsung 5-6 hari. Kalau keluhan biasanya 1 minggu sebelum dan selama menstruasi saya sakit pinggang pak. tapi setelah menstruasinya selesai sakitnya juga hilang. Kalau lambung sy terkadang suka perih kalau terlambat makan, tapi tidak pernah kembung. Selangkangan yg ada pembesaran KGB aja pak yang kadang2 nyeri. Saat berobat sy di kasih antibiotik ciprofloxasin 500mg. Saya takut pak, teman sy ada jg yg pembesaran KGB dan ternyata limfoma burkitt dan sekarang beliau sudah meninggal. Jadi bagaimana pak? tidak bahaya kan pak? terimakasih.

      Delete
  83. Anonymous14 July, 2013

    Terimakasih pak bayu..
    Kalau menstruasi saya siklus panjang pak 40 hari dan berlangsung 5-6 hari. Kalau keluhan biasanya 1 minggu sebelum dan selama menstruasi saya sakit pinggang pak. tapi setelah menstruasinya selesai sakitnya juga hilang. Kalau lambung sy terkadang suka perih kalau terlambat makan, tapi tidak pernah kembung. Selangkangan yg ada pembesaran KGB aja pak yang kadang2 nyeri. Saat berobat sy di kasih antibiotik ciprofloxasin 500mg. Saya takut pak, teman sy ada jg yg pembesaran KGB dan ternyata limfoma burkitt dan sekarang beliau sudah meninggal. Jadi bagaimana pak? tidak bahaya kan pak? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih.
      Sayang ibu tidak menyebutkan nama, usia dan riwayat sakit yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

      Apakah ibu pernah di-pap smear (papsmir), USG atu sejnisnya yang berkaitan dengan rahim?

      Kenapa? Karena saya khawatir terjadi infeksi atau peradangan wilayah rahim terutama mulut rahim pada waktu haid serupa dengan endometrios atau mungkin apa yang disebut dengan hiperplasia endometrium - boleh dikata sebagai penebalan dinding rahim (untuk definisi ini, di medis pun masih terjadi berbagai pendapat).

      Dari peradangan/infeksi tersebut bisa terjadi adanya pembengkakan kelenjar.

      Karena pembengkakan kelenjar bisa merupakan manifesitasi dari adanya infeksi dari salah satu organ tubuh kita.

      Menurut saya, coba ibu periksakan dulu rahimnya melalui serangkaian test lab, agar kita bisa mudah mengalisanya, tentunya yang hubungannya dengan pembengkakan kelenjar yang ibu derita..

      Karena kelenjar sendiri Ibu tidak perlu terlalu khawatir seandainya tidak diganggu.

      Delete
    2. Anonymous14 July, 2013

      pak yang komentar di atas yang tidak menyebutkan nama itu annisa (24) pak menyambung dr jawaban bapak sebelumnya. Bapak kan bertanya bagaimana masalh mestruasi, apakah ada keluhan atau tidak.
      saya blm pernah pap smear pak atw periksa lainnya. pernah USG saat periksa pmbengkakan KGB kemarin, tapi kata dokter tdk ada apa2 pak. bahaya tidak pak berkaitan dgn mestruasi sy? terimakasih pak bayu.

      Delete
    3. maaf balasannya saya pindahkan page sebelah, karena disini terlalu penuh.
      silahkan klik di:

      Dampak PKGB

      Delete
  84. pak, saya mau tnya, saat umur 2 thn saya pernah oprasi yang kata dokter adalah TBC kelenjar yg ada d leher sbelah kiri. lalu umur 12thn muncul lagi dan d oprasi lagi.dan skrg umur saya 20thn, saya merasakan ada benjolan kecil yg sakit d leher saya. apa kemungkinan muncul lagi? padahal waktu oprasi di jelaskan bahwa sudah pengangkatan tuntas. apa ada indikasi penyakit lain? apakah TBC kelenjar itu nama lain dari PKGB ? lalu apa yang harus dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf balasannya saya pindahkan page sebelah, karena disini terlalu penuh.
      silahkan klik di:

      Dampak PKGB

      Delete
  85. pak yayat, sy punya benjolan kenyal di daerah samping telinga bagian depan, itu mungkin pkgb atau apa yah.. tapi dipijit pijit gak sakit, kalo misalkan pkgb gimana buat ngilanginnya? bisa dioperasikah???

