20 August 2011

KI TAJAM / DANDANG GENDIS


A. Nama
1. Nama ilmiah : Clinacanthus nutans Lindau.
2. Nama daerah : ki tajam (Sunda), dandang qendis (Jawa), gendis (Jawa Tengah).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki tajam di antaranya saponin dan polifenol. Efek farmakologis yang dimiliki oleh ki tajam di antaranya mengefektifkan fungsi kelenjar tubuh, meningkatkan sirkulasi diuretik antidemam, dan anti diare.

C. Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan Id tajam dapat dilakukan dengan setek batang. Ki tajam dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tumbuhan mi memerlukan cukup sinar matahari.

D. Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Daun segar H tajam dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.
  • Disentri. Rebus segenggam daun segar H tajam dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minum air rebusan tiga kali sehari masing-masing 1 gelas.
  • Kencing manis. Rebus 7 lembar (untuk sakit ringan/gejala awal) atau 21 lembar (untuk säkit berat) daun segar ki tajam dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan dua kali sehari.
  • Susah kencing. Rebus 15 g daun 14 tajam segar dalam air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum sekaligus satu kali sehari.

Catatan:
  • Resep untuk kencing manis tidak tercatat dalam literatur, tetapi di daerah jawa biasa digunakan untuk penyakit tersebut.
  • Efek abortivum tumbuhan ini belum diketahui. Oleh sebab itu, wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
.comment-content a {display: none;}