04 November 2011

Rasa Pahit Buah Pare Membawa Manfaat Untuk Kesehatan



Mendengar nama buah pare, tak sedikit orang yang menunjukkan ekspresi kurang nyaman. Maklum saja, buah pare memang dikenal punya rasa pahit yang kuat. Meskipun rasanya pahit, tapi kandungannya sangat mencengangkan lho. Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari buah lonjong ini.

Salah satu khasiat buah pare yang paling mencengangkan adalah kemampuannya menurunkan gula darah.Kemampuan ini dihasilkan melalui zat di dalam buah pare yang memiliki kemiripan dengan fungsi insulin. Seperti diketahui, penderita diabetes umumnya mengalami kekurangan insulin. Padahal insulin sangat penting untuk menyebarkan glukosa yang menjadi energi di seluruh sel tubuh kita. Dengan adanya kemiripan dari insulin, pare dapat membantu proses distribusi glukosa sehingga kadar gula dalam darah menurun.

Selain itu protein dalam buah pare juga berguna untuk memecah glukosa dan mengubahnya menjadi energi sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Beberapa penelitian di jepang telah mengumumkan penemuan yang menggemparkan dunia bahwa penelitian tersebut telah berhasil menunjukkan dan membuktikan bahwapare juga memiliki zat aktif antikanker bernama lesichin. Zat ini mampu melawan sel kanker pada penderita kanker, dan punya khasiat pencegahan bagi orang yang tidak terkena kanker.

Buah pare juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel.

Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan vitamin C pada pare punya khasiat memelihara kecantikan kulit dan mengatasi ancaman dari sinar ultra violet.

Nah ternyata ternyata buah pare bermanfaat untuk kecantikan juga kan.., ini dikarenakan setiap 100 gram pare mengandung 120 ml vitamin C. Lalu bagaimana?, ternyata buah pare banyak sekali khasiatnya bukan, dan bagaimana soal rasa pahitnya, Anda bisa merendamnya denga air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, niscaya rasa pahit tersebut akan hilang.

Meskipun Pare bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan bergizi tinggi sebaiknya jangan diberikan pada anak dan wanita hamil karena anak masih rentan dikhawatirkan kadar gula anak akan turun. Sedangkan wanita hamil tidak dianjurkan karena mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.

Khasiat lain buah Pare untuk kesehatan dan cara penggunaanya adalah :
1.      Haus karena panas dalam, demam, heat stroke:
Satu buah pare mentah yang masih segar dicuci bersih, lalu dibelah. Buang isinya, potong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum.

2.      Diabetes:
a.       200 g buah pare segar dicuci bersih lalu diblender. Tambahkan air minum secukupnya, lalu diperas dengan sepotong kain sampai terkumpul sebanyak 50 ml (seperempat gelas). Perasan dihangatkan dengan api kecil selama 15-30 menit. Setelah dingin diminum, lakukan setiap hari.
b.      200 g buah pare dicuci bersih lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum, Lakukan setiap hari.

3.      Disentri.
Buah pare segar dicuci lalu dibelah, isinya dibuang. Parut atau di juice, airnya diminum. Segera minum air matang. Satu kali minum 200 cc.

4.      Disentri amuba, diare:
Ambil akar pare yang masih segar sebanyak 30 g. Dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan gula pasir secukupnya lalu diminum.

5.      Cacingan pada anak:
a.       Daun segar sebanyak 7 g, diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus sebelum makan pagi.
b.      Ambil dua sampai tiga biji pare. Giling sampai halus, aduk dengan sedikit air masak. Minum, disusul dengan minum air hangat. Ramuan ini untuk pengobatan infeksi cacing gelang.

6.      Menyuburkan rambut yang tipis dan kemerahan:
a.       Ambil segenggam daun pare, cuci bersih. Daun kemudian ditumbuk sampai seperti bubur, tambahkan air 3/4 gelas. Ramuan ini kemudian diembunkan semalaman. Pagi-pagi ramuan ini disaring, airnya dipakai untuk membasuh kulit kepala.

b.      Ambil daun pare yang masih segar secukupnya, lalu dicuci bersih. Daun pare tadi ditumbuk sampai halus, lalu diperas dengan sepotong kain. Airnya dipakai untuk melumas kulit kepala. Lakukan setiap hari. Ramuan ini terutama digunakan untuk bayi dan anak balita.

7.      Ketombe
Jus pare dinyatakan bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi ketombe. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan menggosokkan jus ke seluruh kulit kepala

8.      Bisul, abses:
Ambil segenggam daun pare, cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelasair bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum.

9.      Demam, malaria, sakit lever, sembelit, cacingan:
Segenggam penuh daun pare dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air matang, diaduk merata lalu disaring. Air saringannya ditambahkan sedikit garam, lalu diminum pada pagi harisebelum makan.

10.  Kencing nanah:
6 lembar daun pare, 2 jari akar jayanti, 2 jari kulit kemboja, 1 jari rimpang temulawak, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 4,5 gelas air bersih, sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.

massaidi
kucoba.com
.comment-content a {display: auto;}