    ReplyDelete
  86. balasannya bisa di klik di artikel:

    Dampak PKGB

    ReplyDelete
  87. Pak Yayat, terimakasih atas blog ini yang sangat membantu saya, Pak saya mau tanya, saya wanita 38thn, saat ini di payudara ada benjolan, tahun lalu hanya 1cm, sekarang 2,4cm, Dokter bilang hanya tumor jinak dan saya rencana akan dioperasi tapi munucl juga benjolan di ketiak kanan yang saya baru rasakan bbrp hari ini, Pertanyaannya :
    1. Jika hanya tumor jinak kenapa ada benjolan di ketiak ? Apakah saya sudah kena kanker payudara ?
    2. Dokter bilang akan operasi tumor payudara dan juga benjolan ketiak itu, gimana ya pak ? Karena saya jadi takut kalau KGB saya malah jadi kanker ganas...huhuhu..
    Sebelumnya Makasih ya pak atas jawabannya

    ReplyDelete
  88. Anonymous19 July, 2013

    Ass bapak Bayu. saya ada benjolan di bawah ketiak sebelah kiri. pertama waktu kedokter di bilang bisul begitu dikasih antobiotik bisa hilang. tetapi beberapa bulan kambuh lagi, ini sudah yang ketiga kalinya. setelah di USG ternyata pembesaran kelenjar degn ukuran terbesar 1,8cm. yang sekarang sudah hampir sebulan tidak hilang2 dan saya sudah mulai demam, maag sering kambuh. saran dokter di biopsi untuk melihat keganasannya. kalau hasil usg tidak ada pengaruh ke payudara atau paru tetapi didekat benjolan tersebut agak nyeri dan dada bagian kiri saya sering sakit. ada gejala bronhitis di dada saya. apakah ini PKGB???? bagaimana cara mengetahui apakah ganas atau tidak???/ mohon petunjuknya pak. mohon infonya di kirimkAN KE EMAIL saya imhan_said@yahoo.co.id. makasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
  89. Anonymous30 July, 2013

    Salam pak. Saya billy usia 30th. 3 hari yang lalu saya merasa sakit waktu menelan ludah setelah saya raba ada benjolan kecil di leher sebelah kiri diatas jakun dibawh rahang. Saat disentuh sakitnya sampai ke telinga dan kepala sebelah kiri, kalau batuk juga terasa sakit. Kalau saya bisa gambarkan sakitnya seperti orang salah urat trus disentuh bagian salah uratnya. Apakah itu termasuk PKGB? Tambahan info dulu waktu kuliah umur 20 an saya pernah cabut gigi dan disuntik bius lokal di daerah gusi sebelah kiri, setela disuntik bius saya mengalami rasa sakit dalam menelan sama persis di lokasi yg sekarang saya alami tapi sekitar 10 hari rasa sakit itu sembuh. Apa yg harus saya lakukan? Apakah bisa diketahui dengan foto rontgen? Trimakadih sebelumnya Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  90. Yth Bpk Bayu,

    sy coba browse di internet utk kasus saya, tp belum menemukan alamat yg tepat, mungkin disini sy boleh bertanya.
    Minggu lalu sy operasi kecil di dokter Sp.BM utk cabut gigi bungsu disebelah kanan bawah karena sudah sakit dan mengganggu. operasi berjalan lama +/- 1 jam, karena sulit mengangkat gigi tsb, dokter bilang pasti nanti bengkak, dan akhirnya memang bengkak dari pipi-dagu samping sampai ke leher bag atas.
    Saat ini bengkaknya sudah agak kempes namun masih meninggalkan benjolan kecil dan mengeras seperti biji. apakah hal ini ada hubungannnya dg PKGB? dan bagaimana menyembuhkannya? 5 tahun lalu sy jg pernah operasi cabut gigi bungsu di sebelash kiri namun tidak ada bengkak spt ini.
    terimakasih.

