25 November 2011

MENCEGAH DAN MENGATASI KESEMUTAN

Sebelumnya telah dibahas mengenai - Kesemutan Menunjukkan Adanya Penyakit. Sekarang kita akan membahas langkah-langkah untuk mengatasi kesemutan tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kesemutan, antara lain sebagai berikut.

1.Jaga sikap dan posisi

Setiap kali beraktivitas, tidak ada salahnya kita menjaga sikap dan posisi tubuh yang menekan syaraf dan peredaran darah, seperti menonton tv sambil tiduran, atau menulis di lantai sambil telungkup atau tengkurap. Hindari juga tidur pada bagian yang keras.

2. Olahraga

Kita dapat mencegah kesemutan dengan berolah raga secara teratur karena cara ini dapat melancarkan peredaran darah.

3. Istirahatkan bagian tubuh yang digunakan bekerja

Saat kita bekerja, seringkali kita lupa mengistirahatkan sejenak bagian tubuh kita. Misalnya saat bekerja, seringkali tanpa sadar kita menekuk kaki atau tangan terlalu lama. Jika ini terjadi, bukan mustahil kita akan mengalami kesemutan. Begitu juga saat kita mengetik. Ada baiknya saat mengetik, kita istirahatkan jari sebentar, melemaskan jari dan siku agar aliran darah kembali normal.

4. Jaga kebutuhan vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 dapat mengganggu aliran atau rangsangan pada sistem syaraf. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin b1, kita dapat mengonsumsi makanan yang banyak zat besi. Bahan makanan yang kaya akan zat tersebut, antara lain daging merah, sayuran hijau segar, dan biji-bijian.



aatblog
duniafitness
19songolas
.comment-content a {display: none;}