12 October 2011

Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Sirsak

Sirsak merupakan sodara deket dari srikaya. Tanaman sirsak berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko dan Argentina. Di tempat asalnya, sirsak termasuk salah satu buah favorit. Sirsak banyak juga dijumpai di negara-negara Sub-Sahara, Afrika.



Dulu, orang-orang Spanyol membawa sirsak ke Filipina dan diperkenalkan ke wilayah Asia. Sirsak ternyata cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia. Sirsak dapat tumbuh pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon sirsak dapat beradaptasi di wilayah yang punya tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

Saat ini di Indonesia dikenal dua jenis sirsak yang beda rasanya, yaitu sirsak yang rasanya manis asam dan banyak bijinya, jenis ini tersebar luas dalam jumlah besar di seluruh wilayah Indonesia, dan yang kedua adalah sirsak yang rasanya manis, lengket di lidah dan bijinya sedikit. Jenis yang kedua ini dikenal dengan istilah sirsak ratu karena ditemukan di Pelabuhan Ratu. Sirsak ratu baru dikembangkan dalam jumlah kecil di Sukabumi dan sekitarnya.

Buah sirsak adalah buah dengan daging buah yang lunak, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Kulit sirsak berduri, aromanya harum dan rasanya asam dan manis.

Buah sirsak yang normal dan cukup matang umumnya mempunyai berat kurang lebih 500 gram, dengan warna kulit agak terang, hijau kekuningan dan mengkilap.

Di Indonesia, sirsak biasa dibikin dodol dan manisan. Di Filipina, sirsak yang masih mentah biasanya digunakan untuk sayur. Sementara sirsak matang dibikin permen.

Nama Sirsak

Nama latin dari sirsak adalah Anona Muricata Linn. Di Inggris, dikenal dengan nama soursop. Di Spanyol sirsak dikenal dengan nama GuanĂ¡bana/zapote agrio. Di Filipina dikenal dengan nama guyabano. Di Kerala, India, sirsak biasa dipanggil dengan nama Aathakka pazham. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (Dutch duricun). Di perancis disebut corossol/cachiman epincux, di Jerman dikenal dengan srnirrapfei, Di Thailand disebut thu-rian-rhaek. Di Tamil dijuluki seethe. Di Cina biasa dipanggil ciguofan lizhi. Di Jepang, namanya adalah togebanreishi. Orang2 Fiji memanggilnya seremania. Sementara di Indonesia dikenal dengan nama Sirsak.

Kata ‘sirsak’ berasal dari bahasa Belanda, yaitu zuurzak. Kata zuur berarti asam, sementara zak adalah kantong. Jadi secara harafiah diartikan sebagai kantong yang rasanya asam.

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/ 100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Kaya Serat
Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/100 g daging buah.

Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Sirsak mulai menonjol di pasar karena terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. kandungan vitamin c daging sirsak manis (sirsak ratu) sebesar 20mg/100g bahan, sedangkan pada sirsak asam sebesar 81,7mg/100g bahan. Selain kandungan vitamin C-nya, aroma buah sirsak juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Namun, bijinya yang berwarna hitam dan gepeng tidak enak dimakan, dan beracun.

kandungan zat gizi dalam 100 gram buah sirsak.
Zat Gizi
kandungan
Kaloro ( Kal )
65
Protein ( g )
1,0
Lemak ( g )
0,3
Karbohidrat ( g )
16,3
Kalsium ( mg )
14
Fosfor ( mg )
27
Besi ( mg )
0,6
Vitamin A ( SI )
10
Vitamin B1 ( mg )
0,007
Vitamin C ( mg )
81,7
Air ( g )
50

Khasiat Buah Sirsak

Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa:

  • Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
  • Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
  • Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
  • Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
  • Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
  • Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

Resep2 pengobatan tradisional dengan sirsak sbb

1. Pengobatan Kanker.
10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan
lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal.

2 Sakit Pinggang.
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

3. Bayi Mencret.
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

4. Ambeien.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul.

6. Anyang-anyangen.
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

7. Sakit Kandung Air Seni.
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

8. Penyakit Liver.
Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu

9. Eksim dan Rematik. 
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit

10. Menyembuhkan katarak 
tapi bagaimana penggunaannya saya belom tau. Kalo saya sudah dapatkan resepnya akan saya tambahkan di sini.

Berbagai manfaat sirsak untuk tubuh antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfimgsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Sari buah (jus) sirsak di dalam sistern pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri dan penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain. Manfaat lainnya, adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan makanan.Untuk hidup sehat, sangat baik mengkonsumsi 2-4 porsi buah sirsak.

Menurut penelitian yang dilakuka oleh The National Cancer Institute (NCI) yang dilakukan pada tahun 1976 (yang dilakukan di 20 laboratorium yang berbeda) diketahui bahwa salah satu khasiat buah sirsak adalah sebagai obat anti tumor/kanker. Riset mengenai hal ini kemudian dilanjutkan oleh health Sciences Institute.

Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungsi), melawan berbagai jenis parasit, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Selain buahnya, daun sirsak juga ternyata bisa digunakan untuk pengobatan tubuh yaitu sebagai obat luka, batuk dan rematik.

wikipidia
timewatchmemorizet
atikofianti
.comment-content a {display: auto;}