    Boby

    ReplyDelete
  91. Assalamu’alaikum…

    Saya wulan 17th
    Dok dileher sebelah kiri saya juga ada benjolan, kenyal, bisa digerakkan dan suhunya sama, belum saya periksakan ke dokter karena saya rasa tidak terlalu parah, tapi 1th kemudian benjolannya membesar dan timbul benjolan lagi disebelahnya, mohon solusinya dok
    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salaam Non Wulan,
      jawabannya di artikel sebelah, silahkan klik
      Dampak PKGB

      Delete
  92. Assalamulaikum WWB,


    Saya Zul,
    Anak saya usia 4,5 tahun, ada benjolan dileher sebelah kanan ukurannya kira-kira 3 cm, tidak panas, dan ada benjolan lainnya tapi kecil-kecil ukurannya sebesar biji kacang hijau /bijing jagung dileher kiri.

    Waktu bayi, dia ada alergi, kata dokternya ada masalah dipencernaan, tidak bisa menterap makanan dengan baik, sehingga berat badannya kurang, makannya susah, trus nafasnya suka berhenti tiba2 saat tidur (ada amandel)

    Setahun yang lalu anak saya sudah operasi amandel, dan makan dan tidurnya sudah enakkan,

    Tapi benjolannya masih ada.

    Anaknya aktiv, ceria dari bayi sampai dengan saat ini.

    Mohon informasinya, perawatan apa yg baik dilakukan
    Jika berkenan saya ingin konsultasi lansung dengan Bpk



    Wassalam WWB


    Zul (zul.jbk@gmail.com)

    ReplyDelete
  93. Assalamualaikum...

    Saya firman,
    ibu saya 56 tahun beberapa hari belakangan ini mengeluh susah nafas ( rada Berat ), kemudian kalau ingin menguap tidak pernah bisa tuntas..
    dan bertahak terus menerus..awalnya karna memakan pisang..wlopun dulu dulu sering makan pisang tapi tidak apa-apa.

    sabtu kemarin saya bawa ke dokter..dokternya bilang kelenjar ludah ibu saya infeksi / alergi..

    sudah 2 minggu ini masih suka bertahak terus...perut kembung kaya banyak anginnya...

    mohon informasinya tentang pengobatannya...

    terima kasih sebelumnya :)

    Wassalam,

    Firman ( gorgeusick@gmail.com )

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum pak bayu...

    Saya dian usia 23thn. Beberapa hari belakangan ini saya merasakan ada benjolan dileher sebelah kiri saya tepatnya dblkg telinga. Tdk hnya itu saja...saya trkadang juga merasa mual2, pusing..dan pegel2 teramat sangat dibagian belakang bdan sya.
    Apakah itu termsuk ke dlm KGB?

    ReplyDelete
  95. Assalamulaikum WWB,

    siang pak, nama saya widia umur 25th
    di bawah dagu saya ada benjolan, agak kenyal, sebesar biji buah, awalnya bila saya tarik leher saya (dengak) benjolan itu sangat terlihat, lalu saya ke dokter setempat, saya tidak di perbolehkan makan yg mengendung msg, manis, kecap manis, dan terlalu asin, karenan akan menambah bengkak benjolan tsb
    ketika saya tanya apa ini amandel atau gondok si dokter menjawab bukan, ini hanya kelenjar, saya tidak jelas apa yg dimaksud kelenjar itu, lalu saya di beri obat, memang benjolan mengecil tapi masih sedikit terlihat bila saya tarik leher saya (dengak)

    yang saya tanyakan apakah yang dimaksud dokter itu adalah kelenjar getah bening?
    apakah bisa sembuh?
    sebenarnya pantangan makan apa yang perlu d hindari?
    apa saya harus ngasrep? (makan yg tanpa rasa)

    mohon balasannya pak. terimakasih

    Wassalam
    (hanakeiko12@gmail.com)

    ReplyDelete
  96. Siang pak,saya ipuk 15 thdibawah dagu sebelah kanan saya ada benjolan sebesar biji kelereng tdk sakit bila dtekan bersifat kenyal bisa digerakkan.ini sdh ada sktr 2thn mulanya tdk kelihatan tp sekarang agak menonjol.apakah itu PKGB atau sejenis tumor jinak?apa yg hrs saya lakukan?apa hrs dbawa ke dokter?mohon solusinya pak...trimakasih
    (Achdanfaiqabisatya49@gmail.com)

