12 October 2011

PENURUNAN KADAR BESI DALAM AIR DENGAN MENGGUNAKAN KAPORIT



TRIWAHYUNI , RETNO (1992) PENURUNAN KADAR BESI DALAM AIR DENGAN MENGGUNAKAN KAPORIT. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Abstract
Sebagian besar masyarakat pedesaan belum dapat menikmati air bersih dari sistem perpipaan yang dikelola oleh PAM, umumnya mereka menggunakan sumur gali sebagai sumber air minum. Air sumur gali mudah tercemar oleh bakteri patogen ataupun mengandung bahan kimia dengan kadar yang berlebihan, sehingga tidak memenuhi syarat kesehatan sebagai sumber iar minum, oleh karena itu perlu diadakan pengolahan tersebih dahulu. Dalam Penulisan ini diamati suatu cara penurunan kadar besi dalam air dengan menggunakan kaporit yang belum diketahui oleh masyarakat pedesaan. Cara penggunaannya mudah dan sederhana yaitu diambil bubuk kaporit dengan kemurnian 60% dilarutkan dan langsung dibubuhkan dalam air yang akan diturunkan kadar besinya. Diaduk selama 1 menit agar tercampur rata. 30 menit kemudian pemeriksaan terhadap kadar besinya. Pengaruh kaporit yang diamati adalah larutan kaporit yang meninggalkan sisa khlor 0,2 mg/l, 0,5 mg/l dan 0,8 mg/l. Karena keterbatasan dalam berbagai hal, maka hal penulisan ini proses kimia yang terjadi tidak dibahas, hanya melihat pengaruhnya terhadap kadar besi sebelum dan sesudah perlakuan dengan kaporit dan tanpa kaporit mampu menurunkan kadar besi. Perbedaan kadar besi sebelum dan sesudah pembubuhan kaporit bermakna pada batas kepercayaan95%. Kata Kunci: PENURUNAN KADAR BESI DENGAN MENGGUNAKAN KAPORIT

No comments:

Post a Comment

Baca dulu,
Untuk komentar, harap cantumkan identitas yang jelas. Untuk keluhan, sampaikan pula kronologis dan riwayat keluhan sebelumnya. Untuk memudahkan analisa. Dan kalau boleh, silahkan SIGN IN atau JOIN THIS SITE pada widget FOLLOWERS sebelah kanan. terima kasih.

.comment-content a {display: none;}