    ReplyDelete
  97. Sy lusiana, umur 23 thn. Sy pny kelenjar getah bening hampir 2 thn, akhirnya thn 2009 y dioperasi trnyt kata dokter kelenjar saya mengeluarkan cairan dan menyerang ke kepala dan paru saya sehingga saya terkena tb paru dan meningitis. Tetapi kelenjar getah bening saya tdk dioperasi unuk dihilangkan, melainkan dokter memasang selang dari kepala sampe lambung untuk antisipasi takut nya kelenjarnya masih berproduksi, untuk menghilangkan kelenjarnya saya melakukan terapi selama 4thn, alhasil kelenjar saya yang tdnya bnyk dan bergerombol menjadi lebih kecil, dan skrg masih sisa 1 tp sangat kecil, apakah itu bs di bilang sdh sembuh pak? Apa yang harus saya lakukan saat ini? Tks (lulu.lusiana90@yahoo.com)

    ReplyDelete
  98. slm, pak saya nur hayati 31 th, beberapa bln yang lalu( krg lbh 9bulanan) dileher sebelah kana tepatnya dibawah saya ada benjolan lunak sepertinya berisi air tdnya kecil dan semakin membesar kmudian dibawahnya terdapat2 benjolan kecil agak keras, benjolan yg paling besar kadang terasa sakit (senut2)dan berwarna merah seperti mau pecah, kemudian kmrn sore ketika saya pegang tiba2 mengeluarkan air encer berwarna kuning dr tonjolan kecil (seperti mata),tp kulit sekitar masih tertutup dan sepertinya msh ada sdkt air didalamnya dan sampe pagi ini msh terasa senut2. apa yang harus saya lakukan pak..

    ReplyDelete
  99. mau tanya tentang penyakit saya, ada benjolan di ketiak bagian kiri sudah ada hampir dua bulan, pernah saya pijit pertama hanya satu benjolan, lalu sekarang sudah ada lebih dari 4 benjolan. saat diperiksa dokter bagian poli paru ada sangkaan lymfadentitis TB axilla (s) lalu saya disuruh chek darah dan kebagian radiologi. hasil fotonya cor: besar dan bentuk normal + elongasi aorta, pulmo : baik, sinus costophrenicus kanan kiri tajam. apakh gejala ini menuju penyakit yang berbahaya, saya takut kalau ini bisa menjadi gejala penyakit seperti tumor/kanker., apa yang harus saya lakukan kalau dokter menyarankan biopsi

    ReplyDelete
  100. Sore, saya mau tanya, kalau ada benjolan di selangkangan kanan, kecil dan nyeri bila dipegang, apa itu PKGB juga dan tidak perlu dirisaukan? Atau itu sejenis kista/tumor/kanker? mohon penjelasannya, tks.

    ReplyDelete
  101. Malam,saya erwin mau tanya sudah seminggu di daerah selangkangan saya ada benjolan skeitar 1cm memanjang dan kulitnya kehitaman, tidak nyeri,tidak panas, dan saya sudah minum obat antibiotik tetapi tidak hilang jg, saya jd khawatir sekali apakah ini PKGB atau hanya lipoma karena saya tidak ada gejala demam atau yang lain dan kl memang PKGB bagaimana cara menghilangkannya krn takut menjadi kanker terima kasih

    ReplyDelete
  102. Dok....saya titi....
    Di leher kiri saya ada 2 benjolan skitar 1 cm dan nyeri...daerah sekitarnya pun ikut nyeri...benjolan sdh ada sekitar 4 minggu tp beberapa hr ini saya mengalami radang tenggorokan...sementara dokter sdh memberi saya antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan...
    apakah benjolan itu pertanda radang tenggorokan dok??setelah radangnya sembuh apakah benjolannya bisa hilang??
    Sebelumnya terima kasih dok...

    ReplyDelete
  103. Pak mau tanya. Ayah saya umur 45thn. Ada pembengkakan di bagian perut dkat rongga dada. Terkadang terasa sakit terkadang tdk. Dokter menawarkan untuk operasi. Ketika bengkak badan agak demam, batuk2 dan sering kemvung perut. Dokter bilang itu pembengkakan kelenjar . Apakah itu termasuk pkgb? Benjolan tdk kempess2 slma 6 bln ini..

    ReplyDelete

Baca dulu,
Untuk komentar, harap cantumkan identitas yang jelas. Untuk keluhan, sampaikan pula kronologis dan riwayat keluhan sebelumnya. Untuk memudahkan analisa. Dan kalau boleh, silahkan SIGN IN atau JOIN THIS SITE pada widget FOLLOWERS sebelah kanan. terima kasih.